Badan-Badan PBB dan Tugasnya dari Berbagai Bidang

Diposting pada

Badan PBB dan Tugasnya

Ketika terdapat ASEAN, Uni Eropa, ada juga PBB. Sebagai penduduk yang tinggal di Indonesia, tentu kita tahu bahwa ASEAN adalah persatuan negara se-Asia Tenggara. Bagi yang sering menyaksikan pertandingan Liga Eropa tentu juga tahu apa itu Uni Eropa. Keduanya adalah perkumpulan beragam bentuk negara dalam lingkup benua. Di sini, kita akan membahas mengenai perkumpulan negara dalam lingkup yang lebih besar dari benua, yaitu PBB.

PBB merupakan perkumpulan negara di seluruh dunia. Dasar pembentukannya adalah untuk menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan perdamaian dunia. Badan-badan di bawah naungan PBB dibentuk berdasarkan permasalahan yang harus diselesaikan. Misalnya untuk mengatasi permasalahan HAM dibentuklah UNHCR, untuk mengatasi krisis keuangan maka ada yang namanya IMF, dan sebagainya. Apakah kalian tertarik mempelajari tentang PBB? Mari kita bahas badan-badan PBB dan tugasnya dalam berbagai bidang.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) merupakan organisasi yang anggotanya adalah negara-negara di seluruh dunia. Tujuan dibentuknya PBB adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami negara-negara di dunia dalam segala bidang kehidupan. Seperti ekonomi, pertahanan, kemanan, sosial, HAM, kesehatan, budaya, pendidikan dan sebagainya.

Badan-Badan PBB

Pada awalnya, sejarah PBB terdiri dari enam badan utama antara lain Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosal, Sekretariat, Mahkamah Internasional, dan Dewan Perwalian. Selanjutnya, struktur PBB juga mempunyai badan-badan khusus yang bergerak di berbagai bidang kehidupan. Badan-badam khusus inilah yang akan kita bahas. 

Badan PBB dan Tugasnya di Berbagai Bidang

Berikut ini penjelasan terkait dengan macam-macam Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan tugasnya, antara lain;

FAO (Food and Agriculture Organization of the United Nations)

FAO adalah sebuah organisasi non pemerintah (bukan milik pemerintah) yang hingga tahun 2019 anggotanya lebih dari 130 negara di dunia. Organisasi ini bergerak dalam bidang pertanian dan meningkatkan standar gizi dunia. Organisasi ini didirikan tanggal 16 Oktober 1945 di Roma, Italia. Berikut adalah beberapa contoh dari program yang dijalankan oleh FAO:

  1. FAO bekerja sama dengan pemerintah dan mitranya untuk memberdayakan kaum marginal dalam rangka mengakhiri kemiskinan pedesaan.
  2. FAO membantu memastikan keamanan pangan dengan mengembangkan cara menanam makanan yang akan bekerja di masa depan dalam mengentaskan kelaparan
  3. FAO menetapkan standar global dan bekerja dengan pemerintah dan sector swasta untuk memastikan kualitas dan keamanan pangan di seluruh dunia
  4. FAO mendukung kesetaraan gender di sektor pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian
  5. FAO bekerja dengan pemerintah untuk memastikan penggunaan air dalam pertanian agar lebih efisien, adil dan ramah lingkungan
  6. FAO bertindak sebagai forum pembuat kebijakan netral dan mengembangkan kemitraan dengan semua pihak yang terkait dengan pangan dan pertanian.

IAEA (International Atomic Energy Agency)

Badan ini bertujuan untuk mengembangkan atom untuk tujuan damai. Didirikan tahun 1957 dan berkedudukan di Austria.

Berikut program yang dijalankan oleh IAEA antara lain:

  1. Program aksi untuk terapi kanker
  2. Program kesehatan manusia
  3. Proyek Internasional reactor nuklir inovatif dan siklus bahan bakar
  4. Proyek penggunaan damai ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir, tujuannya adalah untuk:
  • Meningkatkan ketahanan pangan
  • Inisiatif memerangi penyakit zoonosis
  • Menyediakan air minum untuk masyarakat yang kurang terlayani
  • Memperkuat dan mengembangkan insfrastruktur nuklir

ICAO (International Civil Aviation Organization)

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional yang didirikan pada 24 April 1974. Tugas-tugas dari organisasi ini adalah mempelajari, mengatur, dan menyelesaikan permasalahan penerbangan sipil dan keselamatan penerbangan.

ICAO berfungsi sebagai forum negara di dunia untuk penerbangan sipil internasional. Misinya adalah mengembangkan kebijakan dan standar penerbangan sipil, melakukan audit kepatuhan, melaksanakan studi analisis, memberikan bantuan, dan membangun kapasitas penerbangan melalui kegiatan-kegiatan dan kerja sama antar negara anggota serta pihak yang berkepentingan.

ILO (International Labour Organization)

Organisasi Buruh Internasional yang didirikan pada 11 April 1949 dan bermarkas di Jenewa, Swiss. ILO mengadakan perbaikan taraf hidup buruh dan pekerja. Tujuan utama ILO adalah mempromosikan keadilan sosial dan hak-hak asasi manusia dan buruh agar diakui secara internasional.

Dalam rangka mencapai tujuannya ILO menetapkan standar tenaga kerja, mengembangkan kebijakan dan menyusun program yang mempromosikan pekerjaan layak untuk wanita dan laki-laki serta perlindungan sosial untuk semua.

Pada intinya, organisasi internasional ini berusaha agar pekerja, pengusaha dan pemerintah dapat saling menguntungkan satu sama lain dalam rangka perdamaian, kemakmuran dan kemajuan.

IMF (International Monetery Fund)

IMF/Dana Moneter Internasional merupakan organisasi yang mendorong kerja sama moneter global. Selain itu, juga berperan dalam mengamankan stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, mempromosikan lapangan kerja sesuai dengan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan mengurangi kemiskinan dunia. IMF sendiri didirikan pada 27 Desember 1945 dan bermarkas di Washington DC Amerika Serikat.

Dalam memastikan sistem moneter internasional, maka yang dilakukan IMF adalah:

  1. Melacak ekonomi global dan ekonomi negara-negara anggota
  2. Memberikan pinjaman ke negara-negara yang memiliki kesulitan neraca pembayaran
  3. Memberikan bantuan praktis kepada negara anggota

ITU (International Telecommunication Union)

ITU/ Uni Telekomunikasi Internasional merupakan badan khusus PBB yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. ITU didirikan pada tahun 1865 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss. ITU sendiri berperan dalam menghubungkan semua orang di dunia dimanapun mereka tinggal. Tujuannya adalah melindungi dan mendukung hak setiap orang untuk berkomunikasi.

Kegiatan yang dilakukan ITU seperti memfasilitasi konektivitas internasional dalam komunikasi jaringan dan mengalokasikan spectrum radio global dan orbit satelit. ITU juga mengembangkan standar teknis yang memastikan jaringan dan teknologi terhubung dengan lancar, serta meningkatkan akses teknologi informasi dan komunikasi ke daerah atau komunitas yang kurang terlayani di seluruh dunia.

UNESCO

UNESCO (United Nations Educatoional Scientific And Cultural Organization) adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB dalam rangka membangun perdamaian yang didirikan pada 4 November 1946 dan berpusat di Paris, Perancis. UNESCO berfungsi mengentaskan perang dan rasisme, menuntaskan intolerensi budaya serta menegaskan kembali misi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya. Peran UNESCO ditunjukkan dalam:

  1. Mengembangkan pendidikan untuk memberantas kebencian dan intolerensi dengan memberikan akses pendidikan yang berkualitas.
  2. Memperkuat ikatan antar bangsa dengan mempromosikan warisan budaya dan mendorong program ilmiah.
  3. Membela kebebasan berekspresi dengan membantu negara-negara dalam mendorong kebebasan berpendapat dan beragi ilmu pengetahuan.

UNWTO (World Tourism Organization)

Organisasi Pariwisata Dunia adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas promosi pariwisata sehingga dapat diakses secara universal. UNWTO mendorong promosi pariwisata dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengembangkan inklusif dan kelestarian lingkungan, menawarkan kepemimpinan dan dukungan memajukan pengetahuan serta kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

UNWTO yang didirikan pada 2 Januari 1975 dan berpusat di Spanyol ini berperan mendorong penerapan kode etik global dalam bidang pariwisata. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kontribusi sosial-ekonomi pariwisata dan meminimalkan dampak negatifnya.

WHO (World Health Organization)

WHO/ Organisasi Kesehatan Dunia berdiri pada 7 April 1948 dan berpusat di Jenewa, Swiss. WHO berusaha membangun kesehatan yang lebih baik bagi semua orang di seluruh dunia. WHO berperan dalam memerangi penyakit menular seperti influenza, HIV, dan penyakit tidak menular seperti kanker dan jantung.

WHO juga membantu ibu dan anak untuk bertahan hidup untuk menantikan hari tua yang sehat, memastikan keamanan udara yang dihirup oleh semua orang. Tidak kalah penting, WHO juga memastikan terjaminnya kesehatan makanan, minuman, obat-obatan dan terpenuhinya vaksin yang dibutuhkan.

WMO (World Meteoogical Organization)

WMO/ Organisasi Metereologi Dunia merupakan badan khusus PBB. Badan ini bergerak dalam bidang keadaan dan perilaku bumi, interaksinya dengan daratan dan lautan, cuaca dan iklim yang dihasilkan serta distribusi sember daya air yang dihasilkan. Badan ini didirikan pada 23 Maret 1950 dan berupusat di Jenewa, Swiss.

UNHCR (United Nations Commisions on Human Right)

UNHCR / Komisi Tinggi Urusan Pengungsi merupakan organisasi PBB yang didirikan pada 14 Desember 1950 dan berpusat di Jenewa, Swiss. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan nyawa, melindungi hak-hak dan membangun masa depan yang lebih baik bagi para pengungsi, komunitas pengungsi ataupun orang yang tidak memiliki kewarganegaraan.

UNHCR memastikan orang memiliki suaka dan mencari perlindungan yang aman ketika melarikan diri dari kekerasan, perang, penganiayaan maupun bencana.

UNICEF (United Nations Children’s Fund)

UNICEF/ Organisasi Dana Perkembangan Anak-Anak Internasional PBB yang didirikan pada 11 Desember 1948 dan berpusat di New York, AS. UNICEF berperan dalam menyelamatkan nyawa anak, membela arti hak merek dan membantu mereka dalam mengembangkan potensinya mulai dari anak-anak hingga mereka remaja.

Otulah tadi serangkain artikel yang telah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan nama badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan tugasnya dari berbagai bidang yang menanganinya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Sumber Tulisan
  • http://www.fao.org/home/en/
  • http://www.iaea.org/
  • https://www.icao.int/about-icao/Council/Pages/vision-and-mission.aspx
  • https://www.ilo.org/global/about-the-ilo/mission-and-objectives/lang-en/index.htm
  • https://imf.org/en/about
  • https://www.itu.int/en/about/Pages/default.aspx
  • https://en.unesco.org/about-us/introducing-unesco
  • https://www2.unwto.org/content/who-we-are-0
  • https://www.who.int/about
  • https://public.wmo.int/en/about-us/who-we-are
  • https://www.unhcr.org/about-us.html.
  • https://www.unicef.org/about-unicef

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *