Peranan Pers dalam Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Peranan Pers bagi Masyarakat Indonesia

DosenPPKN.Com– Serangkaian peranan pers dalam masyarakat di Indonesia sangat penting bagi kehidupan, apalagi pada era globalisasi saat ini banyak media informasi yang memberikan kabar tentang permasalahan dan perstasi serta berbagai upaya kebijakan pemerintah. Atas informasi itulah setiap Negara yang menganut asas demokrasi, seperti Indonesia akan senantiasa memeberikan rekomendasi bagi siapapun untuk menjadi bagian lembaga pers.

Pers

Pengertian pers adalah bentuk penyiaran berita yang dilakukan oleh seseorang melalui surat kabar, majalah, dan radio hingga mendapatkan akases untuk dibaca dan ditelaah secara luas bagi masyarakat yang membutuhkan, untuk kemudian dijadikan sebagai dasar dalam menambah pengetahuan.

Atas pengertian pers ini kemudian setiap bangsa terbuka memberikan landasan hukum pers yang kuat, sebagimana Indonesia yang khusus memberikan peraturannya dalam bentuk Undang-udang sebagai landasan konstitusi bagi insan pers.

Peranan Pers di Indonesia

Adapun untuk fungsi pers secara umum dalam masyarakat sebenarnya telah ditegaskan secara mutlak dalam pasal 6 Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Peranan pers bagi seseorang yang dimaksud adalah sebagai berikut;

Transfer Informasi

Peranan yang diberikan kepada pers dalam masyaraka ialah memberikan pemenuhan atas hak setiap warga Negara agar mengetahui yang dilakukan oleh pemerintah, hak ini bisa didapatkan salah satunya melalui transfer informasi dalam berbagai bidang yang menjadi fokus pemebreritaan.

Bidang-bidang tersebut, antara lain sebagai berikut;

Ekonomi

Dalam bidang ekonomi setiap masyarakat akan mendapatkan hak dengan langkah mendapatkan kabar berita terkini, mulai dari berita tentang adanya kerjasama internasional soal perdanganangan ataupun pemberitaan tentang adanya kenaikan dolar yang siginifikan.

Politik

Prosesi pers di Indonesia yang memiliki peranan penting lainnya ialah mendapatkan serangkaian pemberitaan politik, informasi ini misalnya saja tentang adanya kabar bahkan Indonesia sedang melaksanakan tahapan perjanjian internasional dengan Asutralia, Amerika Serikat, ataupun dengan Saudi Arabia.

Sosial

Peranan pers bagi masyarakat demokrasi pada saat ini dapatlan mengambil serangkaian pemberitaan tentang sosial, sebagimana hal ini bisa dilihat setiap kali kabar berita (news) di Indonesia ada kejadian kriminial, kecelakaan ataupun tentang bencana alam.

Budaya

Peranan pers dalam budaya, lebih spesifik pada pengangkatan kabar informasi tentang kearifan loka. Yang mana tujuan ini bersumber dari adanya kebiasaan dalam masyarakat, yang dilakukan secara terus menerus. Dalam tahapannya peranan ini juga penting untuk dilakukan.

Demokrasi

Dalam peranan pers yang patut untuk didalami selanjutnya ialah mampu menjadi penegakkan dalam penerapan serangkaian nilai-nilai dasar demokrasi, yang pada intinya ialah suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Oleh karena itulah peranan pers ini akan senantiasa untk bisa menyampaikan aspirasi rakyat guna mewujudkan pemerintahan yang demokratis. Baikl hal ini dilakukan secara idiologi (keyakinan) ataupun dalam menjalani rutinitas kehidupan.

Supermasih Hukum dan HAM

Peranan pers bagi masyarakat selanjutnya ialah terjadinya sikap untuk mampu mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam upaya menuju masyarakat yang tertib. Ketentuan ini berkaitan dengan adanya hak warga negara atas kebebasan mengemukakan pendapat dan persamaan di hadapan hukum atau menjunjung tinggi hukum.

Keberagaman

Peranan pers di Indonesia yang lainnya ialah terus menerus menjaga dan menghormati segala bentuk kebhinekaan atau keberagaman dalam masyarakat. Menghormati kebhinekaan atau keberagaman dapat ditunjukkan dengan mengedepankan persatuan dalam menyampaikan informasi.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara selalu memperhatikan apa yang telah menjadi kesepatakan dalam penerapan norma agama, norma kesusilaan yang samapi saat ini menjadi pedoman hidup dalam setiap lini kehidupan masyarakat,

Pendapat Umum

Peranan pers yang lainnya yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat ialah mampu mengembangkan pendapat secara umum yang dilakukan berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar. Dalam peranan ini tentusaja pers selalu menitik beratkan pada setiap prinsip objektivitas setiap manusia dalam menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.

Melakukan Pengawasan

Peranan pers yang lainnya dalam kehidupan masyarakat ialah menjadi fungsi pengawasan bagi setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, ataupun lembaga eksekutif dan legistatif. Fungsi ini penting, lantaran akan dapat menjadikan suatu rencana menjadi kenyataan.

Melakukan Kritik

Peran pers nasional selanjtnya yang menjadi pedoman umum bagi kehidupan masyarakat ialah melakukan kritik terhadap hal-hal yang dianggap dapat emnggangu hubungan masyarakat dan pemerintah. Kritik ini misalnya saja tentang kebijakan tugas Presiden yang melakukan pengangkatan Perwakilan Diplomatik di Negara Israel, atau kebiajkan yang lainnya.

Pemberikan Koreksi dan Saran

Peranan selanjutnya yang dilakukan pres dalam kehidupan manusia dan juga pemerintahan ialah memberikan serangkaian koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Pers dalam hal ini memerankan fungsi sebagai jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan pemerintah atau sebaliknya.

Memperjuangkan Keadlilan

Fungsi pers yang lain ialah mengupayakan bentuk-bentuk keadilan dan kebenaran dengan cara menyampaikan kebenaran kepada publik berwujud berita atau ¡nformasi dan mengajak masyarakat berpikir kritis dalam menanggapi masalah-masajah yang terjadi di Indonesia Indonesia.

Dalam memperjuangkan keadilan ini setidaknya setiap insan pers harus memiliki prinsip yang telah disepakati bersama. Prinsip pers tersebut antara lain;

  1. Idealisme
  2. Komersialisme
  3. Profesional

Dari penjelasan tentang peranan pers diatas, sebagimana yang dilakukan pada pasal 6 Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 ditegaskan bahwa pers nasional mempunyai peranan penting dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat, dan benar.

Penegasan seperti inilah setidaknya akan mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran serta diwujudkannya melaluai upaya dalam supremasi hukum menuju masyarakat yang tertib, damai dan sejahtera dalam menjalani kehidupannya.

Demikianlah penjelasan mengenai peranan pers dalam masyarakat Indonesia saat ini, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang mendalami materi tentang “pers”. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *