Contoh Dimensi Idealisme Pancasila dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Dimensi Idealisme Pancasila

Fungsi Pancasila bagi masayarakat Indonesia begitu penting keberadaannya. Apalagi sebagai ideologi terbuka secara kasat mata mampu memberikan gambaran tentang fleksibelnya Indonesia menerima pengaruh perubahan dari negara lain. Bahkan seorang pakar politik Indonesia bernama dr Alfian berpendapat bahwa suatu keyakinan dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka dan dinamis jika memiliki tiga dimensi, salah satunya ialah dimensi idealisme

Dimensi Idealisme

Dimensi idealisme adalah keyakinan dalam masyarakat yang memerlukan padangan terhadap cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan di dalamnya, baik segi sosial, ekonomi, budaya dan kondisi yang lainnya. Ideologi ini haruslah memberi gambaran ideal masyarakat sekaligus memberi arah pedoman yang ingin dituju oleh masyarakat.

Dimensi idealisme dalam ideologi Pancasila dapat dilihat dan nilai-nilai deologi Pancasila yang merupakan nilai-nilai yang dicita-citakan dan ingin diwujudkan. Nilai-nilai dasar Pancasila tersebut bersifat abstrak dan universal atau menyeluruh.

Baca Juga;

  1. Pengertian Ideologi, Macam, dan Contohnya
  2. Idealisme: Pengertian dan Contohnya dalam Keseharian
  3. Ideologi Pancasila: Pengertian, Ciri, Fungsi, Sifat, dan Contohnya

Penerapan Dimensi Idealisme dalam Pancasila

Wujud penerapan tentang dimensi idealisme masyarakat, antara lain meliputi;

Contoh Dimensi Idealisme dalam Pancasila

Adapun sebagai contoh tentang implementasi dari serangkaian dimensi idealisme ini, antara lain sebagai berikut;

Masyarakat

Contoh penerapan dalam dimensi idealisme dalam masyarakat misalnya saja untuk menegakan hukum di Indonesia, semua hak dan kewajiban warga negara memiliki kedudukan yang sama. Tidak ada perbedaaan dalam segi ekonomi, status, ataupun yang lainnya.

Sistem Pemerintahan

Contoh tentang penerapan dalam dimensi idealisme Pancasila untuk tingkatan sistem pemerintahan ini misalnya saja pembagian dewan negara akan wewenangnya yang berbeda. Baik tugas presiden, hak DPR, ataupun Tugas MPR yang kesemuanya tidak bisa disamakan akan tetapi yang pasti kesatuannya sangat diperlukan dalam rancangan pembangunan.

Bela Negara

Contoh lainnya yang menjadi salah satu simbul dimensi idealisme dalam Pancasila mislanya saja untuk bela negara, setiap warga negara wajib untuk melakukannnya tidak ada pengecualian, langkah ini diperlukan lantaran kemerdekaan hanya akan bisa dicapai dengan persatuan dan kesatuan.

Contoh Penarapan Dimensi Idealisme dalam Sehari-Hari

Sebagai contoh perwujutan atas dimensi idealisme dalam keseharian masyarakat, antara lain tidak sebegai berikut;

  1. Memberikan kebebasan kepada setiap masyarakat Indonesia untuk memeluk keyakinan (Agama) sesuai hati nuraininya. Upaya tersebut dilakukan untuk langkah menjaga perdamaian hidup
  2. Membuka kesempatan bagi warga Indonesia untuk melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, yang tujuannya ialah untuk memaksimalkan SDM yang ada.
  3. Mendorong pemerintah untuk terus mengupayakan pemerataan pembangunan, yang tujuannya ialah agar terjadi singkronisasi kesejahateraan masyarakat
  4. Memberikan jaminan hukum kepada setiap warga negara tanpa adanya perbedaan

Demikianlah serangkaian penjelasan tentang pengertian dimensi idealisme dalam Pancasila dan contohnya. Semoga melalui uraian ini bisa memberikan wawasan dan mampu menguraikan jawaban kepada segenap pembaca yang mencari materi “Pancasila”. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *