Contoh Hidup Rukun di Masyarakat dalam Pergaulannya

Diposting pada

Hidup Rukun di Masyarakat

Kehidupan tidaklah lepas dari suatu masalah. Mulai dari masalah individu, masalah yang ada dalam lingkungan keluarga, hinga masalah dalam lingkungan masyarakat. Permasalahan dalam masyarakat dapat menimbulkan suatu konflik. Untuk itu, perlu adanya kesadaran untuk selalu hidup rukun yang diperlukan guna menciptakan kehidupan yang tentram dan damai.

Hidup Rukun

Hidup rukun memberikan banyak sekali manfaat. Kehidupan yang damai dan tentram akan tercipta ketika masayarakat menyadari akan pentingnya suatu kerukunan dan kebersamaan.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari orang lain. Perlu adanya kerjasama dan saling toleransi. Memberikan dukungan serta semangat menjadi salah satu bentuk kerjasama yang paling ringan dilakukan tetapi memiliki dampak besar.

Hidup rukun dapat dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Hidup rukun dalam contoh lingkungan keluarga menjadi pondasi utama untuk membentuk kerukunan hidup dalam lingkungan yang lebih besar, seperti lingkungan masyarakat.

Contoh Hidup Rukun

Hidup rukun membentuk masyarakat yang tertib. Contoh hidup rukun dalam lingkungan masyarakat antara lain sebagai berikut;

Gotong royong

Salah satu bentuk hidup rukun dalam masyarakat adalah adanya kegiatan gotong royong. Rasa memiliki terhadap lingkungan sekitar menjadi penggerak kegiatan gotong royong. Masayarakat secara bersama-sama melakukan suatu aktivitas untuk kepentingan bersama

Interaksi dan komunikasi dalam kegiatan gotong royong dapat mengakrabkan setiap anggota masyarakat. Bercengkrama satu sama lain. contoh kegiatan gotong royong yang sering dilakukan antara lain:

  • Gotong royong membersihkan jalan sekitar kompleks
  • Gotong rotong membangun jembatan
  • Gotong royong membersihkan selokan-selokan di lingkungan tersebut

Menghormati orang yang lebih tua

Sikap saling menghormati harus ditunjukan kepada siapa saja khusunya kepada orang tua. Tidak melawan ketika diberi pengertian. Daalam kehidupan bermasyarakat, menghormati orang yang lebih tua menjadi salah satu bentuk hidup rukun.

Contoh nyata sikap menghormati orang yang lebih tua adalah sebagai berikut:

  • Rina menmpersilahkan pak Beni duduk di tempat duduk yang sebelumnya ia tempati ketika antrian penuh.
  • Dinar membantu nenek Ida menyebrang jalan
  • Rio membantu Pak Adi memtik mangga yang pohonnya tinggi.

Pelaksanaan siskampling

Siskampling di laksanakan untuk menjaga keamana wilayah ketika malam hari. Keamanan wilayah menjadi tanggung tanggungjawab bersama anggota masyaratkat. Setiap warga bergantian melaksanakan siskampling merupakan bentuk hidup rukun dan kesadaran masyaarakt untuk menjaga lingkungannya.

Pelaksanaan organisasi PKK

Pelaksanaan organiasi dalam masayarakat menjadi wujud kehidupan masyarakat yang rukun. Salah satu organisasi yang bisa dikembangkan dalam masyarakat adalah PKK (Pembinaan Kesejakteraan Keluarga)

PKK menjadi wadah bagi para perempuan untuk berpartisipasi dalam upaya pembangunan Indonesia. Sebagai wujud hidup rukun, kegiatan PKK memberikan banyak manfaat, menjadi tempat untuk mengaspirasikan dan merealisasikan ide-ide perempuan dalam mengembangkan masyarakat.

Membentuk koperasi desa

Setiap desa memiliki potensi untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan desa. Mulai dari hasil pertanian, perkebunan, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Warga memiliki kesadaran untuk mengembangkan desanya.

Hidup rukun tercermin dari kesadaran semua warga untuk bekerjasama demi kemajuan desa. Memanfaatkan hasil desa baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Kesadran seperti ini perlu dipupuk dan dikembangkan dalam semua lapisan masyarakat.

Diskusi untuk menyelesaikan masalah

Hidup besama dalam masyarakat, memungkinkan adanya perbedaan pendapat. Perbedaan tersebut tidak jarang menimbulkan permasalahan. Berdiskusi dan musyawarah menjadi jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah. Permasalah dalam masyarakat menjadi kewajiban semua anggota masyarakt untuk berusaha mencari solusi terbaik.

Contoh masalah yang ada dalam masyarakat antara lain:

  • Masalah pembagian tugas kerjabakti
  • Masalah dalam pemilihan ketua RT
  • Masalah sengketa tanah desa

Menjengung tetangga yang sakit

Bentuk kerukunan dalam bermasyarakat adalah menjenguk tetangga yang sedang sakit. Rasa peduli terhadap sesama menumbuhkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki.

Adanya kegiatan karang taruna

Hidup rukun dalam bermasayarakt juga dapat ditunjukan oleh anak muda. Mengikuti kegiatan karang trauna menjadi wujud nyata dalam mewujudkan anggota masyarakat yang maju. Kegiatan karang taruna mencerminkan adanya kerukunan yang memiliki satu tujuan dan visi yang sama.

Pembentukan kegiatan arisan

Selain kegiatan sosial, dalam masyarakat juga dikenal istilah arisan. Tujuan dari kegiatan ini semata-mata untuk merekatkan dan mengakrabkan anggota masyarakat.  Perkumpulan ynag rutin dilakukan akan meningkatkan rasa kekeluargaan dalam masyarakat.

Saling menyapa

Masyakat yang rukun dapat diartikan pula sebagai anggota masyarakat yang saling mengenal. Sopan santun, menyapa, dan saling menghargai mencerminkan masyarakat yang rukun. Hal ini bisa diimplementasikan seperti halnya ketika adanya Hari Hara Idul Fitri banyak masyarakat Kristen yang berpartisipasi dengan berkunjung pada tentangga di lingkungan sekitar, kondisi inipula dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk dari contoh kerukunan antar umat beragama.

Membantu tetangga yang terkena musibah

Musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya. Setiap orang pernah mengalami musibah. Sebagai makhluk sosial, kita wajib membantu orang lain yang terkena musibah. Kondisi atas munculnya sikap simpati dan empati ini juga dapat mendorong terjadinya hidup rukun dalam masyarakat.

Menghormati tatangga yang berbeda keyakinan

Perbedaan menjadi hal wajar dalam masyarakat. Namun perbedaan tidak menjadi pengahalang untuk hidup rukun dan berdampingan. Hal ini karena adanya perasaan menghormati dan saling toleransi. contoh toleransi dalam hal keagamaan antara lain:

  • Andi yang beragama budha tidak makan dan minum di depan Deni ketika Deni sedang melaksanakan puasa.
  • Pak Anton yang beragama islam membantu menjaga keamanan gereja ketika umat Kristen sedang melaksanakan natal

Melaksanakan lomba

Kerukunan warga dapat ditunjukan dengan adanya pelaksanaan kegiatan lomba yang biasanya dilakukan ketika peringatan hari besar nasional. Contohnya adalah pada peringatan hari kemerdekaan Indonrsia, peringatan hari kartini.

Menghadiri rapat RT

Hidup rukun juga tercermin dari keaktivan warga mengikuti kegiatan rapat RT. Rapat RT (Rukun Tentangga) biasanya dilakukan untuk membahasa masalah-masalah penting di lingkungan RT. Misalnya dalam hal ini masalah seperti pencurian yang berhubungan dengan keamanan.

Membagikan hasil panen kepada tetangga

Wujud kerukunan masyarakat yang judah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari juga tercermin dari sikap warga yang suka membagikan hasil panen kepada para tetangga disekitarnya. Kondisi ini lazim dijumpai dalam masyarakat pedesaan.

Membantu kegiatan pernikahan

Persiapan pesta pernikahan tidak bisa dilakukan sendiri. Membantu persiapan pesta pernikahan tetangga adalah bukti nyata rasa kepedulian dan kerukunan antar warga. Hal seperti ini bisa juga terjadi ketika adanya hajatan-hajatan tertentu, artinya memang tidak semua hajatan berhubungan dengan pernikahan.

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatan jikalau dalam konsep terjadinya kerukunan terdapat nilai-nilai yang menjadi dasar bagi masyarakat.

Nilai Hidup Rukun di Masayarat dalam Pergaulannya

Nilai-nilai yang terkandung dalam hidup rukun, antara lain sebagai berikut:

  1. Nilai Kebersamaan

Hidup dalam masyarakat menuntut seseorang untuk mamp beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal ini akan menumbuhkan nilai kebersamaan dan rasa saling memiliki antara satu dengan lainnya.

Kebersamaan dapat dilihat dari kebersamaan antar anggota masyarakat dalam melakukan sesuatu. Nilai kebersamaan muncul karena adanya rasa senasib dan sepenanggungan.

  1. Nilai Toleransi

Nilai dalam arti toleransi dapat tercermin dari sikap saling menghargai dan menghormati antar masyarakat. Perbedaan dalam masyarakat menjadikan nilai toleransi semakin tinggi. Keinginan untuk bersatu tanpa membedakan menjadi pondasi membangun kehidupan yang rukun

  1. Nilai persatuan

Menjunjung tinggi persatuan dalam masyarakat. Identitas suatu masyarakat akan tetap terjaga karena rasa persatuan yang tinggi antar anggota masyarakat.

Demikianlah uraian lengkap yang bisa kami lakukan pembahasan berkaitan dengan contoh hidup rukun yang ada di masyarakat, keluarga, dan sekolah dalam pergaulan yang dilakukan setiap orang untuk hidup sehari-harinya. Semoga menjadi bahan referensi.

Gambar Gravatar
Anggita Ayuningtyas,Memiliki Hobi Menulis dan Saat ini Sedang Proses Penyelesaian Studi di Jurusan PPKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *