Pengertian Kewajiban, Macam, dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Kewajiban Adalah

Ketika Anda secara moral atau norma hukum terikat pada komitmen tertentu, kewajiban Anda adalah untuk menindaklanjutinya. Jika Anda melihat kejahatan terjadi, misalnya, kewajiban Anda adalah memberi tahu polisi. Jika seorang lansia naik bus yang sudah penuh dengan penumpang, sebagao orang yang lebih muda dan kuat untuk berdiri Anda wajib menyerahkan kursi untuknya.

Terkadang ketika Anda terikat pada suatu perjanjian formal dengan seseorang yang melibatkan uang, Anda mungkin harus menandatangani kewajiban yang menyatakan Anda berkomitmen untuk membayar kembali apa yang telah Anda pinjam. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang kewajiban, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, macam-macam, dan contoh kewajiban di masyarakat.

Kewajiban

Kewajiban bisa diartikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan seseorang karena hukum, kebutuhan atau karena itu merupakan tugas mereka. Terdapat berbagai bentuk kewajiban seperti kewajiban hukum, kewajiban moral, dan lain-lain. Misalnya yaitu menghormati orang yang lebih tua, atau merawat orang tua Anda ketika mereka sudah tua

Contoh tersebut bukanlah kewajiban hukum, karena tidak ada hukum yang memaksa Anda untuk melakukannya. Tapi itu adalah kewajiban moral Anda. Sebagaimana halnya hak, kewajiban memiliki peran penting dalam masyarakat.

Kewajiban berbeda-beda pada tiap-tiap orang: misalnya, seseorang yang memegang jabatan politik umumnya akan memiliki kewajiban yang jauh lebih banyak daripada warga negara dewasa rata-rata. Kewajiban umumnya diberikan sebagai imbalan atas peningkatan hak atau kekuasaan individu.

Pengertian Kewajiban

Definisi hukum kewajiban adalah ikatan yang mengikat yang mengharuskan individu yang terlibat untuk melakukan sesuatu atau membayar sesuatu berdasarkan ketentuan hukum dapat dikatakan pula bahwa kewajiban adalah tindakan yang harus diambil seseorang, baik secara hukum atau moral.

Ada pula kewajiban dalam konteks normatif lain, misalnya kewajiban etiket, kewajiban sosial, agama dan mungkin dalam hal politik, dimana kewajiban merupakan persyaratan yang harus dipenuhi. Ini pada umumnya kewajiban hukum, yang dapat dikenakan hukuman karena tidak dipenuhi, meskipun orang-orang tertentu diwajibkan untuk melakukan tindakan tertentu karena alasan lain juga, baik sebagai tradisi atau karena alasan sosial.

Kata “kewajiban” juga dapat menunjuk kewajiban tertulis, atau hal-hal seperti uang kertas, koin, cek, obligasi, perangko, atau surat berharga.

Pengertian Kewajiban Menurut Para Ahli

Adapun definisi menurut para ahli, antara lain:

Prof. Dr. Notonegoro

Kewajiban merupakan beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak bisa oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya bisa dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban ialah sesuatu yang harus dilakukan.

Curzon

Curzon mengelompokkan kewajiban seseorang menjadi 5, yaitu:

  1. Kewajiban Mutlak, yaitu kewajiban yang tertuju kepada diri sendiri, sehingga kewajiban ini tidak berpasangan dengan hak dan nisbi melibatkan hak di lain pihak.
  2. Kewajiban Publik, yaitu kewajiban dalam hukum publik yang berkorelasi dengan hak public. Seseorang wajib mematuhi hak publik dan kewajiban perdata yang timbul dari perjanjian yang berkorelasi dengan hak perdata.
  3. Kewajiban Positif, yaitu kewajiban yang menghendaki dilakukannya sesuatu dan tidak melakukan sesuatu (kewajiban negatif).
  4. Kewajiban Universal atau Umum, yaitu kawajiban yang ditujukan kepada semua warga negara atau secara umum, ditujukan kepada golongan tertentu dan kewajiban khusus, timbul dari bidang hukum tertentu, perjanjian.
  5. Kewajiban Primer, yaitu kewajiban yang tidak timbul dari perbuatan melawan hukum. Sebagai contoh misalnya kewajiban untuk tidak melakukan pencemaran nama baik dan kewajiban sifatnya memberi sanksi, timbul dari adanya perbuatan yang melawan hukum misalnya membayar kerugian dalam hukum perdata.

Your Dictionary

Kewajiban adalah:

  • Kontrak yang mengikat, janji, tanggung jawab moral, dan lain-lain.
  • Tugas yang dipaksakan secara hukum atau sosial; hal yang harus dilakukan seseorang dengan kontrak, janji, tanggung jawab moral, dan lain-lain.
  • Kekuatan yang mengikat kontrak, janji, dan lain-lain.
  • Kondisi atau fakta berhutang budi kepada orang lain atas bantuan atau layanan yang diterima. 

Cambridge Dictionary

Kewajiban adalah:

  • Fakta bahwa Anda berkewajiban melakukan sesuatu
  • Sesuatu yang harus kamu lakukan

Macam Kewajiban

Setiap warga negara memiliki bermacam-macam kewajiban yang harus dijalankan. Macam-macam kewajiban tersebut antara lain:

Kewajiban Untuk Menghormati Penganut Agama Lain

Di Indonesia ada beberapa agama diantaranya yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik, Budha, dan Hindu. Keberagman agama tersebut dapat menjadi faktor pemicu konflik yang memungkinkan terjadinya perpecahan. Akan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika ada rasa saling menghormati antarumat beragama.

Beberapa sikap yang dapat dilakukan sebagai bentuk kewajiban kita untuk menghormati penganut agama lain, yaitu:

  1. Tidak menghina atau mencela agama lain.
  2. Tidak merendahkan agama lain.
  3. Menghargai penganut agama lain, misalnya ketika ada penganut agama lain yang sedang melakukan ibadah, kita harus menghargai. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak mengganggu dan memberikannya kesempatan untuk melakukan ibadah.

Kewajiban Menghormati Orang Lain

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tahu bahwa kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Kita hidup tengah-tengah masyarakat heterogen. Sebagai warga masyarakat kita wajib untuk menghargai, menghormati dan melaksanakan hak asasi serta kewajiban dalam bermasyarakat.

Sebagaimana yang tertera dalam UUD 1945 pasal 28J yang bunyinya “Setiap warga negara wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara“.

Makna dari pasal tersebut yaitu sebagai warga negara sekaligus anggota masyarakat kita harus  menghormati dan menghargai hak-hak asasi orang lain dan melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara sebelum menuntut hak pribadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  1. Menghormati orang lain, baik yang tua maupun muda.
  2. Patuh dan mendengarkan orang tua.
  3. Tidak boleh membantah / melawan orang tua.
  4. Tidak boleh menyakiti perasaan orang lain.
  5. Tidak boleh mencela / menghina orang lain.

Kewajiban Mengikuti Pendidikan Dasar

Ilmu pengetahuan merupakan hal sangat penting sebagai bekal masa depan. Oleh sebab itu, pemerintah mewajibkan kepada seluruh warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar. Sebagaimana yang telah tertulis pada UUD 1945 Pasal 31 Ayat 2 yang bunyinya “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya“.

Kewajiban Mematuhi Peraturan Yang Berlaku

Peraturan dibuat atau ditetapkan dengan tujuan untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar. Peraturan tersebut dibuat demi kebaikan kita semua. Misalnya kita sebagai warga sekolah harus mentaati peraturan sekolah yang berlaku demi kelancaran proses belajar mengajar; sebagai pengguna jalan yang baik kita juga harus mentaati rambu-rambu lalu lintas.

Kewajiban Menjaga kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang bersih adalah idaman bagi semua orang. Lingkungan yang bersih dapat mencegah terjadinya penyakit. Selain itu, juga tidak akan mendatangkan permasalahan lingkungan lain seperti banjir. Apabila lingkungan sudah bersih, maka kita sebagai warga negara memiliki kewajiban untuk menjaga dan mempertahankan kebersihan lingkungan tersebut.

Hal tersebut dapat kita lakukan misalnya ketika berada di lingkungan sekolah dengan cara membuang sampah pada tempatnya atau tidak membuang sampah di sungai atau selokan.

Kewajiban Warga Negara terhadap Pemerintah

Selain kewajiban-kewajiban yang telah disebutkan di atas, setiap warga negara juga memiliki kewajiban yang harus dipatuhi terhadap pemerintah. Adapun kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan sebagai warga negara terhadap pemerintah, antara lain:

Kewajiban Membela Negara

Setiap warga negara negara wajib untuk membela negaranya. Hal tersebut tertuang dalam UUD 1945, misalnya dalam Pasal 27 Ayat 3 yang bunyinya “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara“. Selain itu tertera pula dalam Pasal 30 Ayat 1 yang berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negaran“.

Hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk kewajiban bela negara, misalnya:

  1. Mencintai produk dalam negeri.
  2. Berpatisipasi dalam sebuah perlombaan tingkat dunia.

Kewajiban Untuk Menjunjung Tinggi Hukum

Hukum dibuat demi kebaikan setiap warga negara. Oleh sebab itu, setiap warga negara wajib menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Kewajiban untuk menjunjung tinggi hukum tertera dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat 1 yang bunyinya “Segala warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu tidak ada kecualinya

Kewajiban Untuk Membayar Pajak

Ada semboyan yang mengatakan bahwaOrang bijak taat pajak”. Makna yang tertera dalam semboyan tersebut adalah sebagai warga negara yang baik, kita harus taat dalam membayar pajak. Manfaat pajak memiliki peran penting sebagai sumber keuangan negara.  Uang hasil dari pungutan pajak digunakan untuk keperluan warga negara, misalnya yaitu untuk kesehatan gratis, sekolah gratis, dan masih banyak lagi.

Kewajiban warga negara untuk membayar pajak daerah ataupun pajak pusat juga tertera dalam UUD 1945 Pasal 23 A yang bunyinya “Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.”

Contoh Kewajiban Di Masyarakat

Beberapa contoh hak yang dijadikan kewajiban sebagai waraga negara di masyarakat, antara lain:

  1. Kewajiban untuk membayar biaya dalam sekolah.
  2. Sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk membantu orang tua.
  3. Kewajiban untuk mentaati peraturan yang berlaku.
  4. Siswa meempunyai kewajiban yaitu untuk belajar.
  5. Siswa mempunyai kewajiban yaitu untuk hormat dan patuh pada guru.
  6. Siswa mempunyai kewajiban yaitu untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kelas.

Itulah tadi materi yang dapat diberikan terkait dengan pengertian kewajiban menurut para ahli, macam-macam, dan contoh di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan kepada khalayak umum. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *