Contoh Proses Sosial dalam Masyarakat

Diposting pada

Proses Sosial di Masyarakat

Manusia sebagai makhluk sosial, tentu tidak lepas dari proses sosial dalam hubungannya di dalam contoh lingkungan masyarakat. Pembahasan mengenai proses sosial dan contoh-contoh proses sosial yang terjadi sehingga menjadi sangat penting untuk diketahui. Lantaran setiap orang secara sadar ataupun tidak senantiasa melakukannya.

Proses Sosial

Proses sosial adalah serangkaian pola hubungan manusia yang terbentuk dalam interaksi sosial, baik dilakukan secara individu maupun kelompok untuk membangun sistem relasi yang memiliki ciri khas dan dapat mengubah pola kehidupan yang ada.

Keberagaman dalam berbagai aspek di masyarakat akan berpengaruh terhadap cara berinteraksi dimana semua aspek kehidupan masyarakat, baik interaksi antar individu, interaksi antara individu dengan kelompok, maupun interaksi antar kelompok. Interaksi sosial menjadi faktor utama penentu keberhasilan dalam hubungan masyarakat.

Proses Sosial Menurut Para Ahli

Banyak pakar dalam arti sosiologi yang mendefinisikan mengenai proses sosial, antara lain sebagai berikut;

Soerjono Soekanto

Proses sosial adalah terjadinya kesinambungan dalam hubungan sosial yang terjadi dalam apabila perorangan dan kelompok, sehingga keduanya saling bertemu untuk menemukan mekanisme serta macam-macam hubungan yang terjadi dalam kedunya.

Maclver

Proses sosial diartikan sebagai pola perilaku dimana relasi social antar anggota kelompok menghasilkan karakteristik yang khas.

Contoh Proses Sosial

Contoh proses sosial yang terjadi di masyarakat dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Masyarakat dalam Ekonomi

Misalnya saja kejadian terkait dengan Ibu Lisda menukarkan dagangannya berupa umbi-umbian dengan satu kilogram ikan bawal di pasar Warloka kabupaten Manggarai Barat, pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dalam hal inilah terjadi bentuk proses sosial pada ilustrasi diatas termasuk jenis asosiatif berupa kerjasama tradisional. Hal tersebut karena dalam contoh interaksi sosial diatas terkadi kesepakatan antar-individu yang masih berhubungan dengan tradisi di Indonesia, yaitu sistem barter.

Kooptasi

Seorang karyawan menandatangani surat perjanjian kerja sebagai hasil kesepakatan atas kerjasama untuk masa kerja dua tahun kedepan. Bentuk proses sosial pada ilustrasi diatas termasuk jenis asosiatif berupa kerjasama kontrak.

Dikatakan kerjasama kontrak karena, terjadi kesepakatan yang dilaklukan atas dasar syarat-syarat atau aturan tertentu yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Pemerintah

Misalnya saja kejadian terkait dengan perselisihan antara sistem pemerintahan daerah dengan masyarakat yang memperebutkan hak milik tanah seluas satu hektar. Kedua belah pihak merasa sama-sama memiliki hak atas tanah tersebut, sehingga terjadilah proses ajudikasi untuk menyelesaikan permaslahan tersebut.

Bentuk proses sosial pada ilustrasi diatas termasuk jenis asosiatif berupa akomodasi. Dikatakan sebagai proses akomodasi karena terjadi penyesuaian sebagai upaya untuk mengatasi ketegangan antara pemerintah dengan masyarakat agar tercipta keseimbangan. Proses ini biasa disebut dengan akomodasi ajudikasi.

Pasar

Terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli di pasar tradisional.  Sehingga dalam hal ini terjadi bentuk proses sosial pada ilustrasi diatas termasuk jenis asosiatif berupa akomodasi. Dalam hal ini, terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli. Keduanya saling berkompromi dan menyepakati harga. Proses ini disebut dengan akomodasi kompromi.

Agama

Ketika bulan puasa, Yosi tidak makan di depan teman-temannya yang sedang menjalankan ibadah puasa sebagai contoh toleransi meskipun dirinya tidak melaksanakan ibadah puasa. Bentuk proses sosial pada ilustrasi diatas termasuk jenis asosiasi berupa akomodasi. Hal tersebut karena Yosi menghargai orang lain. Proses ini biasa disebut dengan akomodasi berupa arti toleransi.

Keluarga

Rani adalah suku jawa. Dia menikah dengan Rido yang merupakan suku bugis. Dalam hal ini terjadi percampuran budaya antara budaya jawa dan budaya bugis. Pernikahan campuran tersebut menjadi salah satu usaha untuk mengurangi perbedaan. Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis asosiasi berupa asimilasi.

Indonesia

Setiap hari raya Idhul Fitri, keluarga Pak Bambang yang ada di Indonesia selalu membagikan angpao kepada anak-anak yang datang bersilaturahmi ke rumah mereka. Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis asosiasi berupa akulturasi.

Tradisi pemberian angpao merupakan budaya tionghoa yang kemudian bercampur dan diterapkan oleh masyarakat muslim Indonesia. Tradisi ini masih dilakukan sampai saat ini karena dianggap mengandung arti nilai kebajikan, berbagi rezeki dengan orang lain.

Persaingan

Pak Andi dan pak Burhan bersaing memperebutkan jabatan sebagai direktur di kantornya. Padahal posisi direktur hanya akan ditempati oleh satu orang.  Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis disasosiasi berupa persaingan.

Disebut sebagai suatu persaingan karena keduanya memperebutkan jabatan yang sama sedangkan yang dibutuhkan hanya satu orang, sehingga diantara pak Andi dan pak Budi terjadi persaingan. Persaingan tersebut dikategorikan sebagai persaingan pribadi.

Media Massa

Salah satu masyarakat di desa X memberikan berita palsu kepada kelompok masyarakat di desanya bahwa salah satu masyarakat di desa Y telah menjelek-jelekan masyarakat desa X.  Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis disasosiasi berupa kontravensi.

Dikatakan kontravensi karena dalam kasus pada ilustrasi diatas menggambarkan bahwa ada tindakan yang mengarah pada penyebaran isu-isu yang tidak benar yang dapat menimbulkan perpecahana dan pertikaian antar kelompok masyarakat. Kontravensi dalam kasus tersebut biasa disebut dengan kontravensi intensif.

Sekolah

Terjadi tawuran antara sekolah A dan sekolah B. Proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis disasosiasi berupa pertikaian.

Pertikaian atau perselisihan antar siswa dari dua sekolah mengakibatkan tawuran. Hal ini menunjukan bahwa perselisishan antara dua kelompok pelajar ini sudah bersifat terbuka. Ancaman dan tindak kekerasan kerap muncul dalam sebuah pertikaian.

Domontrasi

Terjadinya beragam arti demontrasi buruh di suatu perusahaan karena meminta kenaikan upah kerja.  Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis disasosiasi berupa konflik. Dalam hal ini terjadi dua benturan kepentingan dan kebutuhan antara dua kelompok sosial yaitu para buruh dan pimpinan perusahaan. Ilustrasi tersebut disebut dengan konflik antarkelas sosial.

Sengketa

Terjadi sengketa perairan natuna antara Indonesia dan Cina pada tahun 2019. Kedua Negara mengklaim bahwa perairan natuna milik Negaranya.  Bentuk proses sosial pada contoh diatas merupakan jenis disasosiasi berupa konflik internasional.

Bentuk Proses Sosial

Berdasarkan pada penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwa jenis broses sosial terbagi menjadi dua bentuk, yaitu asosiatif dan disasosiatif. Dengan penjelasan sebagai berikut;

  1. Asosiatif adalah serangkaian proses sosial yang mengarah pada persatuan dan meningkatkan adanya semacam solidaritas yang meliputi kerja sama, akomodasi, akulturasi dan asimilasi.
  2. Disasosiatif adalah bentuk proses sosial lain yang menyebabkan pertentangan dan perpecahan dalam suatu masyarakat, yang meliputi persaingan, kontravensi, pertikaian, dan konflik

Itulah ulasan atas pembahasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan materi contoh-contoh proses sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *