Fungsi Pancasila bagi Masayarakat Indonesia dan Contohnya

Diposting pada

Fungsi Pancasila bagi Masyarakat Indonesia

Sejarah Pancasila yang lahir sebagai ideologi negara Indonesia memiliki sejumlah fungsi-fungsi yang sangatlah penting bagi perkembangan kehidupan. Hal ini bahwa secara umum ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar RI Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan yang telah menetapkan Pancasila sebagai sumber dan segala sumber hukum negara.

Pancasila

Pancasila adalah implementasi penjiwaan yang terdapat dalam pasal-Pasal UUD 1945. Tepatnya terdapat pada pembukaan UUD 1945 yang secara utuh menggambarkan konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan bangsa Indonesia.

Dalam Pancasila terkandung suatu kehidupan yang dianggap baik secara universal bagi bangsa lndoneia. Hal ini karena nilai-nilai Pancasila sudah membumi dalam diri seluruh masyarakat Indonesia, bahkan sebelum terbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila menjadi acuan dasar dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selengkapnya, baca; Dasar Hukum Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa Indonesia

Pemahaman terhadap Pancasila dapat dikaitkan dengan sejumlah Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Fungsi Pancasila Bagi Masyarakat Indonesia. Yang kesemua element intisari atas pengamalan secara penuh tersebut terdapat dalam 5 Butir Pancasila.

Fungsi Pancasila

Peranan Pancasila yang dipergunakan sebagai ideologi serta pengaturan hidup bermasayarakat ini memiliki beragam fungsi yang tidak bisa dihindari. Secara umum, fungsi tersebut terbagi atas hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Diantaranya;

  1. Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
  2. Fungsi Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
  3. Fungsi Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia
  4. Fungsi Pancasila Sebagai Filsafah Hidup yang Mempersatuan Bangsa Indonesia
  5. Fungsi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bersama
  6. Fungsi Pancasila sebagai Perjanjian Luhur
  7. Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

Fungsi-Fungsi Pancasila bagi Masyarakat Indonesia

Adapun penguraian atas pengejelasan tenang peranan-peranan yang kemudian menjadi fungsi Pancasila ini, antara lain sebagai berikut;

Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Masyarakat Indonesia sangatlah dikenal dengan keramah tamahannya, berkenanan dengan sifat ramah ini bisa ditunjukkan dengan tutur kata sopan dan murah senyum kepada sesame masyarakat, baik yang dikenal ataupun tidak. Diakui ataupun tidak, sifat ini sejatinya merupakan salah satu kepribadian yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Pengertian kepribadian ini adalah serangkaian prilaku yang tecermin dari sikap dan perilaku suatu bangsa yang membedakan bangsa itu dengan bangsa lain. Istilah ini biasanya juga dikenal sebagai salah satu contoh indentitas nasional Indonesia.

Berkenanaan dengan sikap dan perilaku bangsa Indonesia diatas juga menunukkan tentang adanya sifat-sifat yang religius, adat istiadat yang penuh nilai-nilai tentang arti kesopanan dan keluhuran budi, toleransi, kebersamaan dan gotong royongan, serta keadilan.

Hal inilah kemudian dijadikan sebagai indikasi yang merupakan perwujudan atas nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Ciri-ciri atau sifat sifat yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila itulah yang melekat pada bangsa Indonesia sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lain.

Contoh penerapan fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ini, antara lain sebagai berikut;

Berpakaian sopan

Kesopanan dalam berpakaian menjadi salah satu ciri khas yang dapat disebutkan sebagai jati diri bangsa Indonesia dalam pengamalan Pancasila. Hal ini sangatlah penting dilakukan, mengingat Indonesia sendiri sangat lekat dengan budaya-budaya berpakaian dalam masyarakat timur.

Bertutur kata lembut dan sopan

Kesopanan dalam bertutur kata kepada orang lain merupakan salah satu simbul penerapan Pancasila dalam diri setiap masyarakat Indonesia. Kondisi inilah menjadi priotas atas sekap pengahragaan masyarakat kepada orang lain, baik yang lebih tua ataupun kepada sasama.

Bersikap ramah terhadap orang lain

Bersikap ramah kepada orang lain menjadi salah satu simbul penarapan dalam fungsi Pancasila sebagai sifat Indonesia. Ramah disini berarti mampu membuka cakrawala yang dapat mengindari konflik dengan sesama, atas persoalan itupula Indonesia dari Sabang sampai Meroke tidak ada rasa canggung dan salig memiliki.

Saling menyapa dengan teman dan guru pada saat bertemu

Proses pengamalan Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia dalam keseharian selanjutnya ialah tentang penarapan menyapa kepada guru, teman, ataupun orang tua. Baik di tingkat sekolahan, pendidikan, ataupun masyarakat dan keluarga.

Gotong royong untuk menyelesaikan kegiatan umum

Impelementasi atas penarapan dalam sikap pengamalan Pancasila sebagai jati diri masayarakat Indonesia ini bisa dilakukan dengan gotong royong menjaga nilai kesatuan dan bersatuan masyarakat diatantara perbedaan-perbedaan yang ada.

Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Fungsi selanjutnya, dalam Pancasila ialah sebagai jiwa bangsa Indonesia mengandung pengertian bahwa Pancasila melekat erat pada kehidupan bangsa Indonesia dan menentukan keberadaan bangsa Indonesia. Artinya, segala aktivitas bangsa Indonesia akan senantiasanya didasarkan pada semangat Pancasila.

Contoh yang bisa diambil sebagai ilustrai atas pengamalan fungsi Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, khususnya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut;

MembiaSakan hidup tolong menolong

Kehidupan tentang makna tolong menolong bukan hanya mampu memberikan pengaruh siginifikan pada rasa persatuan dan kesatuan. Akan tetapi juga menjadi bagian daripada imlementasi atas fungsi Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia yang seutuhnya.

Membiasakan toleransi antarumat beragama

Toleransi merupakan sa;lah satu bentuk pengamalan dalam Pancasila, toleransi ini berarti bahwa terbentunya intergrasi nasional atas perbedaan. Dengan adanya sifat ini masyarakat bergaul atas hubungan yang sehat, bukan membedakan konsepsi yang tiada habisnya, seperti perbedaan agama, suku, budaya, dan lain sebagainya.

Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Fungsi yang menjadi tujuan bagi bangsa Indonesia hakekatnya sudah tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 yaitu tepatnya terdapat pada alenia kedua dan keempat. Dalam upaya mewuludkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, dibentuk suatu sistem pemerintahan negara dalam suatu undang-undang dasar dengan bentuk susunan negara Republik Indonesia yang kesemuanya berdasarkan pada Pancasila. Selengkapnya, baca; Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Dengan uraian diatas dapatlah disimpulkan bahwa tampak jelas Pancasila adalah cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia tersebut dapat pula dibedakan dalam beragam hal, antara lain ialah sebagai berikut;

  • Cita-cita bangsa Indonesia yaitu membentuk negara Indonesia yang merdeka, bensatu, berdaulat, adil, dan makmur.
  • Tujuan dibentuknya bangsa Indonesia yaitu untuk memberikan perindungan segela bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umumnya, mencerdaskan tentang kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemendekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Untuk kemudian, serangkaian contoh yang dimaksudkan dalam penerapan Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari hari ini, antara lain adalah beragam kegiatan sebagai berikut;

Belajar dengan rajin

Kegiatan belajar yang dilakukan seseorang bisa menjadi salah satu penarapan dalam fungsi Pancasila ini, hal ini lantaran generasi muda bukan hanya berperan bagi masa depan bangsa akan tetapi akan menjadi cerminan negara tersebut dikatakan sejahtera ataupun tidak. Dengan belajar yang rajin dalam kehidupan sehari sudahlah mencerminan atas perwujutan sikap ini.

Menjaga fasilitas umum

Fasilitas umum yang dikberikan kepada masyarakat Indonesia bisa dalam bentuk bengunan akan tetapi bisa juga dalam bentuk kegiatan. Beragam fasiltas umum ini misalnya saja transportasi (jalan tol). Percaya atupun tidak penggunaan jalan tol yang baik sudah mencerminkan atas sikap penerapan fungsi Pancasila ini.

Aktif dalam kegiatan pramuka

Organisasi internasional yang terkenal salah satunya adalah Pramuka, hampir ada disetiap negara-negara di dunia. Termasuk Indonesia, perwujuatan atas sikap penerapan fungsi pancasila ini juga bisa dilakukan seseorang dengan aktif pada kegiatan olahraga ini.

Ikut serta dalam organisasi koperasi sekolah

Penerapan atas beragam fungsi-fungsi pancasila selanjutya bisa dilakukan dengan ikut aktif seseorang pada kegiatan koperasi atau pengelolaan uang. Sebagai warga negara yang baik setiap generasi mudah wajib memiliki skill ini untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Memanfaatkan kekayaan alam sesuai kebutuhan

Penerapan lainnya dalam perwujuatan atas fungsi Pancasila dalam keseharian ialah memanfaatkan kekayaan alam sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Baik untuk saat ini ataupun masa lampau, proses kegiatan ini mencerminakan tentang arti kesadaran akan SDA yang ada.

Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia

Sebagai falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia, Pancasila mengandung beragam fungsi nilai-nilai dan norma-norma yang sangat diyakini paling benar, paling adil, paling bijaksana atau paling tepat bagi kehidupan yang masayarakat lakukan.

Dengan keyakinan tersebut, Pancasila seolah merupakan sarana yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Mulai dari pembagian atas hak dan kewajiban warga negara sampai pada sistem penyelenggaraan pemerintahan.

Contoh penerapan Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam hidupan sehari-hari seperti berikut;

Menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

Mempergunakan bahasa Indonesia dalam keseharian merupakan cerminan daripada fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup. Apalagi Bahasa Indonesia yang saat ini menjadi bahasa kebanggaan dengan penganut penggunaan terbesar ke-4 di seluruh dunia.

Mengembangkan kebudayaan nasional

Kebudayaan yang beranekaragam di Indonesia merupapakan salah satu karaketrististik yang menjadi identitas nasional masyarakat. Dengan adanya kenyataan inilah penarapan fungsi Pancasila bisa dilakukan dengan melakukan pengembangan dan penganalan tentang kebudayaan nasional yang ada di Indonesia.

Mencintai produk dalam negeri

Contoh lainya yang bisa dibetukan dalam penarapan fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup masayarakat ialah mencintai produk dalam negri. Selain untuk menambah devisa egara juga membantu sesame masayarakat bersemangat dalam wirausaha.

Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Fungsi lainnya yang berkaiatan dengan Pancasila ialah sebagai pandangan hidup bangsa yang berarti Pancasila merupakan keyakinan hidup dan tujuan hidup yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut;

  • Kerangka acuan, baik untuk menata kehidupan din pribadi maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain dalam masyarakat, serta berinteraksi dengan alam sekitarnya.
  • Penuntun dan penunjuk arah bagi bangsa Indonesia dalam semua kegiatan dan aktivitas hidup serta kehidupan di segala bidang.

Contoh penerapan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.

  • Memeluk salah satu agama.
  • Berani membela kebenaran dan keadilan.
  • Bergaul tanpa membeda-bedakan teman.
  • Membiasakan bekerja keras.
  • Menghargai hasil karya orang lain.

Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia padaWaktu Mendirikan Negara

Pancasila dikatakan sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia karena PPKI yang mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara merupakan “badan nasional” yang mewakili seluruh bangsa Indonesia. Contoh penerapan Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.

  • Mengutamakan musyawarah untuk mufakat.
  • Menghargai perbedaan pendapat dalam musyawarah.
  • Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara bertujuan untuk menguraiakan tentang tugas dan wewenang setiap lembaga negara. Dengan kondisi ini semua bentuk keteraturan dan ketentuan meruapakan kesepakatan yang tidak bisa dianggu gugat.

Atas penyaranan inipula setiap masayrakat akan mengetahui pembentukan Pancasila, oleh karena demiakian penting pada hakekatnya intisari pada fungsi ini ialah memberikan pedoman kepada masayarakat tentang pentingnya hidup kebersamaan tanpa adanya pertentangan.

Contoh dalam penerapan fungsi Pancasila sebagai Dasar negara ini misalnya saja kasus tentang Amandemen UUD 1945. Dalam pembentuakan tersebut setiap lembaga legistatif, lembaga eksekutif, beserta lembaga yudikatif akan senantinya melihat acuan ketetapan UUD sehingga hasilnya tidak menyimpang dari apa yang diharapkan.

Demikianlah penjelasan tentang fungsi-fungsi Pancasila dan Contohnya. Semoga melalui tulisan inilah bisa memberikan wawasan dan mampu menambah pengetahuan bagi segenap semua pembaca yang sedang mencari materi kewarganegaraan, khsusnya Pancasila. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *