Ciri Nasionalisme dalam Masyarakat Indonesia di Keseharian

Diposting pada

Ciri Nasionalisme di Masyarakat

Nasionalisme sejatinya adalah kesetiaan dan pengabdian individu kepada negara-bangsa melampaui kepentingan individu atau kelompok lainnya. Nasionalisme ini tentusaja berpendapat bahwa setiap arti bangsa harus memerintah dirinya sendiri, bebas dari campur tangan pihak luar (penentuan nasib sendiri), bahwa suatu bangsa adalah dasar yang alami dan ideal untuk suatu negara, dan bahwa bangsa itu adalah satu-satunya sumber kekuatan politik yang sah (kedaulatan rakyat).

Lebih lanjut nasionalisme juga bertujuan untuk membangun dan mempertahankan satu identitas nasional, berdasarkan pada karakteristik sosial bersama seperti budaya, bahasa, agama, politik, dan kepercayaan dalam sejarah tunggal bersama. Termasuk juga di Indonesia bahwa Nasionalisme juga mendorong kebanggaan terhadap prestasi nasional, dan terkait erat dengan patriotisme.

Nasionalisme

Nasionalisme hakekatnya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu dalam arti luas dan sempit. Nasionalisme dalam arti luas yaitu seseorang yang memiliki perasaan bangga atau cinta kepada bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang rendah derajat bangsa lain.

Sedangkan, dalam arti sempit makna nasionalisme bisa diartikan sebagai perasaan bangga atau cinta kepada bangsa dan tanah air secara berlebih-lebihan, sehingga memandang rendah derajat bangsa lain.

Ciri Nasionalisme

Karakteristik nasionalisme yang ada di dalam masyarakat. Menurut Drs. Sudiyo terbagi atas beberapa hal, antara lain yaitu:

Adanya persatuan dan kesatuan bangsa

Persatuan dan kesatuan bangsa merukakan salah satu ciri khas daripada nasionalisme yang ada di suatu bentuk Negara. Termasuk juga Indonesia berlaku demikian adanya, sebab dengan kesatuan dan persatuan inilah setiap Negara-negara maju atau berkembang dapat menentramkan kehidupan masyarakatnya.

Adanya organisasi modern yang sifatnya nasional

Organisasi modern merupakan salah satu ciri adanya nasionalisme yang ada di masyarakat. Hal ini lantaran dengan moernitas tersebutlah pada akhirnya setiap orang dalam masyarakat mampu menerima keberagaman serta pemikiaran-pemikiran yang terus mendorong dalam kamajuan.

Perjuangan yang dilakukan sifatnya nasional

Diakui ataupun tidak dalam ciri nasionalisme dalam suatu bangsa lainnya ialah adanya perjuangan yang bersifat meingkatkan kecintaannya terhadap Negara, kondisi ini bisa diperoleh apabila pergerakan nasional tersebut dilakukan untuk menopang adanya kamauan setiap masyarakat untuk mampu bergerak maju.

Nasionalisme bertujuan untuk kemerdekaan dan mendirikan suatu negara merdeka dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Mencintai bangsa dan tanah air Indonesia

Khususnya untuk di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam memahami karakteristik nasionalime ini sebanarnya adalah dalam pengamalan Pancasila sila ke 3 yakni “Persatuan Indonesia”. Dengam menjalin persatuan tersebutlah pada akhirnya masyarakat dapat menerima kebragaman yang ada dengan terus memelihara rasa nasionalisme.

Rela berkorban demi bangsa dan Negara

Perasaan untuk rela berkorban dalam memajuan Negara merupakan perwujutan atas sikap nasinalisme yang ada di suatu masyarakat. Hal ini sebenarnya ada dalam setiap tindak tanduk masyarakat yang ters dipeliharan demi mewujukan ketertiban dalam masyarakat.

Bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia

Untuk masyarakat Indonesia karakterik yang ada di nasionalisme selanjutnya ialah adanya rasa kebanggaan yang mampu membawa setiap orang mengakui bahwa dirinya ialah bagian daripada masyarakat Indonesia. Kebanggaan ini terimplementasi dengan tidak membuat malu tanah air.

Kepentingan Bangsa adalah Segala-Galanya

Salah satu perwujuatan dalam nasionalime selanjutnya ialah lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan pribadi dan golongan. Hal inilah pada akhirnya akan membawanya untuk tidak berbuat prilaku penyimpang dalam perundangan-udangan ataupun dalam Ideologi Pancasila.

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwa implementasi dalam nasionalisme ini sejatinya lebih mengutamakan pikiran, sehingga lingkungan pendidikan memiliki peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagimana hal ini juga dapat memberikan jamianan dalam ketentraman hidup bermasyarakat.

Perwujutan Sikap Nasionalisme Seseorang dalam Keseharian

Dalam pelengakap atas karakteristik yang termasuk dalam nasionalime yang disebukan tersebut tentusaja dapat dipahami bahwa perujuatan ini misalnya saja ketika kita berbicara di ruang lingkung resmi, khususnya di Indonesia ialah dengan wajib mempergunakan Bahasa Indonesia sebagai salah satu contoh identitas nasional.

Pemakaian bahasa ini tersebut atas dasar kebanggaan bahwa Indonesia meskipun memiliki banyak bahasa Daerah tetap saja ada bahasa pemersatunya, yakni Bahasa Indonesia. Ketika forum resmi penggunaan dan mempelajari Bahasa Indonesia ialah hal yang wajib, agar semua orang dapat memahami maksud dan tujuan yang diberikan.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan ciri nasionalime yang ada di masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan nemambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *