Contoh Peraturan Pemerintah (PP) Pusat dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Peraturan Pemerintah (PP) di Indonesia

Peraturan pemerintah sangatlah penting dikeluarkan apabila ada kebutuhan-kebutuhan mendesak. Bahkan hampir setiap bentuk negara di dunia memiliki peraturan ini guna menjaga kesetabilan hidup warga negaranya. Dengan demikinalah pada artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa contoh peraturan pemerintah tingkat pusat di Indonesia.

Peraturan Pemerintah (PP)

Peraturan pemerintah kerapkali disebut sebagai PP yang notabene menjadi tugas pemerintah pusat yang duduk sebagai lembaga legastatif ataupun lembaga eksekutif sebagai bagian daripada tangan kanan setiap warga negara di Indonesia.

Dalam proses pengeluarakan PP tentusaja ada makanisme tersendiri, yang artinya tidak boleh berbenturan dengan pengertian amandemen ataupun Undang-Undang Dasar 1945. Dengan demikianlah setiap dewan dalam pemerintahan melakukan kajian-kajian sebelum dilegalakan.

Contoh Peraturan Pemerintah (PP)

Adapun untuk beberapa contoh dalam peraturan pemerintah (PP) yang sudah dilegalkan dalam berabagai bidang di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

PP No. 11 Tahun 2005

Pertama yang menjadi salah satu contoh dalam peraturan pemerintah ini berisi tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik yang dimunculkan pada Tahun 2005, pada saat itulah lembaga eksekutif dalam sistem pemerintahan presidensial di Indonesia dipimpin oleh SBY sebagai Presiden ke 6 Indonesia.

PP No. 12 Tahun 2005

Selanjutnya, untuk peraturan pemerintah pada Nomor 12 ini ialah berisi tentang Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia yang secara khusus memberikan aturan-aturan runtut kepada setiap perusahaan swasta ataupun negri dalam melakukan penyiarannya.

PP No. 13 Tahun 2005

Pada tahun 2005 yang dipimpin oleh SBY kerapkali mengeluarkan peraturan pemerintah, salah satunya tentang PP nomor 13 ini yang berisi tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia, baik dalam sistem publikasikan ataupun batasan-batasan yang diberikan.

PP No. 15 Tahun 2005

Peraturan pemerintah lainnya yang ada di Indonesia sebagai salah satu tugas presiden dan wakilnya serta bersama dengan DPR dan MPR sebagai lagalitasnya mengelurakan tentang PP Nomor 15 yang berisi tentang Jalan Tol baik dalam pembangunan ataupun dalam pengelolaannya.

PP No. 19 Tahun 2005

Dari sekalian banyak tentang peraturan pemerintah terhadap pendidikan salah satunya ialah PP Nomor 19 Tahun 2005 ini yang secara khusus memberikan regulasi daripada Standar Nasional Pendidikan yang artinya dalam segala sudut setelah reformasi di Indonesia PP ini memberikan gambaran menyeluruh kepada penyelenggara ataupun pengelola Lembaga Pendidikan di Indonesia.

PP No. 6 Tahun 2006

Jenis peraturan pemerintah selanjutnya yang dikaluarkan oleh pemerintah adalah tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Hal ini sejalan dengan tujuan negara Indonesia yang dalam pemenuhan kepentingan publik perusahaan haruslah dimiliki oleh pemerintah.

PP No. 8 Tahun 2006

Dalam menunjang kinerja sistem pemerintahan di Indonesia PP tahun 2006 nomor 8 ini dikeluarkan yang isinya secara utuh tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Baik yang disebut sebagai pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

PP No. 9 Tahun 2006

Isi peraturan pemerintah  ini fokus pada bidang olahraga yang isinya ialah tentang Tata Cara Permohonan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu. Yang artinya dalam sektor aturan semua kehendak pemerintah ingin menggali potensi setiap warga negara yang ada di Indonesia.

Nah, demikianlah penjelasan tentang contoh peraturan pemerintah (PP) tingkat pusat yang sudah dilegalkan. Semoga melalui tulisan ini sepenuhnya bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *