Pengertian Kesenjangan Sosial, Bentuk, dan Contohnya

Diposting pada

Kesenjangan Sosial Adalah

Kesenjangan sosial merupakan isu utama dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. Hal ini terkait dengan berkembangnya masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Kesenjangan sosial sendiri erat kaitannya dengan ketidak adilan. Dalam kehidupan negara, kesenjangan dikonotasikan telah melanggar nilai dalam makna demokrasi bangsa.

Kesenjangan dalam masyarakat terjadi dimana hubungan antara yang satu dengan yang lainnya dipengaruhi oleh status sosial, kedudukan serta struktur sosial yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk mempelajarinya lebih dalam, pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian, bentuk serta contoh kesenjangan sosial. 

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial mengacu pada proses relasional di dalam masyarakat yang membahayakan status sosial, kelas sosial dan lingkaran sosial kelompok. Kesenjangan sosial muncul di antara kelompok etnis, agama, kelas dan negara yang membuat kesenjangan sosial menjadi fenomena global.

Kesenjangan sosial berbeda dengan kesenjangan ekonomi. Kesenjangan sosial mengacu pada perbedaan distribusi asset ekonomi dan pendapatan serta kemewahan dari setiap orang di dalam masyarakat. Kesenjangan ekonomi disebabkan oleh akumulasi kekayaan yang tidak merata.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial diartikan sebagai ketidaksamaan dalam memanfaatkan atau mendapatkan sumber daya yang ada, baik berbentuk kebutuhan sekunder (hak asasi, saluran politik, karir, dan sebagaunya) maupun kebutuhan primer (kesehatan, sandang, pangan, perumahan, pendidikan).

Kesenjangan sosial sendiri memiliki beberapa dimensi penting yaitu penghasilan dan kekayaan. Penghasilan merupakan hasil dari pekerjaan atau investasi. Kekayaan adalah total nilai uang serta asset lain yang dikurangi utang. Dimensi penting lainnya adalah kekuasaan, prestise pekerjaan, sekolah, ras dan etnis.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Definisi kesenjangan sosial yang diungkapkan oleh para tokoh antara lain adalah sebagai berikut:

Soerjono Soekanto

Definisi kesenjangan sosial adalah kondisi ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang mengakibatkan perbedaan mencolok. Apabila didasarkan pada fakta yang terjadi, perbedaan terlihat kentara karena adanya dominasi dari pihak yang lebih tinggi kedudukannya.

William Ogburn

Kesenjangan sosial merupakan perubahan sosial yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain sebagai perannya dalam mendefinisikan kondisi nyata kehidupan masyarakat yang berbeda.

Max Weber

Kesenjangan sosial merupakan hasil dari perbedaan kepentingan tiap-tiap individu dan diekspresikan melalui sistem perilaku serta tindakan. Pendapat max weber dipengaruhi arti ideologi liberal di mana kepentingan individu lebih diutamakan daripada kepentingan yang menyangkut tentang beragam unsur negara.

Emil Durkheim

Kesenjangan sosial merupakan perrbedaan fungsi serta struktur sosial yang tidak dapat dihindari. Struktur sosial yang tidak saling bekerja sama, menimbulkan ketimpangan sosial yang fungsi masing-masing komponen masyarakat.

Karl Marx

Kesenjangan sosial merupakan perbedaan kelas sosial yang didasarkan atas alat produksi. Pendapat ini didasarkan atas adanya kaum buruh dan pemilik modal yang menguasai alat-alat produksi.

Robert Chambers

Kesenjangan sosial yakni gejala sosial yang muncul dalam masyarakat. Penyebabnya perbedaan batas kemampuan finansial atau sebagainya antara masyarakat dalam wilayah tertentu. Batas kemampuan finansial meliputi penghasilan yang dibandingkan dengan pengeluaran sesuai dengan standar kebutuhan.

Apabila disimpulkan, kesenjangan sosial merupakan adanya peluang serta penghargaan yang tidak setara atas posisi maupun status sosial dalam kelompok masyarakat. Penghargaan yang berbeda bisa dinilai oleh masyarakat luas maupun orang yang berada dalam status sosial tertentu.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Pada dasarnya kesenjangan sosial disebabkan karena adanya masalah sosial. Tidak ada penyesuaian antara ukuran dan makna nilai sosial dengan kenyataan serta tindakan sosial. Berikut klasifikasi masalah sosial yang dapat menyebabkan kesenjangan sosial:

  1. Faktor ekonomi

Faktor ekonomi berupa kemiskinan, kejahatan, pengangguran dan sebagainya. Artinya keadaan dimana terjadi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar misalnya makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Penyebab kesenjangan sosial yang utama adalah kemiskinan karena kurangnya lapangan pekerjaan, tidak memiliki motivasi kerja, keterampilan yang minim dan sekolah hanya untuk mencari pekerjaan.

  1. Faktor kesehatan

Faktor kesehatan meliputi kesehatan fisik serta jenis penyakit yang diderita. Perbedaan kesempatan dalam mendapatkan akses kesehatan yang mempengaruhi perbedaan harapan hidup masyarakat.

  1. Faktor psikologis

Faktor psikologis berupa kondisi mental serta kematangan berpikir dalam menentukan tindakan. Faktor ini mempengaruhi pola perilaku masyarakat dalam melangsungkangkan kehidupan di lingkungan tempat tinggalnya.

  1. Faktor kebudayaan

Faktor kebudayaan berupa permasalahan remaja, disorganisasi keluarga, perang, pelanggaran terhadap arti norma, masalah kependudukan, lingkungan hidup, birokrasi, adat istiadat dan sebagainya.

Bentuk Kesenjangan Sosial

Berdasarkan lingkup terjadinya, Mubyarto membedakan kesenjangan sosial menjadi tiga yaitu:

  1. Kesenjangan antar sektor

Kesenjangan antar sektor merupakan kesenjangan antar bidang-bidang kehidupan yang saling tumpeng tindih bahkan terkadang salah satu bidang yang kuat merugikan bidang yang lemah.

  1. Kesenjangan antar daerah

Kesenjangan antar daerah merupakan kesenjangan yang terjadi antar daerah satu dengan daerah lainnya karena perbedaan geografis. Jangkauan antara daerah yang satu dengan yang lainnya berbeda, sehingga daerah yang jangkauannya sulit merasa dikesampingkan.

  1. Kesenjangan antar golongan

Perbedaan prinsip antar golongan yang membuat gap atau sekat-sekat di antara golongan yang berbeda maupun golongan dengan jenis yang sama dalam kelompok yang berbeda. Golongan yang dimaksud termasuk di dalamnya pekerjaan, jabatan, dan kelompok lainnya.

Berdasarkan jenisnya, ada lima jenis kesenjangan sosial yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Kesenjangan Politik

Terjadinya ketidaksetaraan di mana tidak ada persamaan kewarganegaraan di depan hukum. Kekuasaan menyebabkan masyarakat yang tidak mempunyai kuasa selalu kalah apabila dihadapkan dengan hukum.

  1. Kesenjangan Penghasilan dan Kekayaan

Kesenjangan penghasilan dan kekayaan adalah hasil khusunya terkait dengan pendapatan individu. Kesenjangan inilah yang paling mencolok dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena adanya kesenjangan ini, muncullah sistem status sosial.

  1. Kesenjanganan Kualitas Hidup

Kesenjangan kualitas hidup mengacu pada ketidaksetaraan kesempatan yang disediakan dalam meningkatkan kualitas hidup. Kesenjangan ini meliputi kemampuan dalam pemenuhan kebutuhan baik pokok, sekunder, maupun tersier.

  1. Kesenjangan Kewajiban dan Tanggung Jawab

Kesenjangan ini jarang sekali dikaji, tetapi sering menimbulkan masalah baik terkait definisi kewajiban dalam keluarga, masyarakat, bangsa maupun lingkup negara. Kewajiban dengan tanggung jawab besar menjadikan orang dengan kewajiban kecil kehilangan kepercayaan diri. Sebaliknya juga membuat orang dengan kewajiban besar merasa tertekan karena kebih banyak tanggung jawabnya.

  1. Kesenjangan Keanggotaan /Golongan

Kesenjangan ini berupa kesenjangan pada golongan keperyaaan atau agama, keluarga dan bangsa. Terdapat golongan yang mendominasi di antara golongan-golongan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Contoh Kesenjangan Sosial

Contoh kesenjangan sosial yang sering kita jumpai dalam masyarakat antara lain sebagai berikut:

Kesenjangan Politik

Kader politik yang mempunyai cukup uang memiliki peluang dalam mendapatkan banyak kursi. Setiap kandidat yang diusung oleh partai politik dapat dengan mudah menukar suara pemilih dengan sejumlah uang atau materi untuk memenangkan pemilihan.

Sebaliknya calon terpilih yang mempunyai sedikit uang sangat sulit untuk mendapatkan suara. Hal ini dikarenakan calon oposisi juga menguasai berbagai media baik, media cetak, media sosial maupun media massa lain yang dalam penyiarannya membutuhkan modal banyak.

Kesenjangan Penghasilan dan Kekayaan

Penghasilan masyarakat yang berprofesi sebagai tukang batu berbeda dengan masyarakat yang berprofesi sebagai pejabat. Perbedaan penghasilan dari kedua profesi tersebut membuat mereka memiliki perbedaaan dari barang yang dimiliki.

Tukang batu memiliki rumah sederhana, sementara pejabat memiliki rumah yang mewah. Perbedaan tersebut menentukan lingkungan pergaulan dari keduanya yang terkadang terdapat sekat.

Kesenjangan Kualitas Hidup

Layanan kesehatan yang didapatkan oleh masing-masing individu berbeda satu sama lain. Sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan, mereka mendapatkan fasilitas yang berbeda. Misalnya orang dengan penghasilan tinggi bisa mendapatkan fasilitas pengobatan yang baik serta bisa rutin cek kesehatan setiap bulannya.

Namun, orang dengan pengahsilan yang minim, kurang mendapatkan fasilitas pengobatan yang memadai meskipun telah dijamin oleh sistem pemerintahan. Mereka tidak terbiasa mengecek kesehatan rutin tiap bulan.

Kesenjangan Kewajiban dan Tanggung Jawab

Beragam jenis pajak yang adil harus dipungut. Bantuan harus diberikan kepada kelompok berpenghasilan rendah. Semakin besar kekayaan yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pajak yang harus ditanggung. Semakin kecil kekayaan yang dipunya semakin kecil pajak yang harus dibayarkan. Bahkan, pajak digunakan untuk mensubsidi mereka.

Kesenjangan Anggota/Golongan

Misalnya adalah kesenjangan antara bidang industri dan bidang pertanian yang merupakan kesenjangan antara golongan masyarakat petani dengan pemilik modal.

Ketika sektor industri diperluas, maka yang akan terjadi sektor pertanian otomatis dipersempit, khususnya adalah lahannya. Kesenjangan antar sektor merupakan permasalahan yang sudah lama menjadi bahan kajian dunia yang dapat mengurangi mata pencaharian petani.

Itulah tadi materi penjelasan secara lengkapnya terkait dengan pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli, bentuk, dan contohnya di masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • http://www.studylecturenotes.com/basics-of-sociology/social-inequality-definition-types-and-examples
  • https://www.sciencedaily.com/terms/social_inequality.htm
  • http://eprints.undip.ac.id/26542/Full_Text..1(R).pdf
  • http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/download/409/308

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *