Jenis Pelayanan Publik dan Contohnya

Diposting pada

Macam Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan pelayanan yang disediakan oleh sistem pemerintahan kepada orang-orang yang tinggal di dalam yuridiksinya, baik secara langsung melalui sektor publik atau dengan membiayai penyediaan pelayanan swasta. Pelayanan publik dikaitkan dengan konsensus sosial bahwa layanan tertentu harus disediakan untuk kepentingan umum yang mengesampingkan pendapatan.

Pelayanan publik cenderung dianggap penting untuk kehidupan modern. Sehingga untuk alasan moral ketentuan universal mereka harus dijamin. Oleh karena begitu penting, pelayanan publik juga diajarkan dalam perguruan tinggi. Agar kita lebih mengenal apa itu pelayanan publik, mari kita simak jenis-jenis pelayanan publik beserta dengan contohnya pada artikel ini.

Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah inti dari mesin administrasi pemerintah, tetapi mesin ini memiliki komponen lain. Hal ini termasuk otoritas dan arti sistem hukum, yayasan pemerintah, dan perusahaan dengan kepemilikan saham mayoritas pemerintah. Dalam arti lain, layanan publik adalah layanan yang ditawarkan atau dikendalikan oleh pemerintah. Pelayanan publik memiliki maklumat sendiri yang merupakan wujud kesungguhan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan prinip good governance.

Pelayanan publik memiliki norma hukum yang jelas dalam penyelenggaraannya, memiliki kelompok kepentingan yang luas, memilki tujuan sosial, akuntabel dan memiliki indikator kerja yang luga. Seringkali, pelayanan publik juga menjadi sasaran isu politik.

Berdasarkan ekonomi pasar bebas, dalam pelayanan publik ditawarkan di daerah-daerah yang dianggap penting bagi kualitas hidup sehingga mereka berada di atas motif keuntungan. Jadi, pelayanan publik memiliki tujuan non-finansial seperti meningkatkan kesehatan populasi dibandingkan dengan sektor swasta yang memiliki tujuan keuangan utama seperti target pendapatan. Bahkan di mana layanan publik tidak disediakan secara publik atau atau dibiayai publik, untuk alasan sosial dan politik mereka biasanya tunduk pada peraturan yang berlaku untuk sebagian besar sektor ekonomi.

Ruang Lingkup Pelayanan Publik

Apabila kita kategorikan, terdapat beberapa ruang lingkup pelayanan publik, antara lain sebagai berikut:

  1. Pelayanan Barang, yakni pelayanan diberikan oleh unit pelayanan berupa kegiatan penyediaan atau pengolahan bahan yang beruwujud fisik termasuk distribusi ddan penyimpanannya kepada konsumen dalam suatu sistem. Jadi, produk akhir dari pelayanan ini adalah benda atau yang dianggap benda yang memberikan nilai tambah bagi penerima.
  2. Pelayanan Jasa, yakni pelayanan yang diberikan oleh unit layanan berupa penyediaan sarana dan prasarana serta penunjangnya. Produk akhirnya berupa jasa yang mendatangkan manfaat bagi penerimanya secara langsung dan habis terpakai dalam jangka waktu tertentu.
  3. Pelayanan Administratif, yakni pelayanan yang diberikan oleh unit pelayanan berupa kegiatan tata usaha yang menghadilkan produk dokumen. Pelayanan administratif biasanya dilaksanakan oleh petugas administratif dalam pelayanan kepada masyarakat.

Jenis Pelayanan Publik

Terdapat beberapa jenis pelayanan publik yang dicontohkan berdasarkan ruang lingkup masing-masing. Jenis pelayanan publik beserta contohnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Pelayanan Pendidikan

Pelayanan pendidikan adalah jenis pelayanan umum yang terkait dengan pemenuhan arti hak pendidikan dan pengajaran bagi warga negara. Pendidikan menjadi hal yang penting dan prioritas bagi negara. Sehingga pelayanan pendidikan juga menjadi hal yang penting bagi setiap negara.

Contoh Pelayanan Pendidikan

Tersedianya sekolah yang layak, tersedianya beasiswa pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu, perencanaan sistem pendidikan yang berkualitas, adanya informasi pendidikan bagi masyarakat umum, terjaminnya akses pendidikan bagi masyarakat umum dan adanya perundang-undangan pendidikan yang mengatur sistem pendidikan.

  1. Layanan Darurat

Layanan darurat adalah salah satu pelayanan publik yang sangat penting bagi masyarakat. Pelayanan ini digunakan sewaktu orang sedang dalam berada dalam kondisi darurat, baik terkena masalah kesehatan, keamanan dan sebagainya. Pelayanan ini biasanya disediakan oleh pemerintah dengan cara menghubungi kontak yang disediakan.

Contoh Pelayanan Darurat

Polisi, pemadam kebakaran, paramedis, ambulan dan layanan darurat lainnya yang biasanya disediakan di setiap instansi.

  1. Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan berkaitan dengan pelayanan yang diberikan pemerintah atau swasta dengan anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pelayanan kesehatan secara umum meliputi pemantaun terhadap kesehatan untuk memecahkan permasalahan kesehatan masyarakat, penyelidikan bahaya kesehatan bagi masyarakat, penginformasian dan pendidikan masyarakat tentang masalah kesehatan.

Pelayanan kesehatan juga termasuk memobilisasi kemitraan dan tindakan masyarakat untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan, pengembangan kebijakan dan rencana yang mendukung upaya kesehatan individu dan masyarakat.

Selain itu, pelayanan kesehatan juga meliputi jaminan kepada para tenaga kerja di bidang kesehatan, pelaksanaan penelitian kesehatan serta pelaksanaan penelitian untuk wawasan baru dan solusi inovatif untuk permasalahan kesehatan.

Contoh Pelayanan Kesehatan

Penyediaan rumah sakit, pendirian puskesmas di setiap daerah, pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, penyediaan informasi kesehatan bagi masyarakat umum, edukasi penyakit yang berbahaya kepada masyarakat, dan adanya undang-undang yang mengendalikan bahaya yang mengancam kesehatan bagi masyarakat.

  1. Pelayanan Keamanan Publik

Pelayanan keamanan ini adalah jenis pelayanan yang disediakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban umum.

Pemerintah berusaha melindungi masyarakat dari adanya konflik sosial, SARA, terorisme, atau ancaman yang datang dari luar dan dalam negeri lainnya. Pelayanan keamanan publik ini biasanya dilakukan oleh petugas keamanan yang diatur dalam undang-undang.

Contoh Pelayanan Keamanan

Penjagaan perbatasan oleh TNI, tersedianya kantor polisi di setiap daerah, pelayanan laporan aduan bagi tindak kejahatan, diaturnya lalu lintas beserta rambu-rambu dan undang-undangnya, penjagaan kerumunan oleh pihak yang berwajib, pengaduan hoax yang mengancam ketertiban masyarakat.

  1. Pelayanan Perlindungan Lingkungan

Pelayanan perlindungan lingkungan adalah pelayanan yang disediakan pemerintah guna melindungi dan pelestarian lingkungan.

Hal ini didasarkan atas lingkungan sebagai tampat tinggal manusia yang mana apabila lingkungan rusak, maka akan mengancam keberlangsungan manusia yang menempatinya. Sebaliknya juga, pelayanan perlindungan lingkungan bertujuan untuk melindungi kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yang menempatinya.

Contoh Pelayanan Perlindungan Lingkungan

Pendirian hutan raya dan cagar alam, pendirian taman kota, tersedianya jalur hijau di jalan raya, adanya undang-undang yang mengatur baku mutu lingkungan hidup ketika terdapat perusahaan yang ingin mendirikan usaha, layanan konservasi air, tersedianya tempat pembuangan sampah, adanya edukasi dan penyadaran kepada masyarakat mengenai gaya hidup dan pelestarian lingkungan hidup.

  1. Pelayanan Angkutan

Pelayanan angkutan, maksudnya adalah pelayanan publik pemerintah yang berkaitan dengan penyediaan transportasi yang memadai bagi masyarakat. Mulai dari penyediaan sarana prasarana, hingga jasa dan layanan perbaikan.

Contoh Pelayanan Perlindungan Angkutan

Penyediaan transportasi umum, adanya jalur kendaraan yang aman, pelayanan informasi transportasi, jasa pengiriman barang, adanya undang-undang penggunaan kendaraan pribadi, sistem keamanan di jalan, dan sebagainya.

  1. Pelayanan Sosial

Pelayanan sosial atau kemasyarakatan adalah jenis pelayanan yang dilihat dari sifat dan kepentingannya lebih ditekankan pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti halnya prinsip pelayanan publik, pelayanan bidang sosial ini tidak berorientasi pada keuntungan finansial, namun pada pemberdayaan masyarakat.

Contoh Pelayanan Perlindungan Sosial

Rumah yatim, panti jompo, badan ketenagakerjaan, lembaga perlindungan anak, pelaksanaan sistem pemberdayaan masyarakat melalui program pemerintah, adanya bantuan sosial seperti raskin, pelatihan keterampilan masyarakat dan sebagainya.

  1. Pelayanan Ekonomi

Pelayanan ekonomi adalah pelayanan publik yang disediakan pemerintah untuk pengelolaan kehidupan bangsa dan negara.

Pemerintah sudah membuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang dialokasikan untuk berbagai sektor kehidupan negara. Pada bidang ini, pemerintah berperan sebagai produsen, distributor, bahkan konsumen. Pelayanan pada bidang ini juga berkaitan dengan pemerataan pengalokasian sumber daya alam bagi masyarakat.

Contoh Pelayanan Perlindungan Ekonomi

Penyediaan pusat perbelanjaan seperti pasar, tersedianya kredit usaha rakyat bagi yang tidak mempunyai modal, tersedianya bank, pendirian lapangan pekerjaan baru, dan sebagainya.

  1. Pelayanan Rekreasi

Pelayanan dalam bidang rekreasi juga diberikan kepada masyarakat untuk mengembangkan daerah dalam rangka menyediakan wisata bagi masyarakat dari dalam maupun dari luar daerah. Dalam arti lain, daerah yang dijadikan tempat rekreasi juga menambah nilai suatu tempat. Bagi masyarakat, rekreasi juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Contoh Pelayanan Perlindungan Rekreasi

Taman kota, kebun binatang, wisata desa, area pemandian, pusat olahraga, pusat seni dan budaya, informasi destinasi wisata, dan sebagainya.

  1. Pelayanan Pembangunan

Pelayanan pembangunan merupakan jenis pelayanan masyarakat yang terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana untuk memberikan fasilitasi kepada masyarakat dalam melakukan aktivitasnya sebagai warga negara.

Contoh Pelayanan Perlindungan Pembangunan

Penyediaan jalan-jalan, jembatan, pelabuhan, pembangkit listrik, tersedianya layanan aduan atas kerusakan insfratruktur umum, pembangunan gedung sekolah yang layak, perpustakaan kota, adanya kebijakan dan pusat informasi mengenai progres pembangunan pemerintah dan sebagainya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami sajikan pada segenap pembaca berkenaan dengan beragam macam sistem pelayanan publik dan contohnya yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  • https://www.sciencedaily.com/terms/publi_secrvice.htm
  • https://www.cdc.gov/publichealthgteway/publichealthservices/essentialhealthservices.html
  • http://standardisasi.menlhk.go.id/index.php/standar-pelayanan-masyarakat/
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *