Contoh Keadilan di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Keadilan di Masyarakat

Keadilan merupakan pengamalan sila ke-lima Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Keadilan sendiri erat kaitannya dengan perwujudan perdamaian. Sementara masyarakat yang merasakan ketidakadilan akan melakukan tuntutan kepada sistem pemerintahan atau pihak yang bertanggung jawab agar diperlakukan sama. Terkadang keadilan memang dianggap sebagai konsep sama rata. Sedangkan, pembagian sama rata belum tentu adil bagi setiap orang.

Layaknya dua orang anak SD dan SMA yang sama-sama diberi uang saku lima ribu rupiah oleh ayahnya. Bagi anak SD mungkin cukup adil. Namun, bagi anak SMA tersebut tidak cukup adil karena kebutuhan yang harus dipenuhi lebih dari apa yang dibutuhkan adiknya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai keadilan, kita akan bahas mengenai contohnya di dalam masyarakat.

Keadilan

Berdasarkan istilah, adil berarti tidak berat sebelah atau tidak memihak. Keadilan merupakan perlakuan yang sama sesuai dengan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap orang di dalam masyarakat. Konsep keadilan digunakan untuk menghindari tindakan sewenang-wenang dari pemegang kekuasaan atau masyarakat lainnya. Tuntutan menjadi hal yang biasa untuk mewujudkan sebuah keadilan.

Tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat akan membuat pemerintah tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah didasarkan atas kepentingan masyarakat. Ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi, maka mereka akan merasakan keadilan. 

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

  1. Aristoteles, Secara umum orang yang adil adalah orang yang patuh terhadap hukum dan fair. Sementara dalam arti khusus, keadilan merupakan wujud penghargaan kepada yang memiliki bagian haknya dan sebagai perbaikan hubungan dalam transaksi.
  2. Jhon Rawls, Keadilan merupakan kebebasan yang sama besarnya dengan menguntungkan semua pihak dan ketidaksamaan digunakan untuk keuntungan bagi masyarakat yang lemah.

Macam Keadilan

Untuk dapat memahami contoh keadilan yang akan diberikan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam keadilan. Berikut beberapa macam keadilan dalam kehidupan masyarakat:

  1. Keadilan Distributif, Keadilan terkait hubungan warga negara dengan negaranya. Dalam arti lain, negara yang wajib memenuhi keadilan terhadap warga negaranya dalam bentuk kesejahteraan bantuan, subsidi dan kesempatan yang sama sesuai dengan hak dan kewajibannya.
  2. Keadilan Komutatif, Keadilan terkait hubungan warga negara yang satu dengan warga negara yang lainnya secara timbal balik. Keadilan ini merupakan dasar pertalian dan ketertiban dalam masyarakat.
  3. Keadilan Legal, Keadilan terkait kewajiban warga negara terhadap negaranya dengan menjalankan aturan yang berlaku demi kebaikan warga negara sendiri.

Contoh Keadilan dalam Masyarakat

Berikut beberapa contoh keadilan yang terjadi dan kita saksikan di dalam masyarakat:

Keadilan di Lingkungan Sekolah

Guru tidak membeda-bedakan murid yang satu dengan murid lainnya berdasarkan prestasi yang dimiliki. Murid yang melanggar peraturan tetap diberi sanksi meskipun murid tersebut berprestasi di sekolahnya.

Ketika guru tidak memandang murid dari prestasi akademiknya saja, maka murid yang prestasi akademiknya rendah akan merasakan keadilan. Misal, dalam kegiatan pembelajaran guru membentuk kelompok yang terdiri dari murid pandai untuk mengajari murid yang ketinggalan pelajaran.

Keadilan dalam Lingkungan Keluarga

Orang tua tidak pilih kasih terhadap anak-anaknya. Setiap anggota keluarga memiliki tugas masing-masing dalam pekerjaan rumah. Misalnya ayah bekerja, ibu mepersiapkan makanan dan segala perlengkapan yang dibutuhkan anaknya. Kakak membersihkan rumah dan adik membersihkan halaman.

Keadilan dalam bidang hukum

Koruptor yang umumnya adalah pejabat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku. Salah satu contohnya adalah Angelina Sondakh yang hukumannya semakin berat ketika mengajukan banding. Namun, terkadang hukum juga tidak menunjukkan keadilan ketika terdapat koruptor yang memiliki fasilitas mewah di sel lebih dari yang didapatkan masyarakat umum.

Keadilan dalam bidang kesehatan

Oleh karena biaya ambulans mahal dan pasien kurang mampu menyewa kendaraan dari luar rumah sakit. Maka pemerintah kabupaten Garut pada Mei 2019 memperbaiki sistem ambulans gratis bagi masyarakat kurang mampu yang mengalami musibah. Pelayanan ambulans gratis tersebut siap siaga selama 24 jam.

Keadilan dalam bidang perekonomian

Pada November 2018, Pemerintah Kabupaten Berau Kalimantan Timur menganggarkan 7,5 miliar untuk modal usaha pedagang kecil. Pada mulanya pedagang yang ingin meminjam uang di bank ditolak karena tidak mempunyai jaminan, akhirnya sekarang mereka bisa melakukan pinjaman melalui Bantuan Daerah Dana Bergulir untuk menjalankan usaha. Hal ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Keadilan terkait dengan kekayaan alam

Dinas Kehutanan Sumatera Barat mengoptimalkan kebijakan mengenai perhutanan sosial melalui diseminasi. Perhutanan sosial merupakan pengelolaan hutan negara atau hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

Tujuannya adalah agar masyarakat di sekitar menikmati hasilnya dan mengurangi monopoli kekayaan hutan dari pemilik modal.

Keadilan dalam dalam hubungan kerja

Pekerja dibayar sesuai dengan Upah Minimum Regional dan bekerja sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan. Ketika bekerja melebihi jam yang telah ditentukan, maka akan mendapat upah tambahan atau upah lembut. Sebaliknya, pekerja juga bekerja dengan tekun  dan sungguh-sungguh agar hasil pekerjaan memuaskan.

Keadilan dalam menyampaikan pendapat

Berbeda dengan zaman penjajahan, sekarang setiap orang mulai dari pejabat hingga rakyat biasa serta dari anak-anak hingga dewasa bisa mengungkapkan pendapatnya bebas di media sosial kepada pemerintah maupun masyarakat luas.

Tidak ada pengekangan di atasnya. Sesuai dengan asas menyampaikan pendapat yaitu kepastian hukum dan adil, maka hal yang diungkapkan oleh masyarakat haruslah benar dan tidak mengundang kebencian.

Keadilan terhadap lingkungan

Pada Juni 2019, Gubernur Kalimantan Tengah menerbitkan keputusan untuk membentuk kelompok kerja penetapan ekosistem esensial Katingan Kahayan. Tujuannya adalah agar pemanfaatan hutan yang meliputi pemanfaatan kawasan hutan, jasa lingkungan, kayu dilaksanakan dengan tetap menjaga kelestarian hutan.

Keadilan dalam bidang pendidikan

Bagi masyarakat kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan hingga jenjang kuliah difasilitasi oleh pemerintah melalui program Bidikmisi. Program ini memberikan kesempatan masyarakat kurang mampu untuk kuliah gratis. Pada Mei 2019, Komisi X DPR RI mendorong pemerintah untuk meningkatkan jumlah kuota penerima Bidikmisi, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Kesimpulan dari Contoh-Contoh Keadilan dalam Masyarakat

Keadilan berkaitan erat dengan tuntutan

Keadilan di berbagai bidang dalam masyarakat sudah dicontohkan dalam pembahasan tulisan ini. Seperti pasangan yang tidak dapat dipisahkan, keadilan erat kaitannya dengan tuntutan. Meskipun terdapat usaha-usaha dalam mewujudkan keadilan, akan tetap ada tuntutan dalam masyarakat. Menuntut keadilan karena kebutuhannya belum dipenuhi atau kepentingannya terganggu.

Inti dari keadilan adalah keseimbangan antara hak dan kewajiban

Konsep keadilan yang sangat banyak sebenarnya dapat disederhanakan dalam makna yaitu adanya keseimbangan antara definisi hak dan kewajiban. Apabila masing-masing individu baik pemegang kekuasaan atau rakyat menjalankan hak dan kewajiban dengan seimbang, maka akan tercapai keharmonisan dalam masyarakat.

Seorang pegawai menjalankan kewajibannya sebagai pekerja dengan rajin. Hasil yang didapatkan membuat perusahaan semakin maju. Pemilik perusahaan menjadi sangat bangga terhadap pegawai. Dia memberikan gaji yang layak beserta bonus. Kehidupan pegawai menjadi terjamin.

Berdasarkan contoh di atas, keadilan bukan tentang siapa yang membuat keadaan tampak menjadi adil. Namun, tentang bagaimana setiap orang berperan sesuai dengan porsinya. Ketika seorang pengangguran menuntut pekerjaan dan melakukan demonstrasi kepada pemerintah.

Maka belum tentu pemerintah atau negara yang salah dan tidak memberi keadilan bagi warga negaranya. Kita lihat bagaimana usaha dan kualitas orang tersebut dalam bekerja dan mencari pekerjaan. Baru dapat kita nilai, siapa yang dapat dipersalahkan atas ketidakadilan.

Tidak ada yang perlu dipersalahkan ketika terdapat ketidakadilan,

Siapa yang menayalahkan ketika seorang warga negara hidup dalam keadaan lemah dan tidak mempunyai kekuasaan. Sering kita menyaksikan ketidakadilan dalam bidang hukum seperti hukuman berat bagi rakyat lemah, dan keringanan hukuman bagi pemegang kekayaan. Apakah negara perlu dipersalahkan?

Kita perlu menelisik, apakah rakyat lemah perlu dikasihani atas kesalahannya. Apakah mau menuntut keadilan? Telah banyak pengacara yang disediakan oleh pengadilan. Lantas bagaimana peran jaksa ketika terdapat pemegang jabatan yang bersalah? Suap sering dilakukan ketika menerima hukuman berat.

Sekali lagi, pembahasan keadilan bukan tentang siapa yang harus terpenuhi keadilannya atau tentang siapa yang harus menegakkan keadilan. Cukup dengan menjalankan hak dan kewajiban secara sungguh-sungguh sesuai porsinya, maka keadilan akan terwujud.

Demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh keadilan di lingkungan masyarakat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan. Trimakasih,

Sumber Tulisan
  • http://eprints.stainkudus.ac.id/1156/5/5.%20BAB%202.pdf
  • http://fatur.staff.ugm.ac.id/file/JURNAL%20-%20Keadilan%20Sosial.pdf
  • http://www.galamedianews.com/daerah/222437/pemkab-garut-akan-perbaiki-sistem-pelayanan-ambulans.html
  • http://www.kaltim.tribunnews.com/2018/11/24/pemkab-berau-anggarkan-75-miliar-untuk-modal-usaha-pedagang-kecil
  • http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/24736/t/Komisi+X+Dorong+Pemerintah+Tingkatkan+Kuota+dan+Nilai+Beasiswa+Bidikmisi
  • https://kaltengpos.co/berita/-23380-manfaatkan_hutan_tanpa_merusak.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *