Deklarasi: Pengertian, Macam, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Deklarasi, Macam, dan Contoh

DosenPPKN.Com– Istilah deklarasi pada dasarnya adalah kata serapan dari Bahasa Inggris “declaration” yang dipergunakan untuk pernyataan di dalam perjanjian, pengungkapan dukungan, atau hal teknis yang berkaitan di dalamnya. Baik dalam segi politik, ekonomi, pemogragaman, dan lain sebaginya. Sebagai penjelasan lengkap dalam artikel ini akan menuslikan tentang pengertian, macam, dan contoh deklarasi yang ada dalam masyarakat.

Deklarasi

Deklarasi adalah perjanjian yang dilakukan seseorang atau lebih dalam mewakili kepentingan dengan tujuan untuk mendapatkan hak-hak serta kewajiban yang sama. Terlebih lagi takala menghadapi permasalahn global deklarasi ini sangat penting untuk dilakukan.

Pengertian Deklarasi

Pengertian deklarasi adalah tindakan berdasarkan tutur kata dalam mengungkapkan atau memberi dukungan pada pihak lain dengan atas namanya sendiri ataupun atas nama Negara. Bahkan dalam berbagai sisi, deklarasi ini sendiri menjadi bagian daripada macam-macam perjanjian internasional.

Pengertian Deklarasi Menurut Para Ahli

Pendapat ahli, tentang definisin deklarasi ini antara lain;

Ali Sastroamidjojo

Menurutnya, pengertian deklarasi adalah aspek yuridis yang menjadi bagian penting dalam hubungan internasional yang dilakukan oleh dua Negara atu lebih dalam menjalankan sistemasisasi kerjasama internasional untuk mengindari konflik berkepanjangan.

Macam Deklarasi

Beragam jenis-jenis dalam deklarasi yang seringkali menjadi acuan untuk mengungkap arti ini, diantarnya;

Perjanjian

Perjanjian menjadi bagian penting dalam bentuk deklarasi, hal ini disebabkan karena setiap unsur-unsur Negara atau tokoh politik mengungkapkan pendapatnya dengan sistem perjanjian di atas kertas. Yang tujuannya ialah untuk meningkatkan legalitas di mata hukum. Contohnya saja seperti perjanjian internasional.

Pernyataan

Macam deklarasi selanjutnya adalah pernyataan yang berarti sebagai tindakan seseorang dalam menjalankan aturan dengan lebih spesifik pada tutur katanya. Tokoh yang sering mengungkapkan hal ini misalnya saja tokoh Negara, seperti dukungan atas pemilihan presiden, DPR, DPRD, dan lain sebaginya.

Dokumen

Dokumen dalam jenis deklarasi artinya adalah kesepakatan kedua belah pihak dalam komitemennya untuk menjalan aturan yang ada. Sistemasiasi ini akan lebih diperkuat lagi jika berhubungan dengan kerjasama internasional sehingga konsepnya akan lebih jelas. Baik dari segi makna atau legalitasnya.

Contoh Deklarasi

Beragam contoh yang bisa disebutkan dalam upaya deklarasi, diantarnya sebagai berikut;

Deklarasi ASEAN di Bangkok

Pada perjanjian yang dilakukan ini berisi tentang pembentukan oragnaisasi ASEAN pada tanggal 8 Agustus Tahun 1967. Pada zona ini yang menjadi anggotanya ada 5 negara termasuk Indonesia, sedangkan untuk saat ini anggota yang tergabung dalam ASEAN setidaknya ada 10 Negara.

PBB

Contoh lainnya dalam dunia internasional yang paling feonemanal adanya pembentukan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang dilakukan berbagai Negara untuk komitmennya dalam menjaga perdamaian dunia. Sampai saat ini PBB masih eksist mempertahankan ketentraman dunia, dengan berpusat di New York (Amerika Serikat).

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian deklarasi, macam, dan contohnya di atas. Secara umum dapat disimpulkan bahwa istilah ini berkaiatan dengan janji yang menuntut semua pihak untuk menjaga dan komitemen melaksanakan apa yang telah menjadi keputusan bersama-sama.

Baca Juga;

  1. Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional
  2. Sarana Hubungan Internasional

Semoga dengan adanya tulisan mengenai materi “deklarasi” ini bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami kajian kewarganegaraan yang umumnya penting untuk dijadikan pengulasan. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *