Contoh Lingkungan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Lingkungan Masyarakat dalam Keseharian

Setiap bentuk negara di dunia selalu membutuhkan masyarakat yang diciptakan sebagai warga negara. Hal ini mutlak harus ada dalam setiap bangsa merdeka. Alasannya karena warga negara dalam hal ini masyarakat menjadi bagian de jure dan de facto dalam memperoleh pengakuan di seluruh dunia.

Dengan demikianlah adanya masyarakat yang hidup berdampingan mencipatkan lingkungan di dalamnya dalam berbagai kegiatan yang dilangsungkan seperti demokrasi, kerjasama, dan lain sebagainya.

Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat dapat diklasifikasi daripada pergaulan hidup yang terdiri dari individu-individu yang saling melakukan interkasi satu sama lainnya sebagai anggota masyarakat. Setiap anggota masyarakat di samping itu juga memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga mereka harus menjaga kedamaian agar bisa hidup beriringan.

Adapun khusus untuk kewajiban alam hidup masyarakat senantiasa ditunjukkan dalam bentuk sikap dan perilaku tertentu. Yang tentusaja haruslah sesuai dengan macam norma-norma sosial yang berlaku di lingkungan.

Contoh Lingkungan Masyarakat

Adapun untuk contoh kasusnya dalam lingkungan masyarakat ini terdiri atas beragam hal, antara lain;

  1. Kepatuhan Terhadap Norma Sosial

Yang paling utama adanya lingkungan masyarakat  ini akan senantiasanya membentuk kesatuan dengan efesiensinya terdapat norma hukum sebagai aturannya. Arti norma tersebut tersebut dapat ditunjukkan dalam bentuk partisipasi dalam beragam kegiatan-kegiatan.

Misalnya saja contoh partisipasi warga negara di masyarakat seperti terbentuknya siskamling dan kegiatan gotong-royong untuk kepentingan bersama.

  1. Hidup Rukun

Contoh lainnya dalam terbentuknya lingkungan hidup bermasyarakat yang baik ialah mementingkan kerukunan, hal ini sangat sesuai dengan nurani setiap warga negara (orang) yang notebane memilih untuk bisa sejahtera secara bersama.

Dengan demikianlah bagimanapun caranya, hidup dalam masyarakat bisa dilakukan dengan lebih mementingkan kepentingan umum daripada pribadi.

  1. Menghargai Perbedaan

Lingkungan masyarakat dalam penerapan di keseharian ialah terbentuknya penerimaan atas perbedaan yang ada disekelilingnya. Hal ini sejalan dengan setiap orang yang memiliki karakteristik yang berbeda, dengan adanya kepentingan perbedaan sejatinya setiap masyarakat akan bisa menjaga arti toleransi untuk hidup bersama-sama.

Adapun kegiatan dalam menghargai perbedaan di lingkungan masyarakat ini misalnya saja dengan menghargai agenda-agenda besar agama lainnya. Seperti saat hari raya natal umat kristen merayakan dan umat lainnya menghargai, begitupula ketika umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha umat lainnya menghargai. Tindakan ini menjadi contoh kerukunan umat beragama sekaligus pengamalan daripada Sila 1 Pancasila.

  1. Hidup Berdampingan Secara Damai dengan Orang Lain

Takalah pentingnya lagi dalam syarat terbentuknya lingkungan masyarakat yang sejahtera antara satu dengan lainnya, ialah memilih hidup dengan damai. Dalam artinnya kedamaian hidup tersebut ditunjukan untuk perbedaan-perbedaan yang ada di dalamnya.

  1. Menjaga Persatuan

Contoh tentang adanya lingkungan dalam masyarakat  ini ialah tentang konsesten dalam menjaga persatuan dan kesatuan dengan orang lain bahkan sesama teman ataupun tetangga, walaupun kenyataannya berbeda suku, agama, dan adat istiadat.

  1. Demokrasi

Lingkungan masyarakat senantiasa mengajarkan arti demokrasi antar sesama anggotanya. Demokrasi ini menciptakan mufakat dan arti musyawarah yang kemudian apabila dilanggengkan memberikan aturan yang dapat diterima oleh semua orang.

Bentuk Kegiatan di Lingkungan Masyarakat

Sedangkan untuk berbagai bentuk kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat. Misalya saja;

  1. Pemilihan umum yang diterapkan oleh negara demokrasi seperti Indonesia
  2. Siskampling dalam menjaga keamanan
  3. Rembuk desa
  4. Penyusunan perencanaan pembangunan desa
  5. Tasyakuran
  6. Merakayakan kemerdekaan
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa arti sosialisasi yang dilakukan seorang individu di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, seseorang individu juga merupakan bagian dari masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya. Masyarakat ini adalah sekelompok individu, yang dicirikan oleh minat yang sama dan mungkin memiliki budaya dan lembaga yang berbeda.

Sekelompok masyarakat orang terorganisir yang terkait bersama untuk tujuan agama, kebajikan, budaya, ilmiah, politik, patriotik, atau lainnya juga dapat dianggap sebagai masyarakat. Sehingga apabila dalam melakukan kegiatan sehari-harinya penuh dengan kerjasama setiap orang hendaknya bisa untuk membiasakan diri hidup disiplin dengan terus menjunjung tinggi kejujuran, dan berani membela kebenaran dan keadilan di dalamnya.

Demikinalah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai contoh lingkungan masyarakat yang ditemukan dalam keseharian. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta referensi mendalam bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *