Contoh Wawasan Nusantara dalam Kehidupan

Diposting pada

Jenis Wawasan Nusantara

Para pembaca pasti sering mendengar kalimat wawasan nusantara. Apa kalian tahu maksud dari wawasan nusantara?  Kemudian seperti apa aja contoh yang ada dari wawasan nusantara untuk arti NKRI? Maka dari itu, melalui artikel inilah secara lengkap kita akan membahas mengenai beragam contoh wawasan nusantara yang mudah ditemukan dalam proses kehidupan.

Wawasan Nusantara

Dari beberapa pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap dalam makna bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan negara berbentuk kepulauan dan budaya yang beraneka ragam.

Wawasan Nusantara juga merupakan sikap tentang bagaimana Bangsa Indonesia merawat persatuan di tengah keberagaman yang ada. Keberagaman yang dimaksud bukan hanya tentang suku, agama, ras dan adat yang berbeda melainkan tentang keberagaman tentang cara berpikir, keberagaman tentang kesenjangan sosial, ekonomi, dan budaya.

Contoh Wawasan Nusantara

Sebelum membahas mengenai contoh wawasan nusantara dalam kehidupan, perlu diketahui dulu bahwa wawasan nusantara dibagi menjadi dua bagian yaitu Trigatra dan Pancagatra.

Adapun tentang Trigatra yaitu wawasan nusantara dalam bidang geografis, demografis, dan strategis. Kemudian bagian yang kedua adalah Pancagatra yang didalamnya terdapat bidang dalam arti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan dan keamanan. Meskipun Trigatra dan Pancagatra menjadi dua bagian yang terpisah namun keduanya saling berhubugan.

Pengambilan contoh akan diambil dari dua bidang tersebut. Berikut ini pembahasannya :

  1. Trigatra
  2. Geografis

Wawasan Nusantara dalam bidang geografis memiliki maksud pengetahuan tentang lokasi Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra beserta seluruh wilayah Indonesia.

Contoh:

  • Mencintai seluruh wilayah tanah air di Indonesia
  • Mendukung pembangunan yang dilaksanakan di seluruh pelosok negeri

Demografis

Wawasan tentang jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk Indonesia yang tersebar di wilayah Indonesia .

Contoh :

  • Memiliki rasa ingin tahu dan banyak mempelajari tentang penyebaran penduduk di Indonesia dan berbagai macam karakteristik penduduk Indonesia di berbagai tempat.

Strategis

Dalam bidang strategis memiliki arti tentang pengetahuan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, baik yang ada di darat maupun di Indonesia.

  • Memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia untuk kemaslahatan orang banyak.
  • Tidak mengeksploitasi alam Indonesia untuk kepentingan pribadi, seperti yang terjadi di Riau karena alasan untuk membuka lahan kelapa sawit malah menyebabkan kebakaran hutan yang sampai sekarang masih belum terselesaikan masalahnya.

Pancagatra

Bidang ideologi

Wawasan yang dimaksud dalam bidang ideologi yaitu pengetahuan yang menyeluruh mengenai Pancasila termasuk butir-butir, nilai-nilai, makna dan implementasi dari Pancasila. Ideologi Pancasila bukan hanya sebagai formalitas atau simbol dari negara yang di pajang di kantor-kantor maupun sekolah-sekolah, melainkan menjadi suatu dasar yang sangat penting bagi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada masing-masing sila mengandung makna dan nilai tersendiri untuk dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Alangkah baiknya jika kita tak hanya sekedar tahu dan hafal mengenai Pancasila melainkan kita harus mengamalkannya, mencontohkan bagi generasi di bawah kita agar moral dan etika masyarakat Indonesia sesuai dengan sila-sila Pancasila, karena sila dalam Pancasila bukan saja mengenai kehidupan pemerintahan melainkan meliputi segala aspek kehidupan bernegara.

Contoh wawasan nusantara dalam bidang ideologi :

  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti memiliki sikap saling menghargai meskipun memiliki perbedaan, tenggang rasa, adil, dan mempertahankan persatuan ditengah perbedaan.
  • Mempertahankan nilai-nilai Pancasila ditengah masuknya budaya-budaya asing yang banyak ditiru oleh generasi milenial saat ini. Seperti contohnya masuknya budaya barat yang memiliki kehidupan yang bebas yang terkadang sudah tidak sesuai dengan ajaran budaya kita seperti sex bebas dan LGBT.

Bidang Politik

Wawasan nusantara dalam bidang politk yang dimaksud adalah masyarakat memiliki pengetahuan yang luas mengenai para pemegang kekuasaan dan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.  Wawasan nusantara di bidang politik merupakan salah satu wawasan yang penting yang harus dipahami oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat tidak boleh apatis terhadap politik.

Akan menjadi sesuatu yang bahaya bila masyarakat tidak peduli mengenai politik, bisa jadi para pemegang kekuasaan sewenang-wenang dalam menentukan kebijakan tanpa memperhatikan kepentingan rakyat kecil.

  • Memiliki pengetahuan tentang undang-undang yang dibuat oleh pemerintah. Masyarakat setidaknya tahu tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar tindakan masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku, selain itu apabila ada kebijakan yang menyimpang seperti RUU KUHP baru-baru ini masyarakat bisa mengkritik pemerintah.
  • Memiliki sikap yang partisipatif di dalam kehidupan bernegara. Sebagai masyarakat yang baik, seharusnya tidak diam jika meilhat kesalahan yang dilakukan oleh para pemangku jabatan. Kita memiliki hak untuk menyampaikan pendapat, kita memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi kita. Tidak hanya melalui demonstrasi, melainkan melalui tulisan ataupun melalui media sosial.

Bidang Ekonomi

Wawasan nusantara dalam bidang ekonomi yang dimaksud adalah pengetahuan tentang pengelolaan sumber daya untuk djadikan komoditas yang dapat dinikmati seadil-adilnya untuk kemakmuran rakyat.

Contoh wawasan nusantara dalam bidang ekonomi yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki sikap tidak serakah dalam memanfaatkan sumber-sumber perekonomian.

Jangan hanya karena ingin mendapatkan uang dapat melakukan sesuatu semaunya sendiri.

Bidang Sosial Budaya

Wawasan Nusantara dalam bidang sosial budaya yang dimaksud adalah pengetahuan tentang keberagaman sosial budaya yang ada di Indonesia. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki keaneragaman budaya dari Sabang sampai Merauke.

Masing-masing daerah memiliki budaya dan tatanan adat sendiri. Dengan wawasan nusantara di bidang sosial dan budaya dimaksudkan agar masyarakat tak hanya tahu tentang keaneragaman budaya di Indonesia melainkan juga untuk membantu persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia di tengah banyaknya perbedaan.

Contoh wawasan nusantara dalam bidang sosial dan budaya yait sebagai berikut :

  • Memiliki sikap saling menghargai meskipun berbeda

Seperti dengan tidak bertindak menghina budaya di daerah lain atau menganggap remeh budaya lain, karena pada dasarnya semuanya sama, tidak ada yang lebih buruk atau tidak ada budaya yang kedudukannya paling tinggi, semuanya sepadan.

Bidang Pertahanan dan Keamanan

Wawasan nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan memiliki maksud agar masyarakat tahu pentingnya menjaga keutuhan Bangsa Indonesia dari ancaman dari luar negeri atau dalam negeri. Ancaman tak hanya berbentuk fisik seperti adanya perang, melainkan ancaman yang bisa menggerus nilai-nilai ideologi dan budaya Indonesia.

Contoh wawasan nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki sikap tidak mudah terpancing emosi dalam menghadapi suatu masalah. Meskipun hanya bentuk pertikaian kecil namun akan memberikan dampak yang besar dikemudian hari. Misalnya pertikaian di sosial media di kolom komentar tentang berita politik, jika dilanjutkan terus menerus akan menyebar kemana-mana dan mempengaruhi masyarakat lainnya untuk ikut dalam pertikaian. Hal tersebut akan mengacaukan stabilitas politik di Indonesia dan bia mengancam keamanan negara.
  • Membiasakan untuk berpikir panjang dan kritis terhadap hal-hal yang sensitif seperti hal-hal yang berbau agama, politik, dan budaya.
  • Membentengi diri dari hal-hal yang negatif baik pengaruh dari luar maupun dari dalam seperti budaya negatif dari barat.

Seperti itulah contoh-contoh wawasan nusantara dalam berbagai bidang kehidupan. Pengambilan contoh tersebut didasarkan pada hal-hal kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat luas. Dengan hal-hal kecil akan berpengaruh pada hal-hal yang besar jika dilakukan dengan konsisten.

Wawasan Nusantara adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Idonesia. Dengan adanya pengetahuan tentang keseluruhan wilayah Indonesia beserta dengan keberagaman budayanya, diharapkan masyarakat Indonesia dapat merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan di Indonesia dalam berbagai lingkup.

Hakikat wawasan nusantara sebenarnya bukan sekedar pengetahuan yang harus diketahui oleh masyarak, melainkan juga tentang bagaiman masyarakat bersikap terhadap keberagaman yang ada di Indonesia dalam berbagai bidang.

Semoga setelah membaca artikel terkait dengan contoh wawasan nusantara dalam trigatra dan geografis di kehidupan, tak hanya manfaat akademik yang didapatkan melainkan juga tentag perubahan sikap para pembaca untuk tetap mencintai Indonesia beserta dengan segala budayanya meskipun berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *