Profesional: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Profesional, Ciri, dan Contohnya

DosenPPKN.Com– Profesional menjadi salah satu bahasa yang cukup sering dipergunakan dalam keseharian. Penggunaan istilah ini tak terlepas dari kata “profesionalisme” yang memiliki arti alat untuk mencapai keberhasilan dengan baik. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan pengertian, ciri, dan contoh professional.

Profesional

Profesional atau profesionalisme merupakan suatu jenis paham yang berhubungan erat dengan nilai tinggi keahlian profesional khususnya atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang pribadi, yang pada umumnya sebagai alat utama untuk mencapai keberhasilan.

Pengertian Profesional

Pengertian profesional adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan pekerjaan dengan konsisten pada prinsip nilai kejujuran serta moral sehingga menjadi dasar prilaku, setiap perbuatan yang dijalankan. Hal inilah setidaknya mengindikasikan bahwa peranan prilaku seperti ini perlukan dalam kehidupan setiap manusia.

Atas arti profesional diatas, dapatlan disimpulkan bahwa kondisi professional seseorang akan mencangkup pada 3 bentuk, antara lain;

  1. Pengetahuan, seperti wawasan tentang ekonomi bekerja di bidang akuntan
  2. Kemampuan, seperi kemampuan deasin photoshop
  3. Prilaku, prilaku yang dilakukan seperti kejujuran, komitmen, dan lain sebaginya

Pengertian Profesional Menurut Para Ahli

Adapun pendapat ahli tentang arti Profesional ini antara lain;

Muhammad dalam Yuwono

Pengertian profesional adalah sikap seseorang dalam melakukan pekerjaan keseharian dengan didukung pada didikasi dan keahlian sehingga memiliki komitmen untuk bertanggung jawab atas apa yang menjadi hak serta kewajibannya.

Bertens

Definiai profesional adalah sikap yang dilakukan seseorang atas dasar cita-cita dan penerapan atas nilai-nilai yang sudah disepakati bersama. Misalnya saja komitmen bertanggung jawab melaksanakan pekerjaan, menerapkan dilai kejujuran dalam kegiatan, dan lain sebaginya.

Dari pengertian profesional menurut para ahli tersebut dapatlah disimpulkan bahwa ada beberapa ciri yang bisa disebut sebagai seorang yang dianggap profesional. Ciri-ciri atau syarat seseorang bisa disebut profesional sebagai berikut.

Ciri-Ciri Profesional

Antara lain;

  1. Memiliki keahlian tertentu yang diperoleh melalui penempaan pengalaman, pelatihan, atau pendidikan khusus di bidangnya.
  2. Mendapat gaji, honorarium atau imbalan paten yang Iayak sesuai keahlian, tingkat pendidikan, atau pengalaman yang diperolehnya.
  3. Seluruh sikap, perilaku, dan aktivitas pekenjaannya dipagari dengan dan dipengaruhu oleh keterikatan dirinya secara moral dan etika terhadap kode etik profesi.
  4. Secara sukarela bersedia bergabung dalam salah satu organisasi profesi yang sesuai dengan keahliannya.
  5. Memiliki kecintaan dan dedikasi tinggi terhadap bidang pekerjaan profesi yang dipilih dan ditekuninya.

Atas dasar pengertian, bentuk, dan ciri profesional diatas dapat diyakini bahwasanya tidak semua orang mampu melaksanakan pekerjaan profesi dengan menunjukkan ciri-ciri atau syarat-syarat tersebut. Hal ini lataran imeplementasi kehidupan, khususnya di Indonesia lebih tergantung pada segi ekonomi dan keturunan, bukan peroalan kemampuan.

Contoh Profesional

Beragam contoh kegiatan yang bisa digolongkan dalam profesional, diantaranya sebagai berikut;

Guru

Guru adalah seseorang bertugas untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya. Seorang guru dituntut dapat professional yang sesuai dengan kamampuannya serta bidang mata pelajaran yang ditekuninya. Contoh professional guru ini misalnya seorang Guru PPKN mengajar tingkatan kelas SMP dan SMA, bukan memberikan pelajaran pada tingkatan Sekolah Dasar (SD).

Pers

Pengertian pers adalah bidang pekerjaan yang mensyaratkan sikap profesionalisme kepada seluruh sturuktur didalamnya. Profesi ini dituntut memberikan segala macam fungsi pers dalam menyampaikan informasi yang layak dibaca dan dijadikan rujuan bagi setiap masyarakat. Sehingga seorang pers harus memiliki sikap professional yang sesuai dengan skill.

Baca Juga;

  1. Idealisme: Pengertian dan Contohnya dalam Keseharian
  2. Deklarasi: Pengertian, Macam, dan Contohnya

Demikinalah penjelasan tentang pengertian professional menurut para ahli, bentuk, jenis, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *