Pengertian Etnosentrisme, Ciri, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Etnosentrisme Adalah

Etnosentrisme sejatinya merupakan salah satu sikap mengunggulkan asas kebangsaannya sendiri. Kita tidak bisa menghindari adanya etnosentrisme dalam kehidupan sehari-hari. Lantaran hal ini disebabkan semua orang mempunyai reaksi terhadap praktik, kepercayaan maupun budaya yang dimiliki oleh orang lain. Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini mengulas terkait etnosentrisme.

Etnosentrisme

Apabila kita melihat sisi positifnya, etnosentrisme yang muncul di masyarakat ini sebenarnya bangga terhadap budaya sendiri dapat mempererat persaudaraan antar bangsanya. Namun, pada realitanya etnosentrisme kerapkali menyebabkan kesalahpahaman dan konflik karena perasaan tidak suka terhadap budaya lain.

Pengertian Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah kecenderungan dalam memandang arti norma serta makna nilai pada kelompok budaya maupun etnisnya sebagai yang terbaik dan dijadikan standar ukuran dan perlakuan terhadap kebudayaan atau etnis lain. Etnosentrisme mengakibatkan adanya jurang pemisah antar kelompok budaya maupun etnis sehingga menimbulkan ketidakharmonisan.

Sehingga dalam hal ini etnosentrisme bentuk pandangan bahwa sistem kepercayaan serta nilai-nilai kelompok etnis tertentu yang secara moral dianggap lebih unggul daripada yang lainnya. Sehingga kerapkali pembahasaan ini menimpulkan kesalahpaham dari asal bahasanya, yaitu Yunani dari kata “ethnos” yang memiliki makna bangsa atau orang.

Pengertian Etnosentrisme menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat para ahli, definisi etnosentrisme antara lain adalah sebagai berikut;

Merriam Webster

Definisi dari etnosentrisme adalah sikap yang menganggap kelompok, etnis atau bangsanya lebih tinggi daripada yang lainnya. Etnosentrisme berkaitan erat dengan keangkuhan dan menjad dasar kebencian satu sama lain.

William Graham Sumner

Pengertian etnosentrisme yaitu berkaitan dengan kepercayaan bahwa busaya seseorang lebih baik daripada budaya lainnya. Hampir semua orang cenderung memiliki sikap etnosentrisme.

Levinson

Pengertian dari etnosentrisme didasarkan atas sikap seorang yang khas dan kaku pada kelompok-kelompoknya. Etnosentrisme berkaitan dengan citra negatif seperti sikap tidak baik kepada kelompok lain. Selain itu, etnosentrisme juga menunjukkan sikap positif yaitu kepatuhan terhadap kelompoknya. Meskipun begitu menimbulkan hirarki kedudukan bahkan sikap otoriter.

Haris

Definisi etnosentrisme yakni kecenderungan pada individu yang menganggap kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok lain. Kelompok lain tersebut dianggap liar, tidak berperikemanusiaan serta menjijikkan bahkan tidak rasional.

Coleman dan Cressey

Makna dari etnosentrisme berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka adalah budaya yang terbaik. Dalam pandangan tersebut, etnosentrisme memandang norma dan nilai yang dianut sebagai hal yang mutlak serta dipakai sebagai standar dalam menilai dan mengukur budaya lain.

Levine dan Campbell

Definisi dari etnosentrisme yakni sikap maupun pandangan bahwa nilai-nilai berasal dari budaya sendiri serta digunakan dalam menilai budaya lain yang nilaianya berbeda satu sama lain. Setiap individu cenderung menilai budayanya secara objektif dan otomatis memandang budaya lain salah, inferior maupun tidak bermoral.

Hogg

Pada hakikatnya, etnosentrisme melibatkan atribusi internal dan eksternal. Individu akan memiliki cara pandang yang positif pada in group dan memiliki cara yang negative pada out group secara inernal. Begitu pun sebaliknya, hal yang dipandang negatif pada in group serta hal yang dipandang positif pada out group akan diatribusi secara eksternal.

Ciri Etnosentrisme

Karakteristik etnosentrisme akan tampak dalam berbagai aspek kehidupan. Terdapat beberapa ciri etnosentrisme seperti berikut ini:

  1. Terdapat etnis yang masih tinggal secara ekslusif dalam wilayah tertentu

Ada beberapa etnis yang menghuni daerah lain di mana dalam satu pemukiman dihuni oleh satu etnis saja. Sehingga pemukiman tersebut sering dinamakan sebagai kampung etnis yang menghuni. Meskipun pendatang, mereka menjadi dominan di daerah tersebut.

  1. Terdapat kelompok yang cenderung memprioritaskan etnisnya dalam merekrut tenaga kerja

Ada beberapa etnis yang mengenal sistem marga atau trah, yang mana apabika merekrut pegawai diutamakan yang memiliki marga atau trah yang sama. Hal tersebut diakibatkan karena mereka merasa masih memiliki hubungan kekerabatan.

  1. Memiliki sikap membeda-bedakan kelompok etnis atau budaya dalam urusan bisnis

Pada urusan bisnis, sikap etnosentrisme terlihat ketika mereka memilih-milih partner bisnis maupun perlakuan usaha yang berbeda kepada etnis lain. Ketika salah satu etnis memimpin perdagangan, maka dapat merugikan etnis lain. Sebaliknya, bagi etnis yang sama mereka akan memperlakukannya secara istimewa.

  1. Kurangnya rasa solidaritas dan kebersamaan sosial antar tetangga atau masyarakat

Sejatinya beragam macam solidaritas hanya terbangun pada sesama etnis saja. Bahkan, sering timbul prasangka negatif pada etnis lain karena perbedaan budaya dan kebiasaan. Akibatnya, tidak tercipta hubungan yang harmonis di dalam masyarakat.

  1. Tidak mau mengembangkan rasa identitas nasional secara utuh

Banyak yang menuntut kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompoknya sendiri. Oleh karena paham etnosentrisme yang dialkukan kembanyakan orang pada akhirnya menimbulkan banyak kerusuhan karena tuntutan maupun penodaan terhadap budaya atau etnis.

Dampak Etnosentrisme

Etnosentrisme mengakibatkan munculnya dampak yang negatif dalam masyarakat, berbangsa, dan berbegara. Namun, di sisi lain, etnosentrisme juga memiliki dmapak positif. Seperti yang kita kaji dalam artikel ini, terdapat dampak positif dan negative dari etnsoentrisme.

Dampak Positif

Di bawah ini adalah manfaat yang dapat kita ambil dengan adanya etnosentrisme yaitu:

  1. Mempererat solidaritas kelompok

Rasa memiliki antar anggota kelompok budaya maupun kelompok etnis sudah mandarah daging dalam konsep etnosentrisme. Hal ini mempererat hubungan dalam kelompok masing-masing layaknya keluarga.

  1. Meningkatkan sikap tolong-menolong antar sesama etnis atau budaya yang sama

Oleh karena rasa saling memiliki satu sama lain, maka akan meningkatkan rasa tolong menolong baik dalam urusan pribadi, pekerjaan dan hal yang menyangkut martabat kelompoknya.

  1. Terjaganya kelestarian nilai etnis dan budaya masing-masing

Etnosentrisme menjunjung tinggi keunggulan yang dimiliki oleh bangsanya. Budaya yang dimiliki dijaga dan dilestarikan dengan baik. Perlindungan terhadap budaya dan pelanggaran adat istiadat sangat diperhatikan.

Dampak Negatif

Selain memiliki dampak yang positif, etnosentrisme lebih cenderung berdampak negatf bagi masyarakat, bangsa dan negara. Dampak negatif etnosentrisme antara lain sebagai berikut:

  1. Separatisme

Separatisme atau pemisahan diri akan terjadi ketika kelompok merasa terusik. Perekonomian yang sulit, akses komunikasi yang dibatasi, serta hak-hak lain yang belum terpenuhi mengakibatkan kelompok etnis atau budaya merasa tidak dihargai dalam negara. Akibatnya mereka memilih untuk memisahkan diri.

  1. Disintegrasi Bangsa

Disintegrasi atau perpecahan merupakan ujung dari semua dampak yang terjadi. Hal ini mengakibatkan terganggunya stabilitas politik dan keamanan dan penguasaan negara oleh negara lain yang turut campur tangan. Rasa curiga antar dan konflik antar kelompok budaya adalah dukungan dalam mempercepat proses disintegrasi. Rasa aman dalam satu negara menjadi terancam.

  1. Monopoli perdagangan

Monopoli bisa terjadi ketika salah satu etnis baik pendatang maupun etnis asal menguasai perdagangan. Penguasaan perdagangan atau usaha mengakibatkan mereka memiliki status sosial yang tinggi dalam masyarakat dan menganggap status sosial etnis atau budaya lain rendah.

  1. Ketergantungan berlebih antar anggota kelompok

Pengertian solidaritas dan rasa kepemilikan yang tinggi mengakibatkan ketergantungan antar anggota kelompok yang tinggi. Akibatnya masarakat sulit menyesuaikan diri dengan orang luar yang berbeda etnis maupun kebudayaan.

  1. Lambannya perkembangan dan kemajuan masyarakat

Masyarakat yang menunggulkan budayanya serta memandang rendah budaya lain cenderung menutup diri, tidak terbuka terhadap budaya dan ilmu baru yang datang dari luar. Akibatnya perkembangan masyarakat cenderung stagnan dan berjalan lamban.

  1. Konflik dan perselisihan antar kelompok budaya

Selain mengunggulkan budaya maupun etnis sendiri, menjaga martabat bangsanya adalah hal utama yang harus dilakukan oleh masyarakat.

Penghinaan terhadap salah satu anggota kelompok budaya, merupakan penghinaan terhadap seluruh anggota kelompok budaya. Akibatnya sering terjadi perang antar suku atau konflik antara masyarakat adat dengan sistem pemerintahan.

Contoh Etnosentrisme

Berikut adalah contoh etnosentrisme yang sering kita jumpai dalam masyarakat, antara lain yaitu:

Etnosentrisme dalam hal agama

  • Penghancuran rumah ibadah minoritas di wilayah penduduk agama mayoritas. Seperti penghancuran masjid di Papua, pembakaran gereja di Aceh dan berbagai wilayah lain.
  • Pandangan negatif terhadap cara berpenampilan pemeluk agama lain.
  • Penodaan agama baik di masyarakat secara langsung maupun di media sosial yang menimbulkan debat kusir.

Etnosentrisme dalam hal politik

  • Terdapat etnis tertentu yang tidak mau mengikuti kebijakan negara, seperti masyarakat adat yang lebih mengikuti aturan adat daripada aturan yang dibuat pemerintah.
  • Pemilihan kepala negara atau pejabat pemerintahan berdasarkan etnis atau kelompok budaya yang sama dengan pemilih.

Etnosentrisme dalam hal ekonomi

  • Etnis Tionghoa sebagai pendatang yang menguasai perekonomian dan manjadikan orangnya (keluarga) di jajaran atas perusahaan, dan mempekerjakan pribumi menjadi bawahan.
  • Doktrin bahwa orang Bandung terkanal dengan penjual syomai, orang Madura penjual sate, dan orang Padangdengan usaha rumah makan Padang menjadikan mereka menyebar ke seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti jejak pendahulunya.

Etnosentrisme dalam hal sosial budaya

  • Sistem kasta di Bali dan masyarakat Hindhu yang membuat masyarakat terbagi menjadi tingkatan status sosial
  • Perang suku antara Sampit dan Madura yang diakibatkan karena membela salah satu anggota kelompoknya yang mengalami konflik.

Itulah tadi ulasan serta bahasan secara lengkap yang bisa kami berikan kepada pembaca terkait dengan materi pengertian etnosentrisme menurut para ahli, ciri, dampak positif/negatif, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga dengan artikel ini memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • https://www.merriam-webster.com/dictionary/ethnocentrism
  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23232/Chapter%20II.pdf?sequence=3&isAllowed=y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *