Pengertian RW (Rukun Warga), Tugas, Struktur, dan Contohnya

Diposting pada

RW (Rukun Warga) Adalah

Rukun warga atau yang lebih dikenal dengan RW merupakan salah satu contoh organisasi di lingkungan masyarakat. Hampir setiap daerah memiliki badan ini, yang tujuannya secara tidak langsung ialah mengakomodir segala keperluan di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh seba itulah pada artikel ini akan mengulas tentang pengertian RW (Rukun Warga), tugas, struktur, dan contohnya.

RW (Rukun Warga)

Rukun Warga dalam sistem pemerintahan Indonesia yang bersifat sebagai sistem pemerintahan presidensial merupakan bagian pembagian di bawah keluarahan/desa/pekon. Dalam setiap penentuan RW dilakukan secara musyawarah mufakat yang antar masyarakat, bisa juga dilakukan dalam pengertian demokrasi, utamanya untuk pemilihan demokratis dilakukan pada wilayah Indonesia yang berada di perkotaan.

Pengertian Rukun Warga (RW)

Pengertian RW adalah pembagian wilayah kerja yang berada tepat dibawah Kelurahan yang secara legalisasinya subtoral pekerjaan ini diakui pemerintah dan dibina oleh Pemerintah Derah yang kemudian ditetapkan oleh aparatur pemerintah desa, dengan ketuanya adalah kepada desa. Baca jugaPengertian RT (Rukun Tetangga), Tugas, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Pengertian Rukun Warga (RW) Menurut Para Ahli

Adapun definisi Rukun Warga (RW) menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Suparlan

Rukun Warga (RW) adalah organisasi pemerintahan tingkat desa yang ada di lingkungan masyarakat, dengan fungsi utamanya untuk memberikan perintah secara struktural dari kepala desa ke RT (Rukun Tetantangga) yang kemudian printah tersebut dikabarkan kepada masyarakat.

Wikipedia

Definisi Rukun Warga (RW) adalah Lembaga Masyarakat yang legalisasinya diakui serta dibina oleh pemerintah daerah dan menjadi tugas pemerintah pusat untuk melestarikan macam macam norma dalam menjalakan keteraman hidup masyarakat.

Tugas RW (Rukun Warga)

Berikut ini merupakan beberapa tugas yang menjadi tujuan utama daripada Rukun Warga, antara lain;

Menjadi Pelayan Masyarakat

Tugas utama yang diberikan kepada RW adalah menjalankan dalam setiap sisi pelayanan kepada masyarakat, hal ini sesuai dengan daerah dimana ketua RW tinggal, sehingga dalam koredornya segala bentuk tanggungjawab atas Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinannya.

Memelihara Hidup Rukun

Tugas selanjutnya yang menjadi peranan bagi RW adalah memilihara kehidupan yang rukun, dalam hal ini setiap warga dalam pemerintahannya dianjurkan untuk saling toleransi, mentaati norma hukum, serta menjaga integrasi nasional secara menyeluruh.

Menyusun Rencana Pembangunan di Wilayahnya

Peranan yang diberikan kepada RW selanjutnya ialah menyusun dalam setiap rencana serta mengimplementasikan pelaksanakan pembangunan dengan menampung aspirasi masyarakat yang bersifat  swadaya, keadilan, murni (pure).

Struktur RW (Rukun Warga)

Struktur utama yang ada dalam tingkatan pemerintahan RW (Rukun Warga), yang paling penting adalah sebagai berikut;

  1. Ketua RW (Rukun Warga)
  2. Seketaris RW (Rukun Warga)
  3. Bendahara RW (Rukun Warga)
  4. Seksi-Seksi yang menjadi kebutuhan dari RW (Rukun Warga). Dalam hal ini misalnya saja Seksi Rohani, Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, dan lain sebagainya.

Contoh RW (Rukun Warga)

Adapun untuk contoh dalam peranan RW (Rukun Warga), antara lain sebagai berikut;

Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri menjadi salah satu desa yang memperdayaan masyarakat dengan kampuan Bahasa Inggrisnya. Dalam koredornya setiap RW (Rukun Warga) yang ada di Desa tersebut memberikan mandate kepada setiap lembaga kursus untuk meminta KTP sebagai landasan dasar dalam menjaga ketidaknyamanan pada pendatang.

Maka dalam hal inilah, peranan RW (Rukun Warga) yang kemudian diberikan kepada RT dan berlanjut kepada masyarakat yang mempunyai lembaga kursus atau camp mengakomodir para pendatang untuk menyerakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku di wilayah NKRI. Baca jugaPengertian Kewarganegaraan, Asas dan Contohnya

Nah, demikianlah tadi merupakan bahasan lengkap mengenai pengertian RW (Rukun Warga) menurut para ahli, tugas, struktur, dan contoh fungsinya. Semoga saja melalui bahasan ini memberikan referensi kepada segenap pembaca seklaian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *