Idealisme: Pengertian dan Contohnya dalam Keseharian

Diposting pada

Pengertian Idealisme dan Contohnya

DosenPPKN.Com– Idealisme yang juga dikenal dengan sebutan “idealis” menjadi salah satu bahasa penting dalam setiap kajian-kajian ilmu sosial, seperti filsafat, komunikasi, serta sosiologi. Kajian mengenai istilah ini penting lantaran akan membuat tugas dan wewenang yang dijalankan seseoarng dalam kehidupan masyarakat  menjadi lebih berarti dan sama dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Idealisme

Sejarah penggunaan kata Idealisme dimulai pada Abad 17 sampai awal awab 20. Dengan tokoh yang memperkenalkannya adalah Plato yang pada saat itu ia memberi perlawanan dengan hasil kajian materialisme Epikuros, yang menyebutkan bahwa mental menjadi landasan dalam kehidupan realistis.

Pengertian  Idealisme

Pengertian idealisme adalah cita-cita, obsesi, sesuatu yang terus dikejar oleh seseorang untuk dijangkau dengan segala daya dan cara yang dibenarkan menurut etika dan norma profesi yang berlaku serta diakui legalitasnya oleh masyarakat dan negara.

Prinsip idealisme inilah menjadi sangat penting untuk menjalankan fungsi dalam kehidupan bermasyarakat, hal ini disebabkan  dapat menajdi meambah dalam menerpkan nilai-nilai demokrasj dan hak asasi manusia serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Pengertian Idealisme Menurut Para Ahli

Adapaun pendapat ahli, tentang pengertian idealism ini antara lain sebagai berikut;

Forsyth (1992)

Pengertian idealisme adalah pandangan ditunjukan kepada seseorang yang dianggap memiliki pendirian teguh pada nilai kebenaran yang diyakininya, sehingga atas nilai keberanarn tersebut segala tindakan-tindakannya akan tercerpin pada prilaku positif dan terhindar dari prilaku berkonsekuensi negatif.

Fichte

Definisi idealism adalah sikap yang ada dalam diri seseorang atas dasar keyakinan kebenaran, jujur, dan teguh pada segala bentuk prinsip-prinsip yang telah menjadi perjanjian umum dalam melakukan tindakan sosialnya dikehidupan masyarakat.

Dari penjelasan tentang pengertian idealisme menurut para ahli diatas, dapatlah disimpulkan bahwa tindakan ini mencerimankan pada sikap positif yang berupaya untuk menghindari segala kecurangan serta kekeliruan yang terjadi.

Contoh Idealisme

Beragam contoh yang dapat diberikan dalam tindakan idealisme, antara lain;

Pers

Pengertian pers adalah penyebaran informasi yang menghubungkan antara peranan pemerintah terhadap masyarakat. Baik pada prosesi kebijakan, perjanjian, ataupun kerjasama kedua belah pihak. Setiap pers harus memiliki prinsip idealisme hal ini dikarenakan akan berdampak pada nilai keaktualan sebuah berita.

Contohnya saja, penerapan dalam prinsip idealisme oleh pers ini seperti tidak menerima sogokan yang diberikan oleh pihak-pihak tertentu untuk tidak mempublikasikan perbuatan negatif, padahal apa yang dilakukannya merugikan masyarakat. Selengkapnya, baca; Fungsi Pers Secara Umum dalam Masyarakat

Personal

Contoh lainnya penerapan nilai idealisme yang inividu ini misalnya saja saat melakukan kegiatan tepat waktu dan konsisten menjalan rutinitas yang baik, seperti mengaji, belajar, dan lain sebaginya. Penarapan kedisiplinan tersebut akan membuat seseorang memiliki karakter, yang mana serangkaian pembentukan karakter inilah menjadi dorongan untuk bersikap idealisme.

Mahasiswa

Contoh lainnya, yang bisa disebutkan dalam prilaku idealisme mahasiswa misalnya saja saat melakukan protes kepada kebijakan, seperti demontrasi. Saat terjadi demontrasi oleh mahasiswa disinilah letak idealisme diterpakan, dengan tidak terpengaruh lingkungan, bayaran, ataupun peranan yang lainnya.

Kehidupan Sehari-Hari

Penarapan nilai idealisme dalam keseharian bisa dilakukan dengan adanya pembentukan pada progress ketika ingin mencontek hasil ujian teman di sekolah. Melalui keyakinan tinggi bahwa jawaban kita menjadi jawaban terbaik atas hasil belajar, dengan menghindari contekan merupakan bagian idealisme.

Dari penjelasan tentang pengertian idealisme dan contohnya diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai ini terkadung secara baik dalam dua unsur penerapan. Yaitu nilai subyektif dan obyektif untuk bisa dijadikan tolak ukur masyarakat melakukan kegiatan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian idealisme menurut para ahli dan contohnya, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan pembaca mengenai arti idealisme yang sering diperdengarkan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *