Kerjasama Internasional: Pengertian, Bentuk, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kerjasama Internasional

DosenPPKN.Com– Negara-negara yang ada di seluruh dunia akan senantiasa tergantung dengan Negara lainnya. Hal ini membuktikan bahwa setiap bangsa yang secara de facto dan de jure merdeka tidak akan pernah bisa mandiri tanpa adanya bantuan dari Negara lain. Dalam upaya tersebutlah setiap Negara akan menyelenggarakan hubungan dengan Negara lain, hingga akhirnya keadaan ini memunculkan bahasan tentang kerjasama internasional.

Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah serangkaian perwujudan dan hubungan antarbangsa yang berpijak pada kepentingan nasional. Kepentingan nasional berkaitan dengan tujuan nasional dalam kurun waktu tertentu yang berisi sasaran-sasaran nyata yang harus diwujudkan.

Keberhasilan dalam mewujudkan tujuan nasional dapat menjamin kelangsungan hidup seluruh element bangsa. Peryataan inilah, sejalan dengan asas hubungan intemasional yang dilaksanakan oleh tokoh politik dan bangsa Indonesia.

Pengertian Kerjasama Internasional

Pengertian kerjasama internasional adalah serangkaian hubungan yang dilakukan oleh Negara atas nama warganya dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menjaga keamanan secara nasional. Dengan lebih dari 2 negara dan tidak ada batasan wilayah/teritorial di dalamnya.

Pengertian Kerjasama Internasional Menurut Para Ahli

Adapun pendapat para ahli tentang definisi kerjasama internasional antara lain sebagai berikut;

Dougherty dan Pflatzgraff (1997)

Pengertian kerjasama internasional adalah hubungan antar Negara berbeda yang tidak ada unsur kekerasan atau paksaan dan disahkan secara hukum internasional dalam upaya memberikan kebebasan dalam membangun negaranya sendiri.

Holsti (1987)

Definisi kerjasama internasional adalah kolaborasi yang dilakukan setiap Negara dalam melihat masalah nasional (negaranya) yang dinggap perlu adanya penangan baik, lantaran jika tidak dilakukan akan mengancam kesatuan dan persatuan.

Perwita dan Yani (2005).

Arti kerjasama internasional adalah system hubungan dengan berdasarkan pada kehidupan internasional yang terbagi dalam berbagai bidang seperti ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, lingkungan hidup, kesehatan, pertahanan, dan keamanan.

Dari penjelasan mengenai pengertian kerjasama internasional di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap Negara senantiasa melakukan hubungan dengan Negara lain dalam upaya memuh kebutuhan serta menangani masalah secara nasional. Hal ini dilakukan melalui sarana-sarana hubungan internasional.

Bentuk Kerjasama Internasional

Ragam macam bentuknya dalam kerjasama internasional, hal ini dilihat dari kebutuhan serta jumlah Negara yang berkaitan, diantarnya;

Bilateral

Kerjasama internasional bilateral adalah sistem hubungan yang dilakukan setiap Negara dalam upaya menciptakan kebutuhan hidup masyarakatnya. Dengan ciri khas dalam kerjasama ini hanya dilakukan dalam satu bidang dan hanya dilakukan oleh dua Negara.

Muliteral

Bentuk kerjasama internasional yang ke-2 adalah multiteral yaitu hubungan antar Negara yang dilakukan dengan jumlah tidak terbatas. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap Negara dengan karakteristik yang sama akan mencoba membangun nilai kedamaian yang lebih baik.

Regional

Jenis kerjasama internasional yang selanjutnya, adalah kerjasama regional yang dilakukan oleh suatu Negara meredeka dengan karakteristik sama dalam wilayahnya. Simplenya, kerjasama ini identik dengan kesamaan dalam budaya, wilayah, dan lain sebaginya.

Internasional

Kerjasama yang selanjutnya sekala internasional yang dilakukan dalam kesatuan Negara merdeka dalam upaya menjaga kedamaian hidup bersama. Sistem kerjasama ini lebih condong pada keterpihakan pada kedamaian dan kesamarataan antar Negara tergabung.

Tujuan Kerjasama Internasional

Berlakunya hubungan internasional yang ada di setiap Negara seolah menujukan kebebasaan untuk bisa mensejahterakan warga negaranya. Disinilah letak tujuan kerjasama internasional tersebut dilakukan selain itupula ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan;

Iptek

Dalam segi kerjasama internasional yang dialkukan setiap Negara haruslah bertujuan untuk menengmbangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Apalagi pada era global seperti saat ini kemajuan setiap Negara lebih di ukur pada SDM-nya daripada SDA yang ada.

Devisa

Tujuan selanjutnya, dalam kerjasama internasional ialah meningkatkan devisa atau pendapatkan setiap Negara. Baik dalam segi investasi ataupun ekonomi setiap Negara yang melakukan hubungan kerjasama mempertimbangkan segi pendapatan untuk negaranya.

Menjaga Perdamaian

Setiap Negara yang ada di seluruh dunia akan senantiasa untuk menghindari konflik dengan Negara lain. Hal ini dilakukan dalam upaya mengindari kerugian material dan nonmaterial. Dengan demikianlah setiap kerjasama internasional dilakukan akan bertujuan menjaga perdamaian.

Melihat penjelasan tentang pengertian, bentu, dan tujuan kerjasama internasional. Khusus bagi bangsa Indonesia, pelaksanaan kerja sama internasional dilakukan agar dapat mewujudkan kondisi yang bisa menjadikan status Negara berkembang menjadi Negara maju. Selain itupula hal-hal sebagal berikut ini menjadi fokus Indonesia dalam melakukan kerjasama;

  1. Upaya pembentukan NKRI sebagai Negara yang demokratis dengan wilayah kekuasaan dari seluruh wilayahnya.
  2. Mencipatakan masyarakat yang adil dan makmur, baik secara material, non material, dan spiritual dalam wadah NKRI.
  3. Uapaya melaksanakan hubungan persahabatan yang baik dengan semua negara di dunia.

Oleh karena itulah dalam melaksanakan kerja sama internasional Indonesia dengan bangsa lain, harus berorientasi pada;

  1. Kepentingan nasional,
  2. Menitikberatkan pada solidaritas antarnegara berkembang,
  3. Mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa, menolak penjajahan dalam segala bentuk,
  4. Meningkatkan kemandirian bangsa dan bekerja sama internasional bagi kesejahteraan rakyat.

Contoh Kerjasama Internasional

Kejadian mengenai kerjasama internasional dilihat dalam Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional yang telah dilakukan, diantarnya;

ASEAN

ASEAN tergolong sebagai bentuk kerjasama internasional dalam bentuk regional, hal ini dikarenakan yang menjadi anggota dalam kerjasama ini adalah Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Hingga saat inilah jumlah Negara yang tergabung dalam ASEAN berjumlah 10 negara merdeka.

PBB

Contoh tentang bentuk kerjasama internasional selanjutnya adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menjadi wadah bagi seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia yang saat ini menjadi Anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.

Ibadah Haji

Contoh dalam bentuk kerjasama internasional bilateral yang hanya dilakukan antara dua negara, yaitu Indonesia dan Arab Saudi dalam proses pelaksanaan Ibdah Haji bagi umat Islam. Kerjasama ini dilakukan dalam upaya memberikan kesempatan untuk umat Islam melaksanakan Rukun Islam yang ke-5. Bentuk kerjasamanya dalam ibdah haji ini meliputi keamanan dan jaminan dalam pelaksanaan ibdahnya.

Dari penjelasan tentang contoh kerjasama internasional diatas, ada sejumlah manfaat yang dapat diberikan bagi setiap Negara, antara lain;

  1. Kerjasama internasional akan senantisanya meningkatkan hubungan persahabatan antar Negara
  2. Mamberikan solusi atas perasamalah nasional
  3. Mampu meningkatkan devisa (pendapatan) setiap Negara
  4. Menjadikan wadah dalam bertukar pengetahuan dan teknologi

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian, bentuk, tujuan, dan contoh kerjasama internasional. Semoga dengan adanya uraian ini bisa memberikan wawasan dan mampu meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *