Alasan Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Bagi Negara Indonesia

Diposting pada

Perundang undangan akan ada disetiap bentuk negara di dunia, termasuk juga di Indonesia sebagai salah satu arti negara berkembang. Hal ini disebabkan kerena peranan penting yang dimiliki dalam menjaga kesetabilan negara, keteraturan hidup dalam masyarakat, serta menjaga kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Bahkan ada banyak alasan pentingnya peraturan perundang-undangan bagi negara Indonesia yang bisa dilihat secara langsung. Misalnya saja dalam menjaga keteraturan hidup yang mana undang-undang melarang adanya bentuk kriminalitas, apabila ada kriminalitas maka akan dikenakan hukuman.

Perundang-Undangan

Peraturan dalam perundang-undangan bisa disebut sebagai pedaman dalam menjalankan segala aktifitas penting dalam kehidupan bermasyarakat. Aktivitas ini bersifat pada urusan publik (umum) yang mana setiap orang harus mentaatinya.

Banyak negara memiliki peraturan dalam pengertian perundang undangan. Misalnya saja Indonesia sebagai negara berkembang yang merdeka pada Tahun 1945 memiliki aturan yang dikenal dengan Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945, Ideologi Pancasila, dan Pertauran dari keputusan pemerintah daerah, presiden, dan lain sebaginya.

Yang semua itu dijalankan dengan tujuan menjaga keutuhan serta menjadikan masyarakat lebih terarah untuk mencapai keinginan (cita-cita) yang diimpi-impikan,

Pentingnya Perundang Undangan

Adapun untuk alasan pentingnya peraturan perundang-undangan bagi negara, antara lain sebagai berikut;

  1. Mewujudkan Ketertiban dalam masyarakat

Mewujudkan beragam ketertiban dalam kehidupan masyarakat sangatlah diperlukan. Tata tertib ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyimpangan sosial yang terjadi dalam kehidupan bernegara, bentuk-bentuknya anekaragam.

Misalnya saja ialah mengindari adanya konflik, memberikan jaminan untuk bebas berpedapat di depan umum, dan lain sebagainya.

  1. Memberikan Jaminan kepastian hukum dalam hubungan sosial dalam masyarakat

Pentingnya perundang undangan yang selanjutkan diadakan dalam sebuah negara ialah untuk memberikan kepastian hukum serta mengaturnya dalam hubungan bersosial antar masyarakat.

Kondisi ini memiliki relevasinya terhadap beragam bentuk penyimpangan dalam menjalankan norma hukum, misalnya hukum tebang pilih antara si misikn dan kaya, hukum tidak bersifat rasional, serta bentuk penyimpangan yang lainnya.

  1. Mendatangkan manfaat bagi kehidupan masyarakat

Kebermanfaatan sangatlah diperlukan dengan adanya perundang undangan di suatu negara. Kondisi ini setidaknya terjadi dalam berbagai kajian-kajian yang dilakukan, dengan adanya UUD 1945 misalnya telah dipustukan bahwa Indonesia sebagai negara merdeka mengakui Ideologi Pancasila sebagai keyakinan masyarakat.

Dalam penjabaran Pancasila tersebut terlihat jelas bahwa bagian sila 1 Pancasila menyatakan ketuhan yang maha Esa.

Artinya, bahwa setiap warga negara Indonesia haruslah memiliki keyakinan dalam menjalankan aktivitasnya, keyakinan inilah pada akhirnya mendatangkana manfaat untuk setiap masyarakat mengakui beragam agama-agama di Nusantara.

  1. Mewujudkan keadilan dalam masyarakat

Terakhir dalam upaya memberikan penjelasan tentang urgensinya perundang undangan dilakukan dalam setiap negara ialah dapat mendatangkan keadilan bagi setiap masyarakat di dalamnya. Hal ini setidaknya memberikan penjelasan bahwa setiap sistem pemerintahan sudah seharusnya berkomitmen dalam mewujdukan keadilan dalam kehidupan.

Contoh Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Bagi Negara Indonesia

Adapun untuk realisiasi dalam alasan pentingnya Perundang-Undangan untuk warga negara Indonesia. Misalnya saja;

  1. Tindakan rasisme

Kasus yang baru-baru ini terjadi tentang adanya tindakan rasisme yang terjadi pada masyarakat Papua. Tindakan ini tentusaja memberikan kerugian dalam integrasi bangsa Indonesia, apalagi kasus terjadinya sendiri pada saat Indonesia merakayakan Hari Kemerdekaan.

Oleh karena itulah dalam upaya mengontrol masyarakat akan tidak melakukan penyimpangan di kemudian hari pada akhirnya pemerintahan Indonesia memberikan hukum bagi pelaku rasisme, hal ini tentusaja dilakukan untuk menjaga Indonesia agar tetap pada asas kebangsaan serta mengindari disintegrasi bangsa yang akhirnya dapat menjadi arti ancaman bagi keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

  1. Kewarganegaraan

Asas kewarganegaraan Indonesia juga diatur secara penuh dalam perundang-undangan. Asas ini misalnya saja tercermin dari adanya kasus pengangkatan Menteri ESDM yang bernama Archandra Tahar yang konon telah menjadi warga negara Amerika Serikat.

Padahal pada saat ini Archandra Tahar sudah ditetapkan sebagai salah satu mentri di Kabinet Indonesia Maju Jilid 1. Tentusaja prihal itulah Presiden Jokowi langsung memberhentikannya dari jabatan tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa peraturan perundang-undangan merupakan salah satu produk hukum yang bukan produk politik. Maka sudah semestinya peraturan ini ditempatkan sebagai norma yang bersumber pada kemajemukan bangsa Indonesia, kaya akan budaya, nilai dan pluralisme hukum.

bahkan Indonesia merupakan negara hukum yang mengikuti tradisi hukum kontinental, yang menjadikan peraturan perundang-undangan sebagai salah satu sendi utama dalam sistem hukum nasional. Oleh sebab itu, pembangunan nasional selalu diiringi dengan pembangunan sistem hukum yang berkelanjutan dan terintegrasi. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan akan perkembangan struktur hukum dengan budaya hukum.

Nah, itulah tadi penjelasna serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembacara terkait dengan macam-macam alasan pentingnya perundang undangan bagi warga negara dan contoh kasusnya di Indonesia. Semoga bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *