Ancaman dari Luar Negeri dan Dalam Negeri

Diposting pada

Jenis Ancaman dari Luar Negeri dan Dalam Negri

Kondisi dan situasi di Indonesia ini selalu berubah–ubah. Setiap bentuk negara di dunia juga menghadapi kondisi ancaman yang berbeda satu sama lain baik dari jenis, benyuk, dan lainnya. Oleh karena itu ancaman perlu dilakukan dengan cara ketahanan nasional di negara itu agar negara dapat dihindarkan dari berbagai bentuk-bentuk ancaman yang ada.

Ancaman

Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya mampu berpartisipasi dan ikut serta dalam upaya bela negara. Upaya bela negara merupakan upaya untuk mewaspadai serta mengatasi adanya berbagai macam bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari pihak luar terhadap NKRI.

Negara berhak mendapat perlindungan dari warga nya, agar keutuhan negara tetap terjaga dan aman. Ancaman yang akan menyerang negara berasal dari berbagai macam. Ada yang merupakan ancaman dari luar negeri dan juga ancaman dari dalam negeri.

Ancaman dari Luar Negri dan Dalam Negeri

Pengertian ancaman merupakan setiap kegiatan atau usaha baik yang dilakukan di dalam negeri serta luar negeri dan dinilai dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan bangsa tersebut.  Ancaman merupakan bagian dari sebuah resiko. Dan resiko merupakan buah pikir dari sebuah ancaman.

Ancaman menurt Threats yaitu sebuah situasi penting yang mana tidak dapat memberi keuntungan dalam lingkungan yang ada di perusahaan. Ancaman juga merupakan pengganggu untuk posisi sekarang yang tidak diinginkan perusahaan. Adanya peraturan pemerintah yang baru atau telah direvisi bisa menjadi ancaman bagi perusahaan pula.

Jenis Ancaman

Ancaman ini pada hakekatnya terbagi menjadi 2 jenis, antara lain sebagai berikut;

Ancaman militer

Ancaman militer adalah suatu ancaman yang besar dan sangat berbahaya karena ancaman ini biasanya menggunakan senjata-senjata yang sudah terorganisir dan canggih yang mana akan membahayakan kedaulatan negara. Ancaman ini bisa dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ancaman Non Militer

Ancaman non militer merupakan sebuah ancaman yang dilakukan terhadap negara yang bersifat tradisional. Ancaman ini tentunya mirip dengan ancaman militer. Namun juga terdapat perbedaan yang membedakan dengan ancaman militer.

Perbedaan yang membedakannya adalah bahwa ancaman non militer tidak bersifat fisik dan juga tidak terlihat karena ancaman ini berhubungan dengan pengertian ideologi, ekonomi, sosial budaya serta teknologi.

Ancaman dari dalam Negeri

Adapun untuk contoh-contoh dalam bentuk ancaman dalam negeri ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Masalah KKN

Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terjadi masalah kasus KKN.  Beberapa tahun ini banyak sekali pejabat yang menyelahgunakan kekuasaan mereka dan jabatan mereka untuk mendapat uang negara yang lebih untuk kepentingan pribadi.

Padahal uang yang digunakan adalah uang milik negara yang mana harusnya digunakan untuk kepentingan negara itu sendiri. KKN sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, KKN bisa menjadi ancaman bagi negara Indonesia yang berasal dari dalam negeri.

KKN seperti pengertian korupsi ini juga bisa mengancam bagaimana pembangunan negara. Sehingga memberikan pengaruh buruk bagi bangsa iitu sendiri.

Penggulingan pemerintah

Ancaman negara Indonesia yang selanjutnya adalah kasus penggulingan dalam sistem pemerintah. Kasus percobaan penggulingan pemerintah di Indonesia ini bisa menimbulkan kerusuhan dan tidak stabilnya negara Indonesia. Oleh karena itu kasus ini sangat memberikan pengaruh besar pada ancaman negara Indonesia.

Kasus narkoba

Narkoba merupakan salah satu kasus yang dapat mengancam negara indonesia itu sendiri, yang mana berasal dari dalam negeri.. narkoba tidak hanya dilakukan oleh kalangan dewasa, tapi sudah merajalela pada usia remaja bahkan banyak yang menyalahgunakan narkoba untuk makanan ringan anak-anak. Narkoba sangat membahayakan tubuh manusia. Dan tentunya bisa merusak masa depan pemakai. Sehingga penggunaan narkoba ini harus dihindari.

Kesenjangan ekonomi masyarakat

Tak hanya kasus narkoba dan KKN, kasus kesenjangan ekonomi pada masyarakat juga menjadi ancaman dari dalam negeri. Kesenjangan ekonomi ini terjadi karena pemerataan pendapatan yang tidak merata di seluruh daerah.

SARA

Indonesia memiliki berbagai macam jenis budaya, agama, ras, suku dan bangsa. Sehingga rentan terjadi sifat saling membeda-bedakan jika tidak diberi pengetahuan mengenai pentingnya sikap menghargai dan toleransi. Akan tetapi, kasus SARA ini masih sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga bisa menjadi ancaman yang berasal dari dalam negeri pada negara itu sendiri.

Masih terdapat beberapa suku atau ras yang memiliki sikap etnosentrisme, yaitu merasa bahwa suku nya adalah suku yang paling baik daripada suku lain. Kauss ini terjadi akibat kurang pahamnya mengenai keanekaragaman yang ada di Indonesia yang seharusnya memiliki sikap toleransi yang tinggi dan saling menghargai perbedaan.

Karena perbedaan itulah merupakan kekayaan negara Indonesia. Seperti semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yaitu memiliki makna “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Pemberontakan

Ancaman dalam negeri selanjutnya adalah berasal dari kasus pemberontakan. Kasus pemberontakan ini terjadi karena beberapa sebab. Kasus pemberontakan ini bisa mengancam kesatuan persatuan negara Indonesia itu sendiri, contohnya saja seperti kasus yang ada di Papua dan Aceh dengan gerakan untuk memerdekakan diri dari NKRI.

Ancaman dari Luar Negeri

Adapun untuk contoh ancaman dari luar negri, antara lain adalah sebagai berikut;

Ancaman pertahanan

Ancaman dari luar negeri yang dapat membahayakan negara adalah ancaman dari bidang pertahanan dan keamanan. Ancaman itu antara lain seperti pelanggaran wilayah dari transportasi laut yaitu kapal, selain itu ada pula pelanggaran wilayah oleh pesawat militer dari negara lain, terorisme, kejahatan yang bersifat internasional, dan lainnya.

Permasalahan seperti ini tidak bisa dianggap sepele, karena masalah ini bisa mempengaruhi keamanan dan pertahanan negara. Untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan, dapat diatasi dengan meningkatkan pertahanan militer negara dan peran masyarakat menjaga keutuhan negara.

Ancaman Sosial Budaya

Ancaman bisa berasal dari mana saja. Ancaman dari luar negeri yang dapat mempengaruhi negara adalah salah satunya ancaman sosial budaya. Yang mana ancaman sosial budaya ini antara lain propaganda, peredaran narkoba, film porno, disinformasi yang merupakan asalnya dari luar negeri.

Ancaman sosial budaya ini bisa mengancurkan moral bangsa dan merupakan bahaya untuk generasi muda. Ancaman ini sangat memberikan pengaruh besar terhadap perubahan moral dan perubahan perilaku. Sehingga pengaruh tersebut dapat menyebabkan adanya hambatan dalam perkembangan bangsa Indonesia.

Perebutan Kebudayaan

Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan. Sehingga indonesia menjadi kaya akan budaya. Budaya yang ada di Indonesia memiliki beranekaragam sifat dan keunikan sendiri. Kebudayaan di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan oleh warganya sendiri.

Jika kebudayaan tersebut tidak dijaga dan dilestarikan maka bisa saja negara lain akan mengambil alih kebudayaan tersebut menjadi miliknya. Oleh karena itu perlunya pembelajaran mengenai kebudayaan daerah setempat sejak dini.

Agar masyarakat dapat mengenali kebudayaan sendiri sejak dini. Dan bisa untuk dipelajarinya sembari melestarikannya. Boleh saja kita mempelajari kebudayaan asing, namun jangan sampai berlebihan sehingga lupa dengan kebudayaan sendiri.

Ancaman pada bidang politik

Ancaman selanjutnya adalah ancaman pada bidang politik. Ancaman ini biasanya terbentuk ketika ada negara lain yang ikut campur dengan urusan bangsa indonesia. Di Indonesia mengutamakan kepentingan setiap warga dan menghargai satu sama lain juga di Indonesia menggunakan sistem demokrasi.

Biasanya negara lain akan memberikan pengaruh negatif yang bisa saja membuat Indonesia menjadi terpecah belah. Biasanya maksud dari ikut campur ini adalah untuk dapat saling bekerja sama, sehingga dari negara luar memberikan pengaruh.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai jenis ancaman dari luar negeri dan dalam negeri beserta contohnya. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang mencarinya, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *