Tujuan Birokrasi secara Umum dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Tujuan Birokrasi Adalah

Birokrasi menjadi salah satu bahasan penting dalam berbagai bidang. Baik itu untuk sistem pemerintahan, admintrasi pendidikan, sampai pada arti layanan publik yang diberikan. Hal ini sangatlah wajar mengingat salah satu fungsi adanya birokrasi yang diisi oleh pejabat Negara ialah untuk membantu permasasalahan yang ada di masyarakat. Oleh sebab itulah sebagai ulasan lebih dalam artikel ini mengulas tentang tujuan dan peranan birokrasi secara umum.

Birokrasi

Asal muasal kata birokrasi sejatinya dari bahasa Yunani yang mucul pada abad ke-18 yaitu “biro” (bureau) yang artinya meja tulis atau tempat di mana pejabat selalu bekerja melayani masyarakat. Istilah kedua adalah “kratia” yang artinya rule atau aturan.

Demikian, sehingga secara istilah pengertian birokrasi adalah pengaturan dari meja ke meja atau di abtraksikan dari pemerintah satu ke pemerintah yang lain untuk menjadi pelayanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Tujuan Birokrasi

Secara umum, tujuan birokrasi dalam menjalankan tugasnya di berbagai sistem pemerintahan presidensial, parlementer, ataupun campuran adalah sebagai berikut:

Pelayanan Publik

Layanan publik yang disediakan oleh pemerintah adalah salah satu tujuan adanya birokrasi. Sehingga secara jelas bahwa birokrasi disini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Sebagimana untu, bidang kesehatan misalnya, aturan yang diberlakukan utamanya adalah dengan memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat untuk memperoleh kesehatannya.

Meningkatkan Kesejahteraan

Birokrasi sebagai organ layanan publik yang mengorganisir administrasi negara yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi setiap masyarakat yang mempergunakannya.

Atas kondisi inilah bisa dilihat misalnya dalam adminitarasi pendidikan terlihat sangatlah jelas bahwasanya birokrasi dibentuk untuk  membantu segenap anggotanya dalam menyelesaikan peroslan-persoalan terkait dengan kendala di lingkungan sekolah.

Memberikan Nasehat

Birokrasi takan lepas dari tujuan untuk memberikan nasihat kebijakan yang telah dibuat oleh sistem pemerintahan tertentu. Hal ini dilakukan dalam upaya membentuk dan mengatur jalannya suatu Negara agar tetap stabil.

Kondisi seperti ini misalnya dapat terlihat dari berlakunya birokrasi untuk susunan pemerintahan di Indonesia. Hubungan antara lembaga legistatif dan eksekutif akan terlihat stabil takalan mengalami permasalahan ditengahi oleh lembaga yudikatif.

Memenuhi Kependitingan Masyarakat

Birokrasi memiliki tujuan dalam mengartikulasikan kepentingan masyarakat sehingga dapat terpenuhi secara mnyeluruh. Hal ini dilakukan atas pembagian kerja dari pemerintahan yang dapat mengakomodir beragam keinginan masyarakat itu sendiri.

Menjaga Stabilitas Politik

Tujuan adanya birokrasi dalam berbagai bidang juga dibentuk untuk menjaga stabilitas politik dengan upaya memenuhi aspirasi masyarakat agar secara kesleuruhan dapat didengarkan oleh berbagai birokrat yang diberikan wewenang dalam mengaturnya.

Contoh atas tindakan untuk tujuan birokrasi seperti ini terlihat misalnya saja dibentuknya KPU (Komisi Pemilihan Umum) oleh NKRI sebagai salah satu lembaga pemerintahan yang netral dalam penyelenggaraan pemilu.

Pandangan Birokrasi

Sebenarnya, dari tujuan birokrasi diatas terdapat pandangan mengenai birokrasi. Pertama adalah pandangan yang positif. Kedua adalah pandangan negatif atau persepsi buruk terhadap birokrasi Terakhir adalah pandangan netral. Pandangan-pandangan tersebut dapat kita uraikan sebagai berikut:

Positif

Birokrasi yang tersusun secara legal rasional dan bekerja secara efisien serta efektif. Birokrasi tercipta karena adanya kebutuhan adanya penghubung antara negara dengan masyarakat dalam mengejawantahkan kebijakan negara. Birokrasi dibutuhkan dengan baik oleh masyarakat.

Negatif

Birokrasi penuh dengan beragam macam penyakit, organisasi tambun, boros tidak efisien dan tidak efektif. Sehingga dalam hal ini birokrasi merupakan alat penindas kaum miskin dan membela dan menguntungkan kepentingan kaum kaya.

Netral

Birokrasi merupakan keseluruhan pejabat negara pada cabang eksekutif atau organisasi berskala besar. Birokrasi bekerja pada badan-badan yang dimiliki oleh pemerintah dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan sesuai kebijakan-kebijakan yang telah tersusun sedemikian rupa.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan tujuan birokrasi secara umum dalam berbagai bidang pendidikan, pemerintahan, dan juga layanan publik. Semoga memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *