Keadilan: Pengertian, Macam, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Keadilan

Keadilan menjadi salah satu istilah kata yang sering dipergunakan dalam masyarakat Indonesia. Kata ini dipergunakan bukan tanpa dasar, sebagimana dalam sistem pemerintahan Indonesia menganut idiologi pancasila didalamnya ada penyebutan “keadilan sosial”. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut tulisan ini akan memperjelas pengertian keadilan, macam, dan contohnya.

Keadilan

Keadilan secara trimonologi kata dasar “adil”, yang atinya seimbang, tidak melakukan penyelewengan atas hak dan kewajiban. Penyebutan ini dalam islam menjadi berlawanan dengan kata dzalim artinya menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya.

Pengertian Keadilan

Pengertian keadilan adalah wewenang yang diberikan kepada seseorang dalam pengambilan kebijakan tanpa pilih kasih serta tidak melihat perbedaan sebagai subjaktif dalam pengambilan keputusan, baik berbeda soal ras, bahasa, suku, ataupun budaya.

Dalam arti ini tentusaja keadilan menjadi kebiasaan suci yang harus dimiliki seseorang dalam menjalani sisi kehidupan. Seperti dalam perilaku keseharian, insitusi pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, serta element yang lainnya. Baca JugaSila 5 Pancasila [Makna, Lambang, dan Contoh]

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

Adapun definisi para ahli mengenai makna keadilan, antara lain;

Dr. Notoganoro, S.H

Pengertian keadilan adalah sikap legalitas yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan kebijakan yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, tanpa adanya peryimbangan hukum mustalih keadilan bisa diimplementasikan.

Plato

Definisi keadilan adalah kolaborasi yang terjadi antara moral dan procedural yang dilakukan seseorang dalam proses pengambilan kebijakan-kebijakan dalam sisi pemerintahan, masyarakat, dan lingkungan keluarga terkecil di dalamnya.

Aristoteles (dalam Joko Widodo, 2001)

Arti keadilan adalah prilaku seseorang yang dilakukan dalam masyarakat dengan tidak mengambil keputusan yang bertentangan dengan nilai-nilai dasar individu untuk rasa kepedulian atas sesama manusia sebagai mahluk hidup didalamnya.

Macam-Macam Keadilan

Beragam jenis-jenis keadilan yang ada dalam kehidupan, antara lain;

Keadilan Komutatif

Pengertian keadilan komutatif adalah perlakuan yang dilakukan oleh seseorang terhadap terhadap individu lain secara umum, termasuk tanpa melihat jasa-jasa yang dilakukannya. Contohnya, mengenai prilaku seseorang yang melakukan tindakan kriminial (melanggar hukum) maka niscaya akan menerima sanksi setimpal tanpa lagi memeberikanp pandangan pada kedudukan atau jabatan dalam pemerintahan.

Keadilan Distributif

Definisi keadlilan distributif adalah perlalakuan yang dijadikan dasar bagi seseorang yang sesuai dengan jasa-jasa yang telah diberikannya. Contohnya keadlilan ini misalnya saja peranan seorang karyawan akan diberi gaji sesuai UMR dan masa kerja, jenis pekerjaan, dan jabatan di perusahaan.

Keadilan Kodrat Alam

Pengertian keadilan kodrat alam adalah perlakuan yang dijalankan oleh seseorang terhadap individu lain yang sesuai dengan hukum alam. Contohnya saja dalam sisi keadilan ini adanya seseorang yang akan memperlakukan orang lain dengan baik apabila orang lain tersebut juga memperlakukannya dengan baik.

Keadilan Konvensional

Pengertian keadilan konvensional adalah proses penjalanan keadilan yang didekritkan melalui suatu kekuasaan serta kebijakan khusus. Contohnya, mengenai warga negara wajib yang secara utuh harus mematuhi peraturan yang telah diberlakukan.

Keadilan Perbaikan

Pengertian keadilan perbaikan adalah sisitem keadilan yang dilakukan oleh individu kepada seseorang yang telah berusaha dengan sengaja mencemarkan nama baik orang lain. Contohnya, permintaan maaf yang dilakukan dalam media massa karena telah mencemarkan nama baik seseorang.

Contoh Keadilan

Adapun berkenaan dengan contoh keadilan, yang bisa dijadikan pondasi dalam merekatkan sisi kehidupan, antara lain;

Masyarakat

Kehidupan masyarakat seringkali mengalami polemik dalam sisi kehidupan, koredornya setiap manusai memiliki hak-hak dan batasan dalam pergaulannya. Dalam hal ini keadilan dalam masyarakat misalnya saja pembagunan yang ada di wilayah Papua yang menjadi upaya pemerintahan memeratakan infrastruktur.

Pembangunan di Papua menjadi simbul dalam menegakan keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia, dengan adanya sisi penambahan pembangunan tersebutlah tidak ada perbadingan yang mencolok terjadi pada masyarakat di Indonesia Bagian Timur dan Indonesia Bagian Barat yang saat ini sedang terjadi.

Keseharian

Contoh lainnya mengenai keadilan dalam keseharian misalnya saja dalam penerapan hukum, tidak ada pandang bulu bagi pelaku kriminal. Semua orang akan senantiasa menjalankan mendapatkan hukum setipal sesuai dengan perbuatannya. Baik anak pejabat ataupun anak rakyat biasa.

Dari penjelasan tentang pengertian, bentuk, dan contoh keadilan diatas, penting diketaui bahwa prinsip keadilan ini memiliki peranan idealisme serta profesional dalam menyeimbangkan antara hak-haka yang diberikan dan kewajiban yang akan didapatkan, sehingga kehidupan akan memiliki nilai lebih berharga.

Demikinalah penjelasan mengenai pengertian keadilan menurut para ahli, macam, dan contohnya dalam keseharian. Semoga melalui tulisan ini bisa dijadikan wawasan dan sumber informasi mendalam bagi segenap pembaca yang mencari refrensi tentang keadilan. Trimakasih,

2 (40%) 4 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *