Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia akan senantiasa memberikan sejumlah pandangan hidup yang menguraikan tentang keteraturan dan pola prilaku setiap masyarakat yang ada di wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Makna dan fungsi ini begitu penting dipahami setiap masyarakat, alasannya dengan adanya pola prilaku yang sesuai setiap orang akan menjadi contoh pengamalannya di dalam keseharian bagi orang lain. Pancasila adalah ideologi dan pandangan hidup bangsa indonesia.

Pancasila

Pancasila adalah idelogi masayarakat Indonesia yang digambarkan dengan ilustrasi Burung Garuda dengan legalitas hukum yang mutlak harus diataai keberadaannya. Pancasila adalah dasar negara dari negara republik indonesia yang tercantum dalam pembukaan uud 1945. Pedoman hidup dalam Pancasila senantiasanya menjadi arti penting bagi setiap warga negara. Selengkapnya, baca; Dasar Hukum Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa Indonesia.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa memberikan panduan yang lengkap berupa pedoman dalam berbagai kegiatan dan aktivitas masyarakat dalam menguraikan tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Arti ini mengindentifikasikan bahwa sejatinya garis besarnya ialah pada pdoman berupa penerapan nilai dan norma dalam kehidupan masayarakat. arti norma adalah aturan dan nilai adalah sesuatu yang melekat pada barang tersebut.

Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah ilutrasi atas implementasi kehidupan yang didasarkan pada 5 sila dalam Pancasila yang kesemuanya menjadi pedoman, nilai, serta penerapan atas kegiatan yang dilakukan maka dari itu keterkaitan nilai sila pancasila pertama hingga ke lima itu saling berkaitan dan dijadikan sebagai pandangan hidup.

Atas dasar itulah setiap kegiatan yang di jalankan masyarakat secara umum ataupun khusus haruslah menginduk pada pedoman ini, lantaran tanpa adanya niatan mewujudkan akan mustahil setiap masyarakat bisa hidup rukun penuh dengan kedamaian.

Bahkan sejarah Pancasila menyebutkan bahwa kelahiran nilai-nilai penting dalam aturan ini di dasarkan pada komitmen pendahulu bangsa yang merangkup sebuah aturan khusus masyarakat untuk bisa menjadikannya sebagai pedoman hidup bersama.

Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Beragam peranan yang akan diberikan tentang penerapan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, yang diataranya adalah sebagai berikut;

  1. Pedoman dalam menyelesaikan masalah
  2. Tata cara penyelenggaraan politik, sosial, dan ekonomi
  3. Menjadi kesepatakan dalam mewujudkan cita-cita
  4. Sebagai alat Pemersatua Bangsa

Contoh dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Penjelasan tentang penerapan yang dijadikan sebagai contoh atas penarapan Pancasila yang dipergunakan sebagai Pandangan Hidup Bangsa diatas dan yang bisa dimplemntasikan di kehidupan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pedoman Penuntasan Masalah

Prosesi menyelesaikan berbagam persoalan hidup yang terjadi akibat dari serangkaian permasalahan yang ada di dalam kehidupan masyarakat akan mampu memberikan aturan-aturan melalui Pancasila, keadaan ini bisa terjadi lantaran persoalan serta konsensus masyarakat selama ini terjadi lantaran kehadiran pancasila sebagai kiblat landsan dasar negara.

Contoh dalam implementasi atas keadaan ini misalnya saja tentang Amandemen UUD 1945 yang menyebutkan tentang tugas Presiden terpilih karena keterwakilan melalui DPR. Kemudian pada saat ini Undang tersebut di revisi dengan panduan atas dasar Sila 4 Pancasila yang harus menyelenggarakan sistem pemerintahan dengan demokrasi.

  1. Tata cara penyelenggaraan politik, sosial, dan ekonomi

Realitas sosial yang terjadi pada Bangsa Indonesia akan senantiasanya merunjuk pada serangkaian cara untuk menyelesaikan beragam persoalan, baik pemsalahan budaya, sosial, ekonomi, dan politik semuanya akan senantiasanya terpaku dalam Pancasila.

Fenomena atas contoh ini bisa diberikan dalam Identitas Nasional, yaitu Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Formal yang harus diapahami masyarakat. Atas dasar kewajiban ini untuk menguraikan tentang kesetaraan hidup pada akhirnya munculah pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahan.

  1. Konsensus dalam Mewujudkan Cita-Cita

Pengamalan selanjutnya yang menjadi Pancasila sebagai konsensus bagi Bangsa Indonesia bisa dikarenakan adanya rasa membangun dirinya sesuai dengan kepribadian yang berarti haruslah memiliki karakter kuat dengan dasar-dasar yang sehat.

Konsep atas dasar dari serangkaian cita-cita bangsa Indonesia hakekatnya secara penuh telah terkandung dalam Pancasila, khususnya tentang Sila 5 Pancasila yaitu “keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”. Contoh tentang kegiatan atas pengamalan ini misalnya saja tentang pemaknaan terhadap pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi pada Priode Tahun 2014 sampai 2019 yaitu tentang keadilan pemerataan ekonomi.

Sistem pemerintahan yang dilakukan Jokowi ini seolah menunjukan tentang pentingnya pengamalan Pancasila dalam Sila limanya, alasannya keran sejak Indonesia merdeka pembangunan yang selama ini dijalankan selalu merunjuk pada Wilayah Indonesia Bagian Barat.

  1. Sebagai alat Pemersatu Bangsa

Pancasila dijadiakan sebagai pemersatu bangsa Indonesia lebih didasarkan pada keadaan yang sebenarnya terjadi, dimana Indonesia memiliki beragam macam Budaya, Agama, dan Suku yang berbeda-beda. Dengan adanya Pancasila sebagai pedoman hidup maka seolah menjadi contoh identitas nasional yang harus ditaati oleh masayarakat. Nilai pancasila yang menganut tentang persatuan tertuang pada sila yang ke 3.

Implemntasi atas contoh ini misalnya saja dalam beragam, setiap Agama-Agama di Indonesia tidak aakan ada unsur paksaan selama agama tersebut diaggap legal dan tidak meyimpang. Kondisi ini sesuai dalam pengamalan Sila 1 Pancasila tentang “Ketuhanan”.

Demikialah serangkaian penjelasan tentang pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, fungsi, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan makna yang mendalam bagi segenap pembaca yang mencari materi tentang “Pancasila”.

Gambar Gravatar
Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.