Pengertian Ideologi, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

pengertian ideologi, macam, dan contoh

Ideologi pada dasarnya berasal dan Bahasa Yunani yang pertama kali dipergunakan oleh seorang filsuf Prancis bernama Antoine Destult de Tracy pada kisaran abad ke-18. Istilah ini menunjukan makna umum yang dijadikan pedoman dalam menjalankan rutinitas kehidupan. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan mengulas tentang pengertian ideologi, macam, dan contohnya.

Ideologi

Ideologi adalah cara pendang yang dilakukan seseorang sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan keseharian. Hal inilah menunjukan bahwa setiap manusia penting untuk memiliki visi sehingga apa yang menjadi tujuan akan terealisasi.

Pengertian Ideologi

Pengertian idiologi adalah anggapan bernilai baik yang dijadikan aturan mutlak bagi setiap individu atau kelompok secara umum untuk mengimplementasikannya sehingga mempu meujudkan kondisi yang dicita-citakan kepada kenyataan.

Dalam arti inilah setidaknya bisa dikatakan bahwa setiap individu dalam masyarakat akan senantiasanya memiliki pedoman yang dianggap baik, tujuannya agar apa yang diinginkan dalam terwujudkan sesuai dengan harapan. Selain itupula, untuk menerapkan idiologi setiap individu harus memiliki sikap idealisme serta sikap profesionalisme.

Kedua sikap tersebut dilakukan, sebagai upaya menjaga marwah prilaku seseorang agar sesuai dengan visi yang telah diinginkan. Oleh karenanya pentingnya idiologi Negara bagi bangsa Indonesia akan senantiasanya tergantung pada kenyataan dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Idiologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli, tentang arti ideology ini antara lain sebagai berikut;

Antoine Destutt De Tracy

Ideologi dalam bahasa yunani berasal dari kata edios atau idem dan logia atau logos. Edios atau idem artinya bentuk atau melihat. Adapun logia atau logos berarti kata atau ajaran. Berdasarkan arti kata tersebut, Antoine Destutt de Tracy mengartikan bahwa definisi ideologi sebagai ilmu tentang terjadinya cita-cita, gagasan, atau buah pikiran.

Dr. Alfian

Definisi ideologi sebagai keyakinan seseorang yang berisi serangkaian kumpulan nilai atau sistem dasar bersifat menyeluruh dan mendalam serta miliki makna tersendiri bagi setiap orang yang menjalankannya, oleh karena itulah suatu bangsa wajib untuk memiliki pedoman ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti ideologi adalah struktur aturan yang terhimpun dari berbagam ide, norma, nilai, keyakinan, dan kepercayaan yang yang dilakukan oleh setiap individu dalam menjalankan sikap terhadap keadaan dan pengetanasan dalam problem politik kehidupan.

Drs. Moerdiono

Pengertian Ideologi  adalah struktur  pemikiran yang tersusun atas beragam nilai dalam kehidupan yang kemudian dijikaan pelengkap serta sarana untuk melakukan penyesuaan atas dirinya dengan lingkungan sosial yang sedang berlaku.

Gunawan Setiardjo

Makna ideologi adalah himpunan ide yang tersusun atas gagasan-gagasan tertentu, kemudian diajdikan pedoman atau aturan-aturan dalam kehidupannya. Definisi ini seolah menunjukan bahwa arti diologi tertuju pada bentuk impelemtasinya.

Dari pengertian ideologi menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa secara umum, ideologi adalah serangkaian strukur yang berawal dari ide, gagasan, dan kepercayaan secara menyeluruh yang dilakukan seseorang untuk menjadi pedoman dalam keseharian.

Macam-Macam Ideologi

Beragam jenis ideologi yang sering ditemukan, antara lain sebagai berikut;

Ideologi Terbuka

Pengertian ideologi terbuka adalah pedoman yang dijadikan landasarn bertingkah laku dengan karakteristik menerima keadaan perubahan. Maka sederhannya keyakinan ini senantiasanya disesuaikan dengan kemajuan zaman yang sedang berkembang.

Contohnya saja ideologi terbuka ini seperti Pancasila, yang memiliki nilai serta sejarah Pancasila sebagai keyakinan masyarakat Indonesia. Dalam beberapa koredor Pancasila dikatakan memiliki ciri sebagai ideologi terbuka, hal ini mislanya untuk aturan hukum terkadang ada amanedemen yang dilakukannya. Selengkapnya, baca; Pengertian Amandemen, Tujuan, dan Contohnya

Ideologi Tertutup

Pengertian ideologi tertutup adalah sistem kepercyaan yang menjadi pedoman dalam masyarakat, dengan sifatnya yang lekat untuk tidak menerima perubahan dan pengaruh dalam lingkungan di luar kelompoknya. Hal inilah mengindikasikan ideologi tertutup sulit untuk berkembang.

Contoh ideologi tertutup ini misalnya saja keyakinan yang dianut oleh salah satu suku di Indonesia, suku Baduy. Suku ini tidak mau menerima perbahan dengan memiliki untuk terisolir dengan perkembangan zaman. Mekipun demikian, keadaan ini juga menjadi keuntungan Indonesia, alasannya bisa dijasikan salah satu khasanah dalam kearifan lokal.

Contoh Ideologi

Contoh-contoh yang bisa disebutkan dalam ideologi, antara lain sebagai berikut;

Komunisme

Komunisme adalah salah satu  bentuk idiologi yang seringkali dijadikan sebagai keyakinan bahwa kehidupan serta kekayaan manusia ialah milik bersama. Fakta ini menunujukan bahwa pola prilaku pada masyarakat yang menganut siistem ideologi komuniasme lebih mengtamakan kehidupan kelompok.

Contohnya prilaku ideologi komunisme, misalnya saja kebijakan yang dilakukan oleh Negara Rusia dengan memberikan bantuandana secara cuma-cuma untuk masyarakat berkategori miskin. Hal ini dilakukan karena Negara mempunyai tanggung jawab serta setiap warga Negara Rusia juga ikut andil di dalamnya.

Pancasila

Contoh penerapan ideologi Negara yang selanjutnya adalah Pancasila yang dijadikan sebagai dasar dalam menentukan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di dalam dan luar negri. Keadaan ini ditunjukan bahwa WNI haruslah memiliki Agama sesuai dengan Sila ke-1Ketuhanan yang Maha Esa”. Maka suatu hal yang mutlak bagi WNI untuk memiliki agama.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ideologi, macam, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menjadikan materi pemahaman bagi segenap pembaca yang mencari refrensi tentang “ideology/keyakinan”. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *