Sistem Hukum di Indonesia: Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan

Diposting pada

Ciri Sistem Hukum di Indonesia

Norma hukum merupakan hal penting dalam menjaga kesetabilan suatu bentuk negara. Hukum menjadi perisai dari segal tindakan tindakan yang akan merugikan negara. Dengan adanya hukum segala tatanan kehidupakan akan terjaga baik di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa mapun bernegara.

Indonesia sebagai negara hukum yang tertuang dalam UUD NKRI 1945 Pasal 1 ayat 3, menempatkan hukum pada pondasi negara. indonesia juga memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan UUN NRI 1945 sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Maka tak heran jika hukum memiliki peran penting dalam kehidupan. Untuk memahami lebih lanjut tentang hukum maka artikel ini akan mengulas tentang pengertian sistem hukum di indonesia, ciri, kelebihan dan kekurangan.

Sistem Hukum Indonesia

Pada umumnya sistem pemerintahan dalam hukum di Indonesia merupakan kesatuan unsur yang masing-masing saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan kesatuan tersebut. Selain itu sitem hukum di Indonesia dalam pengertainnya tersusun dari sejumlah bagian-bagian yang dinamakan subsistem hukum, yang bersatu memebentuk kesatuan yang utuh.

Kesatuan tersebut kemudian dimplementasikan dalam unsur-unsur yuridis seperti peraturan, asas hukum, dan lain-lain. Sehingga dalam hal ini sitem hukum merupakan hal yang kompleks, karena didalamnyaterdapat bagian bagian yang saling berhubungan.

Sistem hukum sendiri merupakan bagian penting dalam kehidupan. Karena hukum menjadi pedoman dalam berperilaku dan dapat menjamin keseimbangan hak dan kewajiban individu. Baca jugaDasar Hukum Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa Indonesia

Ciri Sistem Hukum Di Indonesia

Berkaitan dengan sistem hukum di Indonesia terdapat beberapa ciri-ciri yang oerlu dketahui. Berikut adalah ciri-ciri sistem hukum di Indonesia :

  1. Berisikan peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat, bangsa dan bernegara.
  2. Sistem hukum atau peraturantersebut dibentuk oleh badan-badan resmi yang berwenang
  3. Peraturan atau hukum yang dibuat bersifat memaksa bagi seluruh masyarakat
  4. Tendapat sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut secara tegas
  5. Hukum tersebut berisi perintah dan atau larangan
  6. Setiap perintah dan atau larangan yang dibuat harus dipatuhi oleh setiap orang

Kelebihan Sistem Hukum di Indonesia

Setiap sitem yang belaku tentu akan memiliki kelebihan maupun kelemahannya. Begitu pula dengan sistem hukum yang berlaku di Indonesia. Berikut adalah uraian kelebihan sisitem hukum Indonesia:

Susunan Peraturan

Kelebiha sistem hukum indonesi diantaranya dapat dilihat  bahwa susunan peraturan perundang-undangan di Indonesia di susun secara baik dan sistematis. Peraturan penrundang-undangan disusun mulai dari peraturan yang paling atas hingga peraturan yang paling rendah, serta diantara peraturan-peraturan tersebut tidak saling tumpang tindih karena di atur oleh berbagai macam adagium.

Sumber Hukum

Selain itu di Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan UUDNRI 1945 sebagai sumber hukum yang paling utama dan tertinggi. UUDNRI 1945 dianggap  paling sempurna di dunia walaupun didalamnya  hanya tersususn dari beberapa Pasal saja. selain itu pada  pembukaannya UUD NRI 1945 mengatur keseluruhan dari tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang merdeka dan berserikat. Baca jugaAmandemen UUD 1945

Kekurangan Sistem Hukum di Indonesia

Selain kelebihan sistem hukum di Indonesia jugatiidak lepas dari kekurangan atau kelemahan yang menyertainya. Berikut uraian kekurangan sistem hukum di Indonesia:

  1. Adanya campur Tangan Politik. Dapat kita lihat bahwa kasus-kasus hukum di Indonesia banyak yang terhambat dalam penyelesaiannya karena adanya campur tangan politik. Hal tersebut banyak terjadi pada  kasus-kasus besar yang berdimensi struktura. Kebanyakan kasus saat ini melibatkan beberapa partai politik penguasa negara.
  2. Peraturan perundang-undangan dibuat untuk kepentinagan penguasa. Banyak sekali peraturan atau hukum yang lebih berpihak kepada kepentingan penguasa dibandingkan   kepentingan rakyat.
  3. Rendahnya integritas moral, profesionalitas, kredibilitas dan kesadaran hukum para aparat penegak hukum dalam melakukan penegakan. Banyak sekali beberapa aparat penegak hukum di Indonesia saat ini bisa dikatakan sangat rendah. Mereka dengan mudahnya dapat disuap oleh para tersangka agar terbebas atau paling tidak mendapat hukuman yang lebih ringan dari kasus hukum yang mereka hadapi.
  4. Kedewasaan Berpolitik. Beberapa sikap yang diperlihatkan oleh partai politik pada saat kadernya terkena kasus poltik,  sesungguhnya menunjukan ketidak dewasaan para elit politik di negara hukum ini.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai pengertian sistem hukum di Indonesia menurut para ahli, ciri, kelebihan dan kekurangan. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan dan referensi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *