Contoh Sikap Tanggung Jawab di Sekolah, Rumah, dan Masyarakat

Diposting pada

Sika tanggung JawabSikap tanggung jawab merupakan salah satu sikap yang harus dipunyai oleh setiap warga negara yang baik. Perwujudan dari sikap tanggung jawab tersebut bisa di implementasikan dalam setiap sisi kehidupan, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, sampai dengan masyarakat.

Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab adalah sebuah prilaku dimana seseorang mampu untuk menanggung segala sesuatu yang telah ia katakan dan perbuat. Kesadaran untuk bertanggung jawab harus dibiasakan untuk dimiliki setiap indIvidu baik dari anak-anak hingga orang tua.

Contoh Sikap Tanggung Jawab

engamalan atas sikap tanggung jawab yang mudah ditemukan dalam kehiduan sehari-hari. Misalnya saja sebagai berikut;

Sekolah

Contoh Tanggung Jawab di Sekolah
Tanggung Jawab di Sekolah

Sikap tanggung jawab di sekolah  bisa dimiliki oleh semua warga sekolah, baik siswa, guru maupun pegawai-pegawai yang ada di sekolah. Berikut ini adalah contohnya;

  1. Belajar dengan sungguh-sungguh. Bagi siswa yang sudah berkomitmen menuntut ilmu di sekolah, haruslah bersungguh-sungguh dalam belajar. Dengan belajar yang sungguh-sungguh maka siswa tersebut sudah bertanggung jawab pada dirinya sendiri, orang tua yang sudah menaruh harapan dan membiayai sekolah, kemudian bertanggung jawab pula terhadap ilmu yang telah disampaikan oleh guru.
  2. Tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) di sekolah. Sejatinya, PR harus dikerjakan di rumah, namun beberapa siswa masih ada yang mengerjakan PR di sekolah. Hal tersebut selain tidak bertanggung jawab, juga merupakan perbuatan yang tidak jujur. Oleh karena itu, sebagai siswa yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi harusnya mengerjakan PR di rumah.
  3. Melaksanakan jadwal piket sesuai dengan jadwalnya. Adanya piket kebersihan kelas salah satunya bertujuan untuk membentuk sikap tanggung jawab para siswa. Hendaknya siswa yang sudah memiliki jadwal harus melaksanakan piket, karena hal tersebut akan menunjukkan karakter tanggung jawab siswa dengan melakukan kewajibannya.
  4. Mengerjakan tugas dengan kemampuan diri sendiri tanpa mencontek punya teman. Dengan mengerjakan soal secara jujur, maka siswa tersebut setidaknya bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan Tuhan.
  5. Mengerjakan tugas kelompok sesuai yang sudah dibagikan. Seorang siswa yang memiliki sikap tanggung jawab tidak boleh melimpahkan tugasnya kepada teman satu kelompok dan tinggal terima jadi. Jika sudah dibebani tanggung jawab tugas masing-masing maka harus dikerjakan semampunya. Hal tersebut akan menunjukkan sikap tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain juga.
  6. Mengembalikan buku yang dipinjam sesuai jadwalnya ke perpustakaan dalam kondisi yang baik. Hal tersebut menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap waktu dan tanggung jawab untuk merawat sesuatu yang bukan miliknya.
  7. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sikap tanggung jawab yang dimunculkan adalah siswa bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.
  8. Melaksanakan tata tertib yang terdapat di sekolah. Ketika siswa melaksanakan tata tertib berarti siswa tak hanya menunjukkan ketaatan pada aturan namun di samping itu, ia sudah menunjukkan tanggung jawab terhadap peraturan yang berlaku.
  9. Mengembalikan peralatan tulis yang dipinjam dari teman dalam keadaan yang baik. Dengan begitu, siswa telah menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap ketepatan waktu dan tanggung jawab untuk merawat sesuatu yang bukan miliknya.
  10. Sikap tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan masuk sekolah tepat waktu. Selain menunjukkan sikap disiplin juga menunjukkan sikap tanggung jawab siswa terhadap niatnya untuk mencari ilmu.

Rumah

Contoh Tanggung Jawab di Keluarga
Tanggung Jawab di Rumah

Sikap tanggung jawab di lingkungan rumah dapat ditunjukkan ketika kita mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Adapun contoh penerapan dalam sikap tanggung jawab ketika berada di rumah, antara lain sebagai berikut;

  1. Bangun tidur pagi merupakan salah satu contoh kegiatan yang menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap disiplin waktu.
  2. Merapikan dan membersihkan tempat tidur. Hal ini menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah.
  3. Melaksanakan ibadah dengan tepat waktu dan khusyuk. Dengan melakukan ibadah dengan tepat waktu maka seseorang telah menunjukkan tanggung jawab terhadap agama dan Tuhannya.
  4. Membayar pajak listrik rumah dengan tepat waktu. Dengan melakukan pembayaran pajak dengan tepat maka sudah menunjukkan sebagai partisipasi warga negara yang bertanggung jawab terhadap negaranya.
  5. Menjaga nama baik keluarga dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma yang berlaku. Setiap orang wajib bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan. Jika kelakuannya baik maka keluarganya ikut baik, sebaliknya jika kelauannya buruk maka nama keluarga menjadi buruk.
  6. Rutin untuk mencuci pakaian sendiri. Meskipun terlihat sederhana, hal ini akan menunjukkan seseorang bertanggung jawab atas apa yang ia pakai.
  7. Menabung untuk keperluan yang akan datang. Dengan menabung maka seseorang akan bertanggung jawab terhadap kebutuhan dirinya sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.
  8. Menepati janji kepada orang tua. Setiap anak pasti memiliki janji kepada orangtuanya, entah masalah sekolah, prestasi atau tentang apapun, Maka dari itu, setiap anak wajib mempertanggungjawabkan janjinya untuk ditepati.
  9. Tidak menghambur-hamburkan uang dan aset keluarga untuk kepentingan gaya hidup. Justru di sini anak wajib bertanggung jawab untuk memelihara aset keluarga dan menggunakan uang sebijak mungkin.
  10. Mengerjakan tugas-tugas yang harus dikerjakan di rumah dan menyelesaikannya dengan tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap tugasnya dan menghargai waktu agar tidak sia-sia.

Masyarakat

Contoh Tanggung Jawab di Masyarakat
Tanggung Jawab di Masyarakat

Sikap tanggung jawab dalam contoh lingkungan masyarakat merupakan sikap tanggung jawab yang diwujudkan ketika hidup berdampingan dengan masyarakat umum. Antara lain;

  1. Menaati tata tertib yang berlaku di lingkungan masyarakat umum. Dengan begitu anggota masyarakat telah menunjukkan tanggung jawabnya sebagai warga yang taat pada peraturan meskipun hanya dalam lingkup kecil.
  2. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan merawat lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini merupakan suatu hal yang sederhana namun sudah dapat menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan dan kenyamanan orang lain.
  3. Ikut mewujudkan keamanan dalam lingkungan masyarakat dengan mengikuti ronda malam. Dengan begitu, orang tersebut telah menunjukkan sikap tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat yang baik.
  4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong membangun tempat ibadah dan kerja bakti membersihkan lingkungan kampung. Partisipasi merupakan sebuah tangung jawab yang harus dilakukan sebagai warga negara Indonesia. Dengan begitu, masyarakat sudah menunjukkan tanggung jawabnya terhadap kegiatan masyarakat dan mencerminkan sikap warga negara yang baik karena telah berpartisipasi.
  5. Mengakui kesalahan dan tidak malu untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat kepada anggota masyarakat lain. Melalui contoh ini, masyarakat sudah mencerminkan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki perbuatan bersalahnya.
  6. Senantiasa membina kerukunan antar anggota masyarakat dengan menghindarkan diri dari perdebatan yang tidak ada artinya. Melalui peran ini, masyarakat sudah bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan damai.
  7. Tidak membuat kegaduhan dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain.
  8. Tertib dalam membayar iuran kas RT. Dengan membayar iuran kas RT masyarakat sudah bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tanggungannya.
  9. Menyelesaikan masalah dalam lingkungan masyarakat dengan cara musyawarah dan tidak memaksakan kehendak. Dalam hal ini masyarakat sudah bertanggung jawab terhadap permasalahan yang terjadi tanpa menimbulkan konflik ang berkepanjangan.
  10. Menyampaikan kritik yang membangun dan menyampaikan solusi terkait permasalahan di lingkungan masyarakat dengan bahasa yang jelas, logis dan dapat dipertanggung jawabkan.

Demikianlah contoh sikap tanggung jawab yang terdapat di tiga lingkungan, yaitu rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pada dasarnya setiap orang sudah dibebani dengan tanggung jawabnya masing-masing. Terkait dengan implementasi dari sikap tanggung jawab tergantung dari masing-masing individu.

Jika kesadaran individu tinggi, maka ia akan senantiasa bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapannya. Sebaliknya, jika kesadaran individu tersebut rendah, maka ia dengan mudah mengabaikan rasa tanggung jawabnya. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, harusnya kita senantiasa dapat mempertanggungjawabkan perbuatan dan ucapan kita.

Datar Pustaka
  • https://www.kompasiana.com
Gambar Gravatar
Anggita Ayuningtyas,Memiliki Hobi Menulis dan Saat ini Sedang Proses Penyelesaian Studi di Jurusan PPKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *