Macam Karakter Manusia dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Karakter Manusia

Karakter adalah hal klasik yang sangat menarik diperbincangkan hingga jaman terus berganti. Tujuan kita mengetahui karakter seseorang adalah agar kita bisa menempatkan bagaimana kita bersikap terhadap orang tersebut. Sebaliknya, mengetahui karakter diri sendiri memungkinkan kita untuk intropeksi sikap dan tindakan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Banyak permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat karena rendahnya karakter. Sehingga pendidikan karakter menjadi solusi atas keresahan masyarakat Lantas apakah karakter yang dimiliki oleh setiap orang sama? Bagaimana karakter digolongkan? Karakter seperti apa yang kita punya dan kita inginkan? Mari kita simak macam-macam karakter manusia beserta contohnya pada artikel ini.

Karakter Manusia

Karakter adalah sesuatu yang mempengaruhi manusia bersikap, bertindak dan melakukan perbuatan. Karakter manusia yang satu dengan manusia yang lainnya berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetis dan faktor lingkungan.

Faktor genetis berhubungan dengan keturunan dan gen dalam sistem biologis manusia. Sementara itu, faktor lingkungan yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang antara lain budaya, kelas sosial, keluarga, dan teman sebaya. Faktor lingkungan ini sangat mempengaruhi karakter manusia secara signifikan.

Pengertian Karakter Manusia

Adapun pengertian karakter manusia menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  1. Atkinson. Maksud dari karakter atau bisa kita sebut sebagai kepribadian adalah pola perilaku dan cara berpikir yang khas dan menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan. Karakter mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain dan kepribadian dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.
  2. Robbins. Definisi dari karakter adalah gabungan dari semua cara di mana individu bereaksi dan berinteraksi dengan orang-orang lain. Hal ini tercermin dari sikap seseorang atau bangsa yang membedakannya dengan orang atau bangsa lain.
  3. Merriam Webster. Pengertian karakter adalah atribut atau fitur yang membentuk dan membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Karakter merupakan hal kompleks dari sifat-sifat mental dan jenis etika yang menandai individu, kelompok atau arti bangsa. Dengan kata lain, karakter adalah ciri-ciri menonjol dari manusia.

Macam Karakter Manusia

Hippocreates-Galenus membagi macam karakter menjadi empat kelompok besar dengan fokus pada cairan tubuh yang mendominasi dan memberikan pengaruh kepada individu tersebut. Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa setiap karakter tersebut memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Adapun pembagian macam-macam karakter kepribadian oleh Hipporeates-Galenus, adalah sebagai berikut antara lain:

  1. Sanguinis (Populer)

Cairan yang lebih dominan dalam tubuh seseorang adalah cairan Sanguin. Orang sanguin memiliki karakter yang khas. Mereka memiliki sifat sedikit seperti anak-anak. Dia mudah bergaul dan akrab meskipun dengan orang-orang yang baru dikenalnya sehingga tidak memiliki masalah dalam kehidupan sosialnya. Orang dengan karakter ini sangat suka bicara serta mudah untuk mengikuti sebuah kelompok.

Namun, orang dengan karakter sanguinis cenderung sulit untuk fokus pada satu hal saja. Dia egois, pelupa, suka terlambat dan sering membuat hal kecil menjadi besar. Meskipun demikian, orang dengan karakter sanguinis biasanya tampak mencolok dan terlihat tampil daripada anggota kelompok lainnya. Apabila kita bertemu dengan karakter demikian, maka kita harus memberikan penghargaan yang tulus, lebih banyak mendengar karena mereka suka berbicara, jangan mengkritik secara langsung, dan bertanyalah hal-hal yang dia suka.

Contoh Karakter Sanguinis
  1. Alfy adalah murid baru. Meskipun demikian ia beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan sekolah dan teman barunya. Bahkan seminggu sejak kepindahannya, dia sudah mempunyai banyak teman.
  2. Dody mempunyai kamar yang terpisah dengan anggota keluarganya. Setiap bulan sekali dia menata kamarnya secara berbeda seperti mengubah posisi tempat tidur, lemari, dan mengganti cat dinding. Ketika week end, dia pergi bersama teman-temannya untuk menghilangkan kebosanan atas pekerjaannya.
  3. Karin menyukai hidup mewah, dia suka membuat orang lain terkesan dengan pakaian mahal atau tren baru yang ia pakai agar terlihat mencolok dan menjadi pusat perhatian bagi orang di sekitarnya.
  1. Koleris (Kuat)

Manusia dengan karakter koleris memiliki kemampuan memimpin yang bagus karena dia bisa dengan mudah untuk mengambil suatu keputusan. Mereka memiliki tujuan yang baik untuk kedepannya serta selalu produktif dan dinamis. Orang dengan karakter koleris menyukai kebebasan dan selama hidupnya akan selalu bekerja keras. Namun, orang dengan karakter ini suka memerintah karena sifat kepemimpinan yang dimilikinya.

Mereka sulit untuk mengalah, menyukai pertentangan, mudah terpancing emosinya, tidak mudah untuk disuruh sabar dan tipe orang yang keras kepala karena kemauannya yang tinggi.

Apabila kita bertemu dengan orang yang memiliki karakter ini kita beri dia penghargaan tulus atas hasil kerjanya, berbicara langsung pada topik persoalan, berbicara dengan fakta dan bukti, mintalah pandangan dan pendapatnya, harus siap dikritik dan jangan menyalahkan secara langsung ketika dia salah.

Contoh Karakter Koleris
  1. Seorang mahasiswa sedang mengerjakan tugas akhirnya. Dia ingin cepat menyelesaikannya agar bulan berikutnya bisa melamar pekerjaan. Ketika sibuk mengerjakan tugas akhir, dia hanya fokus pada hal tersebut dan tidak bisa terganggu dengan hal lain yang ada di sekitarnya. Ia tidak mau melakukan hal yang membuang waktunya.
  2. Dika adalah seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan. Di tempat kerja, dia mengerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh agar selesai tepat waktu. Ketika pulang, dia meluangkan waktu untuk membaca buku atau berolahraga. Bahkan dia mempunyai pekerjaan sampingan yaitu sebagai desain grafis yang dilakukannya ketika di rumah.
  3. Ina sedang berbicara santai dengan temannya. Teman-temannya sedang membicarakan kelebihan mereka masing-masing dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Mereka bilang bahwa mereka cepat dalam bekerja, suka tantangan dan semacamnya. Namun, berbeda dengan Ina. Dia tidak mau berbicara panjang lebar tentang kelebihan yang dimilikinya. Dia lebih baik diam dan membuktikan bagaimana ia bekerja lewat aksi.
  1. Melankolis (Sempurna)

Manusia dengan karakter melankolis merupakan tipe manusia yang memiliki sifat analitis, suka memperhatikan orang lain, perfeksionis, hemat, tidak begitu menyukai perhatian, serius, artistik, sensitif dan senantiasa rela berkorban. Namun, mereka yang memiliki karakter melankolis kurang bisa menyuarakan opininya. Seringkali mereka juga memandang masalah dari sisi buruknya. Mereka juga kurang bisa bersosialisasi dengan baik.

Banyak orang melankolis berbakat menjadi pengusaha yang hebat dan sukses. Apabila kita bertemu dengan orang yang memiliki karakter ini, maka kita harus bersikap sopan, berbicara sistematis, penjelasan terperinci dengan fakta, buat daftar keuntungan dan kerugian, siapkan pembagian alternatif, dan jangan didesak untuk mengambil keputusan.

Contoh Karakter Melankolis
  1. Ani sangat teratur, dia selalu membuat jadwal kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Dia sangat senang melakukannya agar hidupnya menjadi teratur dan tidak menyiaka-nyiakan waktu. Bahkan setiap detail kegiatan yang ia lakukan dan akan dilakukan pun ia ingat.
  2. Pak Zaky adalah seorang guru, ia diminta untuk berpidato dalam upacara bendera. Mendengar perintah tersebut, ia mempersiapkan pidato dengan rapi di hari sebelum upacara agar sempurna ketika tampil di depan. Ketika berpidato, dia mengekspresikan diri dengan tepat, tidak berlebihan dan memberikan informasi yang relevan dengan topik pidato yang dibawakannya.
  1. Phlegmatis (Cinta Damai)

Manusia dengan karakter phlegmatis merupkaan individu yang suka dengan kedamaian. Mereka netral dalam segala macam konflik tanpa memilih kubu. Pada kehidupan sosialnya, orang dengan karakter phlegmatis akan lebih senang menjadi pendengar yang baik daripada sebagai pelaku cerita. Mereka mempunyai selera humor yang bagus meskipun sarkastik, menyukai aturan, mudah bergaul dan suka mencari jalan pintas.

Orang dengan karakter ini tidak suka dipaksa, suka menunda sesuatu dan memiliki antusias yang kurang terhadap hal-hal baru. Apabila bertemu dengan orang yang memiliki karakter ini, maka kita harus berbicara dengan cara bersahabat, menjelaskan masalah sederhana dan jangan terlalu rumit, memberikan keyakinan, jangan berbicara terlalu agresif, dan jangan didesak atau diburu-buru.

Contoh Karakter Phlegmatis
  1. Ika suka bekerja sama. Ketika belajar kelompok, temannya meminta dia untuk datang ke rumahnya. Kemudian Ika tidak menolaknya dan mengiyakan permintaan temannya. Dia tidak mau hal tersebut menjadi konflik dan hubungan baik dengan temannya tetap terjaga.
  2. Sinta adalah seorang kakak, dia selalu mengamati tingkah laku adiknya, mendengar semua keluhan yang disampaikan adiknya dan memberikan solusi atas permasalahan. Dia juga suka mengalah dan tidak mau bertengkar dengan adiknya.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis karakter yang ada pada manusia dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi dan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  • http://eprints.umg.ac.id/2026/2/BAB%20II.pdf
  • https://psychologia.co/melancholic-personality/
  • https://psychologia.co/sanguine-personality/
  • https://psychologia.co/choleric-personality/
  • https://psychologia.co/phlegmatic-personality/
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *