Pengertian Kerjasama, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Kerjasama Adalah

Kerja sama merupakan istilah yang sering kita jumpai. Sebagai makhluk sosial tidak mungkin kita tidak mengetahui apa yang dinamakan kerja sama. Seseorang yang merasa dirinya bisa hidup mandiri atau tidak memerlukan bantuan orang lain, tidak bisa menyangkal bahwa mereka pun juga pernah melakukan kerja sama.

Mulai dari kecil bentuk kerja sama tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sudah tercantum di berbagai kitab suci, dasar negara, maupun norma yang tidak tertulis mengenai tujuan dari kerja sama. Terdapat beberapa kasus yang harus diselesaikan dengan kerja sama, apabila tidak dilakukan maka akan menimbulkan konflik berkepanjangan.

Kerjasama

Kelangsungan hidup manusia baik di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat dicapai dengan kerja sama. Apabila masyarakat tidak menganggap bangsa, ras, kelas atau keluarga mereka lebih unggul daripada yang lain, maka kerja sama akan tercapai.

Prinsip kerja sama bukan didasarkan dari sikap merendahkan atau melindungi orang lain. Kerja sama didasarkan dari pengakuan mengenai bekerja dengan orang lain untuk kebaikan bersama, bermanfaat bagi sesama, maupun diri kita sendiri. Dalam kehidupan bernegara, kerja sama didasarkan atas kepentingan pribadi dan nasional.

Pengertian Kerjasama

Kerjasama adalah karakteristik manusia yang didasarkan pada arti nilai dari setiap individu. Peleburan karakteristik masyarakat yang saling membantu dalam mencapai tujuan secara bersama-sama mempermudah penyelesaian pekerjaan.

Untuk mempermudah dalam memahami pengertian kerja sama, kita perlu mengetahui prinsip kerja sama sebagai berikut:

  1. Terdapat pembagian kerja sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing
  2. Terdapat pembagian wewenang dan tanggung jawab dari setiap orang yang terlibat dalam kerja sama.
  3. Ada satu komando dan pengarahan sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri
  4. Terdapat tanggung jawab dan dispilin dari setiap orang dalam menyelesaikan pekerjaan
  5. Terdapat semangat persatuan, tidak membedakan suku, agama, ras, dan golongan dalam bekerja sama.

Berdasarkan prinsip kerja sama dapat disimpulkan bahwa kerja sama adalah proses bekerja yang dilakukan secara bersama oleh masyarakat yang berbeda karakteristik. Proses tersebut dilaksanakan melalui pembagian wewenang sehingga setiap orang memiliki rasa tanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat para pakar, kerjasama diartikan sebagai berikut;

Lewis Thomas dan Elaine B. Jhonson

Definisi kerjasama merupakan proses beregu atau berkelompok di mana anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu hasil mufakat.

Roucek dan Warren

Pengertian kerjasama adalah serangkaian bentuk bersama-sama mencapai tujuan bersama dan proses sosial paling dasar yang melibatkan pembagian tugas. Setiap orang mengerjakan yang merupakan tanggung jawabnya untuk tujuan bersama.

Soerjono Soekanto

Makna kerjasama merupakan suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

Abdulsyani

Kerjasama adalah suatu bentuk proses sosial yang didalamnya terdapat aktivitas yang ditunjukkan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan memahami satu sama lain.

Macam Kerjasama

Jenis-jenis kerjasama yang ada di dalam kehidupan masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Kerjasama Antar Beragama

Pasal 29 ayat 1 dan 2 menyatakan tentang kebebasan memeluk agama dan kepercayaan masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa agama tidak dapat dipaksakan oleh dan kepada seseorang. Indonesia merupakan negara di mana rakyatnya mempunyai beranekaragam kepercayaan.

Perlu membina hidup rukun dan kerja sama di antara sesame umat beragama. Kerja sama yang terjalin akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila, kerjasama antar umat beragama didasari oleh:

  1. Toleransi antar umat beragama
  2. Menghormati orang lain yang beribadah
  3. Tolong Menolong tanpa membedakan agama.
  4. Tidak memaksakan agama pada orang lain
  5. Kerjasama dalam keidupan Sosial Politik

Landasan kerjasama dalam kehidupan sosial politik adalah Pancasila sila keempat yaitu “ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Bangsa Indonesia harus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan.

Pada kehidupan sosial, kerja sama yang paling menonjol dalam masyarakat dapat kita saksikan pada gotong royong. Hampir semua kegiatan di masyarakat khususnya desa, dilakukan dengan gotong royong.

Pada kehidupan politik, partisipasi masyarakat bukan hanya dalam pemberian suara. Terdapat masyarakat yang bergotong royong mendidrikan tempat pemungutan suara maupun mengamankan jalannya pemilu.

Kerjasama dalam kehidupan ekonomi

Bedasarkan pasal 33 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perekonomian disusun sebagai usaha bersama yang didasarkan atas asas kekeluargaan. Artinya, dalam kegiatan perekonomian harus digunakan prinsip kerja sama dan saling membantu untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

Timbulnya kerjasama menurut Charles H. Cooley karena orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan yang sama dan pada saat bersamaan mereka mempunyai pengetahuan dan pengendalian diri yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Secara otomatis perlu adanya kerja sama antara seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan Indonesia sejahtera.

Sebagai wujud kerja sama atau gotong royong dalam perekonomian Indonesia, maka terdapat koperasi yang menggunakan asas kekeluargaan. Namun, pada zaman sekarang koperasi kurang diminati.

Kerjasama dalam bidang Pertahanan dan Keamanan

Berdasarkan pasal 30 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Sebagai usahaa pertahanan dan keamanan negara, maka diadakanlah usaha bela negara. Hal ini tercantum dalam pasal 27 ayat 3 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara.

Tujuan dari upaya bela negara dalam upaya pertahanan dan keamanan adalah menjaga keselamatan bangsa dari berbagai arti ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia menggunakan konsep kerja sama, yaitu pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Dibutuhkan kerja sama antara TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai komponen pendukung. Apabila salah satu komponen tidak bekerja atau komponen tersebut bekerja sendiri-sendiri, maka bisa dipastikan masih terancamnya pertahanan negara.

Manfaat Kerjasama

Manfaat dari kerja sama antara lain:

Mengembangkan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah

Permasalahan yang diselesaikan secara bersama akan membentuk kelompok diskusi yang mana satu persatu dari anggota kelompok mengemukakan gagasan pemecahan dan memaksa anggota lain untuk memikirkan gagasan tersebut.

Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Berbeda dengan bekerja sendiri, melalui kerja sama melibatkan lebih dari satu orang yang berinteraksi satu sama lainnya melalui proses sosialisasi.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Melalui kerja sama, setiap orang bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan. Setiap orang dalam satu kelompok akan saling mendukung dan menguatkan satu sama lainnya agar pekerjaan menjadi lebih mudah.

Memahami dan menghargai satu sama lain

Ini adalah manfaat utama dari adanya kerja sama. Biasanya kerja sama dilakukan dari beragam karakteristik masyarakat yang memiliki satu visi misi. Kerja sama memberikan pelajaran bagi kita bahwa perbedaan pendapat akan membuat masalah mempunyai solusi yang beragam. Kita dituntut untuk saling menghargai dalam proses kerja sama.

Dalam pekerjaan, kerja sama dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya

Meskipun pekerjaan bisa dikerjakan secara individu, namun pekerjaan yang dilakukan bersama akan menjadi ringan, cepat terselesaikan, dan tidak banyak membuang biaya.

Kerja sama menjadi sangat penting dalam kehidupan bernegara karena dapat memperkuat dan memperkokoh persatuan serta kesatuan bangsa. Berbagai ancaman yang mengganggu kelangsungan hidup suatu negara dapat diselesaikan dengan kerja sama antar berbagai komponen masyarakat. Selain itu, kerja sama dari masyarakat yang beragam suku, budaya, ras membuat konflik semakin mereda.

Contoh Kerjasama

Kerja sama di berbagai lingkungan kehidupan dapat dicontohkan sebagai berikut:

Lingkungan Keluarga

Adapun untuk beragam bentuk kerjasama yang ada di lingkungan keluarga, misalnya saja seperti pada kasus-kasus berikut;

  1. Anak-anak baik adik dan kakak bertugas mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah bersama-sama agar lebih mudah.
  2. Ayah membantu ibu dalam mengurus rumah tangga dan mendidik anak. Sebaliknya ibu membantu ayah dalam mengarahkan anak-anaknya menjadi lebih baik.

Lingkungan Sekolah

Untuk di lingkungan sekolah, kerjasama antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Mengadakan kegiatan amal untuk membantu teman yang kesusahan dalam hal ekonomi.
  2. Piket kelas yang dilakukan bersama dan pembagian tugas secara adil akan memudahkan pekerjaan.
  3. Memecahkan soal dan materi sulit bersama-sama tanpa membedakan kemampuan akademik.

Lingkungan Masyarakat

Sedangkan dalam contoh lingkungan masyarakat, kerjasama yang terjadi antara lain sebagai berikut;

  1. Tolong menolong antar warga masyarakat seperti gotong royong membuat rumah, membersihkan selokan, membantu persiapan hajatan, dan menolong tetangga yang kesulitan ekonomi bersama-sama.
  2. Adanya perkumpulan organisasi pemuda dan rapat RT/RW dalam membahas permasalahan desa.
  3. Menentukan kebijakan desa bersama agar lebih mudah diterima oleh semua komponen masyarakat.
  4. Lingkungan berbangsa dan bernegara
  5. Masyarakat membantu polisi melaporkan tindakan kriminal di lingkungan tempat tinggal.
  6. Masyarakat secara bersama-sama membantu menyelenggarakan tenpat pemilihan umum.
  7. Masyarakat mengusulkan dan mengkritik kebijakan pemerintah. Sementara itu pemerintah membuka peluang dan mau menerima kritik serta usul dari masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang berhubungan dengan kerjasama internasional ataupun secara negara.

Demikianlah serangkaian artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian kerjasama menurut para ahli, macam, manfaat, dan contohnya yang ada di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat. Semoga bisa bermanfaat, trimakasih.

Sumber Tulisan
  1. http://repository.unpas.ac.id/12882/7/BAB%20II.1.pdf
  2. http://repository.uin-suska.ac.id/4939/3/BAB%20II.pdf
  3. http://eprints.uny.ac.id/18186/4/BAB%20II%2009.12.017%20Eti%20i.pdf
  4. http://www.yourarticlelibrary.com/sociology/social-interaction/co-operation-in-social-life-elements-types-and-importance-of-co-operation/31274
  5. https://www.lucistrust.org/world_goodwill/world_goodwill_literature_on_line__2/techniques_of_goodwill__1/cooperation_the_active_expression_unity_and_the_principle_sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *