Manfaat PBB Bagi Indonesia dan Dunia

Diposting pada

Peran PBB

DosenPPKN.Com– PBB menjadi salah satu simbul organisasi internasional yang mampu menyatukan seluruh Negara berdaulat, secara de facto setiap bangsa merdeka akan senantiasa mentaai aturan yang menjadi komitmen bersama, yaikni menjaga perdamaian dan kenyamanan bagi setiap warga Negara. Bahkan sampai saat ini, yang menjadi anggota PBB berjumlah 193 Negara, termasuk di dalamnya Indonesia. Adapun untuk peran PBB bagi Indonesia dan Negara diseluruh dunia, antara lain menjaga kerjasama internasional dan penyimpangan hukum-hukum yang ada.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau “United Nations Organization” dicetuskan oleh dua tokoh dunia, Franklin Delana Roosevelt (Presiden Amerika Serikat) dan Winston Churchill (Perdana Mentri Inggris) pada Tanggal 14 Agustus 1941 yang menghasilkan Piagam Atlantic Charter.

Sejarah singkat PBB ini tidak boleh terlupakan bagi siapapun, lantaran didalamnya terdapat asas-asas PBB dan Tujuan PBB ddilahirkan sebagai upaya menjaga keamanan, kedamaian, dan memperlancar sarana hubungan internasional antar Negara.

Manfaat PBB bagi Indonesia dan Dunia

Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut inilah beberapa contoh kasus mengenai peranan PBB bagi Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia dalam upaya mewujudkan perdamaian, keamanan, peningkatan kesehatan, dan kesejahteraan secara ekonomi.

Peran PBB untuk Indonesia

Salah satu manfaat PBB bagi Indonesia ialah mampu menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan Kolonial Belanda untuk masalah Irian Barat (Irian Jaya) yang saat ini menajdi Provinsi Papua. Hal ini dilakukan sejak bergabungnya Indonesia kedalam anggota PBB.

Anti Penjajahan

Peran PBB untuk warga Negara ini khususnya dilakukannya kampanye program antipenjajahan di Kawasan Benua Asia dan Benua Afrika sehingga lahir negara-negara merdeka. Hal ini dilakuakan lantaran pada saat itu terjadi perjajahan yang sangat siginifikan, seperti Penjajahan dilakukan Inggris, Belanda, dan Negara Eropa lainnya.

Penyelesaikan Konflik

Peran PBB yang sangat terasa bagi masyarakat dunia ialah mampu memberika solusi bahkan menyelesaikan konflik yang peranah terjadi Timur Tengah perebutan kekuasaan dalam Terusan Suez antara Negara-negara yang berada di dalamnya.

Menyelsaikan Konflik Amerika dan Rusia

Kedua Negara maju ini seringkali terlibat konflik yang berkepanjangan, bukan hanya soal teknologi akan tetapi idiologi kedua Negara sangatlah berbeda. Salah satu peran PBB untuk kedua Negara ini mampu memberikan penyelesaikan konfrontasi Amerika Serikat dan Rusia mengenai masalah penempatan peluru kedali di Kuba.

Pasukan Perdamaian

Peran lainnya yang terlihat dalam PBB ialah penempatan pasukan perdamaian di berbagai negara yang sedang dilanda konflik untuk mengawasi secara serius gencatan senjata seperti di Timur Tengah (Iran, Irak, Palestina, dan Israel), Namibia, Afrika, Vietnam, Bosnia, dan lain sebaginya lain-lain.

Ekonomi

Peran PBB dalam ekonomi yang terlihat secara nyata misalnya saja ialah memberikan serangkaian bantuan keuangan, fasilitas, dan tenaga ahli untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat di negara berkembang seperti melalui oragnisasi di bawah kedallinya, seperti UNICEF, WHO, FAO, UNESCO, UNDP (United Nations Development Programme), IMF, Woild Bank, dan sebagainya.

Bahkan untuk di Indonesia peran PBB dalam ekonomi ini juga terlihat pada masa Jatuhnya Orde Baru yang pada saat itu dibawah kendali Presiden Soeharto. Secara serius PBB memberikan bantuan pengentasasn krisisi moniter melalui pinjaman uang dari IMF.

Bagunan Sejarah

Nilai sejarah menjadi salah satu unsur yang tidak boleh dilupakan setiap bangsa-bansga di dunia, dalam peranannya PBB pernah memberikan serangkaian bantuan dana untuk renovasi bangunan bersejarah seperti Candi Borobudur yang ada di Indonesia.

Kesehatan

Dalam urusan kesehatan peran PBB juga terlihat siginifikan, misalnya saja dalam upaya ini PBB membentuk WHO yang berusaha memberikan bantuan penanggulangan penyakit-penyakit kronis dan menular, seperti cacar dan HIV (AIDS).

Sosial

Dalam segi sosial peran PBB yang dapat dilihat misalnya saja tentang pemberiankan bantuan kepada pengungsi internasional, yang dialkukan melalui UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees). Bantuan ini khusus diberikan kepada Warga Negara dunia yang sedang dilanda bencana alam, konflik sosial, dan lain sebaginya.

Bahkan khusus bidang sosial PBB juga berperan dalam membantu pengungsi di Aceh (Indonesia) dan rekonsiliasi pembangunan melalui struktur organisasi PBB, yang pada tahun 2004 salah satu Provinsi di NKRI ini terkena Tsunami dengan kerugian material dan non material rutasan miliar.

Dari serangkaian penjelasan tentang peran PBB bagi Indonesia dan dunia diatas, secara keseluruhan dapatlah disimpulkan bahwa konsep utama dari oragnisasi ini ialah mengangkat harkat dan martabat setiap manusia, untuk mendapatkan hak-haknya sebagai Warga Negara.

Demikianlah tulisan tentang manfaat PBB bagi Indonesia dan dunia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan edukasi bagi segenap pembaca yang mencari referensi tentang matri “PBB”. Trimakasih,

3.7 (73.33%) 3 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *