Pengertian Lingkungan Masyarakat, Faktor, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan tempat bertemunya manusia satu sama lain yang saling mempengaruhi. Hal ini sesuai dengan konsep masyarakat yang diartikan sebagai bentuk tata kehidupan sosial dengan arti nilai dan tata budaya sendiri. Mereka bertempat tinggal dan saling berinteraksi dengan sesama untuk mencapai tujuan.

Lingkungan masyarakat sendiri merupakan lembaga pendidikan ketiga setelah Pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat dapat diibartakan layaknya pendapat Mc Iver. Dia berpandangan bahwa manusia hidup di bawah lingkungan total yakni sebuah konsep ekologoinya yang memahami keberadaan totalnya. Ketika seseorang tinggal di dataran atau perbukitan, maka dia akan terlibat dalam kegiatan pertanian atau indistri.

Pada kasus seperti itu, dia hidup dalam warisan sosialnya. Dia dilahirkan dan di dalam keluarganya yakni tempat ia belajar mengenai kepercayaan dan jenis norma yang terdapat dalam komunitasnya.

Pengertian Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat adalah sekumpulan orang yang mengadakan interaksi sosial dengan anggota masyarakat lainnya. Mereka saling mempengaruhi satu sama lain sebagai anggota dalam masyarakat. Dalam hal ini, lingkungan masyarakat merupakan wadah atau sarana untuk berinteraksi dengan orang lain dan membentuk pribadi serta juga mempengaruhi tingkah laku orang lain.

Lingkungan masyarakat berbatasan dengan banyak aspek seperti lingkungan fisik, air, sumber daya alam dan sumber daya lain yang dimiliki di mana sebagain besar dikonfigurasikan oleh manusia dalam contoh proses sosialnya. Sehingga lingkungan masyarakat dapat dialami dalam berbagai aspek yang bersamaan seperti rumah tangga, kerabat, jaringan, lingkungan, kota dan daerah. Lingkungan masyarakat dinamis dan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Pengertian Lingkungan Masyarakat Menurut Ahli

Adapun beberapa pendapat mengenai definisi lingkungan masyarakat menurut para ahli sebagai berikut, antara lain:

  1. Elizabeth Barnet dan Michele Casper

Lingkungan masyarakat meliputi lingkungan fisik langsung, hubungan sosial, dan budaya di mana kelompok orang melakukan interaksi.

Komponen lingkungan masyarakat termasuk infrastruktur yang dibangun, struktur industr pekerjaan, pasar tenaga kerja, proses sosial dan ekonomi, kekayaan sosial, manusia dan layanan kesehatan, hubungan kekuasaan dan pemerintah, hubungan ras, kesenjangan sosial, praktik budaya, karya seni, lembaga keagamaan dan praktiknya, keyakinan tentang tempat serta komunitas.

  1. Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati

Lingkungan masyarakat atau lingkungan sosial meliputi bentuk hubungan antar manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.

Sehingga sering disebut sebagai lingkungan yang berwujud manusia. Termasuk di dalamnya antara lain perilaku manusia satu dengan yang lain, perilaku ayah, ibu, perilaku anggota lain, teman dan sebagai kekuatan eksternal. Terdapat hubungan ketergantungan antara lingkungan masyarakat dari daerah yang berbeda karena area tersebut terhubung melalui wilayah sosial masyarakat, nasional dan internsional serta kekuasaan.

  1. Abuddin Nata

Lingkungan masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga yang satu sama lain saling terikat oleh tatanan nilai atau aturan, baik tertulis maupun tidak.

Dalam masyarakat terdapat banyak peluang untuk memperoleh pengalaman empiris yang dapat bermanfaat bagi kehidupan di masa depan. Dalam masyarakat juga terdapat organisasi, perkumpulan, Yayasan, asosiasi, dan lain sebagainya. Sehingga mereka dapat memanfaatkanya untuk mendapatkan pengalaman.

  1. Stroz

Lingkungan masyarakat meliputi semua kondisi dalam dunia yang dalam cara tertentu mempengaruhi tingkah laku seseorang. Termasuk juga pertumbuhan dan perkembangannya yang dapat pula dipandang sebagai penyiapan lingkungan bagi generasi yang lain.

  1. Yudistira

Lingkungan masyarakat adalah semua manusia yang terdapat di sekitar seseorang atau kelompok. Lingkungan masyarakat bisa berbentuk perorangan, kelompok keluarga, teman sepermainan, tetangga, warga desa, warga kota, bangsa dan sebagainya.

  1. Amsyari

Lingkungan masyarakat merupakan manusia-manusia lain di sekitarnya seperti tetangga, teman, bahkan juga orang di sekitar yang belum pernah dikenal sebelumnya. Sehingga, lingkungan masyarakat terdiri dari orang-orang baik individu maupun kelompok di sekitar manusia.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan pendapat dari para ahli yang sudah disebutkan, yang dimaksud dengan lingkungan masyarakat merupakan sekumpulan orang atau manusia yang mengadakan interaksi dengan anggota masyarakat lainnya. Mereka saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Faktor Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat meliputi beberapa faktor pembentuk dan pendukung keberlangsungan masyarakat yang ada di dalamnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Tatanan Sosial

Tatanan sosial merupakan lingkungan social dimana individu yang ada di dalamnya saling berinteraksi atas lamdasan status dan peran sosialnya. Interaksi tersebut diatur oleh norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Jadi, keberlangsungan masyarakat dipengaruhi dengan adanya pengaturan dan ketertaatan dari lingkungan sosialnya.

  1. Kelompok Sosial

Kelompok sosisal merupakan kumpulan masnusia yang menajadi satu kesatuan karena saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Istilah kelompok sosial telah digunakan untuk merujuk pada koleksi seperti orang dari usia tertentu, semua orang yang memiliki pendapatan atau pekerjaan yang sama, atausemua orang dengan kebiasaan membaca yang serupa. Kelompok-kelompok sosial inilah yang mempengaruhi kegiatan yang ada dalam lingkungan masyarakat.

  1. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial merupakan kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan manusia yang lainnya. Hal ini didasarkan atas konsep manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Kebutuhan sosial inilah yang menerjemahkan kelompok-kelompok sosial yang berinteraksi dalam lingkungan masyarakat seperti menjadi jawaban mengapa mereka melakukan interaksi.

  1. Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial merupakan mekanisme yang bertujuan mencegah penyimpangan sosial. Selain itu juga menjadi ajakan dan arahan masyarakat dalam berperilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam lingkungan masyarakat.

Melalui adanya pengendalian sosial, diharapkan mampu meluruskan anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang. Semakin kuat pengendalian sosialnya, semakin teratur masyarakat yang ada di dalamnya.

Manfaat Lingkungan Masyarakat

Adapun manfaat dari adanya lingkungan masyarakat, antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai Pembentukan Kepribadian

Lingkungan masyarakat adalah salah satu pembentuk kepribadian. Seorang individu akan memiliki  kepribadian yang baik apabila lingkungannya adalah orang-orang yang memiliki kepribadian baik pula. Sebaliknya seorang individu akan memiliki kepribadian yang butuk apabila dalam lingkunannya berisi orang-orang yang memiliki perangai buruk.

Mereka saling mempelajari dan mempengaruhi sikap dan kebiasaan satu sama lain. Meskipun begitu, lingkungan masyarakat tidak juga menjadi patokan sebagai pembentuk kepribadian, karena tergantung pada setiap individu dalam memahami situasi yang terjadi dalam lingkungannya.

  1. Menjadi Sumber Pengalaman

Semakin banyak cakupan lingkungan yang individu miliki dan punya, semakin banyak pengalaman yang dia kuasai. Pengalaman menjadi sumber pembelajaran karena mampu dijadikan referensi berpikir untuk mengambil keputusan sekarang atau di masa yang akan datang. Pengalaman ini lah yang menjadikan individu dapat bertahan menghadapi masalah dan tantangan hidup.

  1. Meningkatkan Motivasi Belajar

Lingkungan masyarakat sangatlah beragam karakteristiknya. Namun, pada dasarnya setiap lingkungan merupakan tempat untuk belajar dan mendapatkan pengalaman. Lingkungan masyarakat yang baik mampu meningkatkan motivasi belajar bagi masyarakat. Keinginan untuk menjadi sama atau lebih hebat dari orang lain merupakan salah satu sumber motivasi bagi masyarakat untuk belajar.

  1. Eksponen Kebudayaan Masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan tempat proses terbentuknya, penafsiran dan aktualisasi budaya dari masyarakat yang tinggal di dalamnya. Satu lingkungan memiliki kebudayaan yang berbeda dengan lingkungan masyarakat yang lainnya sesuai dengan unsur-unsur atau factor-faktor yang mempengaruhi lingkungan tersebut.

  1. Lembaga Perkumpulan Perekonomian

Lingkungan masyarakat juga menjadi tempat bertemunya produsen, distributor dan konsumen. Mereka melakukan transaksi ekonomi, mempengaruhi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lingkungan masyarakat ini menjadi pangsa pasar bagi pebisnis. Peningkatan dalam ekonomi tergantung pada penguasaan dan pemahaman situasi

Contoh Lingkungan Masyarakat

Kita dapat menyebutkan contoh lingkungan masyarakat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Keluarga

Keluarga merupakan unit masyarakat terkecil. Perilaku keluarga sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan. Keluarga sendiri merupakan sekelompok orang yang memiliki hubungan darah atau perkawinan. Terdiri dari orangtua, anak yang tinggal dalam tempat yang sama.

Keluarga merupakan pusat pendidikan dan pengasuhan yang pertama. Sebelum mengenal dunia luar, anak meniru perilaku yang dilakukan oleh orang tua.

Dalam keluarga seorang ayah sebagai pencari nafkah, pendidik, dan pemberi rasa aman bagi anggota keluarganya. Istri sebagai ibu, mengurus rumah tangga, mengasuh dan mendidik anaknya dan atau sebagai pencari nafkah tambahan. Sementara itu, anak melaksanakan peranan psikososial sesuai tingkat perkembangannya.

  1. Sekolah

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadi tempat interaksi bagi guru dan murid dalam proses transfer ilmu.

Selain itu, sekolah juga menjadi tempat interaksi bagi anak dengan temannya, guru dengan guru lain dan karyawan sekolah. Selain transfer ilmu, sekolah juga merupakan tempat interaksi di mana setiap individu melakukan tranfer nilai dan budaya yang dapat mempengaruhi kepribadian mereka.

  1. Tempat Kerja

Tempat kerja merupakan contoh lingkungan masyarakat di mana mereka saling berinteraksi dan bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan. Pada lingkungan kerja yang satu dengan lingkungan kerja yang lain mempunyai karakteristik masing-masing sesuai kultur yang terbentum dari aturan dan kepribadian individu yang berada di dalamnya.

Misalnya, kebiasaan orang yang bekerja di bank berbeda dengan kebiasaan orang yang bekerja di terminal. Contoh lain misalnya kultur para petani berbeda dengan kultur para wirausahawan dalam bekerja.

  1. Tempat Ibadah

Tempat ibadah merupakan lingkungan terjadinya interaksi antara umat beragama yang memiliki persamaan kepercayaan. Mereka melakukan ibadah bersama, saling memotivasi, dan mengadakan kegiatan keagamaan secara bersama. Dalam berbagai kegiatan yang dilakukan tersebut, manusia mempelajari macam karakteristik manusia satu sama lain.

  1. Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan adalah salah satu lingkungan masyarakat di mana berlangsung terjadinya transaksi ekonomi. Dalam pusat perbelanjaan terjadi interaksi antara pembeli dengan penjual, pembeli dengan pelayan, atau pembeli dengan pembeli yang lain.

Interaksi yang terjadi berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Contohnya adalah supermarket, toko kelontong, pasar dan sebagainya.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian lingkungan masyarakat menurut para ahli, faktor, manfaat, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkanya.

Sumber Tulisan
  • http://digilib.uinsby.ac.id/7022/5/Bab%202.pdf
  • https://ajph.aphapublications.org/doi/pdf/10.2105/AJPH.91.3.465
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1446600/
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *