Contoh Sikap Patriotisme di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Sikap Patriotisme

Diakui ataupun tidak pada saat ini mulai pejabat sampai ke rakyat jelata adalah mengutamakan kepentingan dan mencari keuntungan diri sendiri tanpa memikirkan nasib bangsa dan negara kedepannya. Oleh karena itu penting untuk senantiasa memupupuk kembali patriotisme kita untuk NKRI. Kita harus merawat kembali Negara Indonesia yang telah diperjuangkan dengan susuah payah bahkan dengan darah dan nyawa oleh pahlawan kita.

Sikap yang patriotisme yang wajib untuk kita contoh dari para pahlawan adalah mereka mencintai tanah air dengan tulus tanpa mengatasnamakan negara demi kepentingan pribadinya. Kita sudah tidak berada pada zaman perah melawan penjajah dari luar, tetapi saat ini kita sedang menghadapi kepentingan diri kita sendiri.

Patriotisme

Sikap patriotisme adalah sikap berani seseorang, rela berkorban, pantang menyerah demi membela bangsa dan negaranya. Seperti yang kita ketahui puluhan tahun lalu banyak pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi membela Bangsa dan Negara Indonesia.

Untuk Itu sikap patriotisme erta kaitannya dengan sikap cinta tanah air. Jika para pahlawan rela memberikan jiwa dan raganya untuk tanah air Indonesia dengan tulus tanpa mementingkan keuntungan atau kepentingan diri sendiri.

Contoh Patriotisme

Adapun untuk memperjelas daripada keterangan terkait perwujuatan dalam contoh patriotisme dalam kehidupan manusia, berikut ini akan kami utarakan secara lengkap, baik di sekolah, keluarga, ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

Patriotisme di Sekolah

Pengamalan dalam sikap patriotisme di lingkungan sekolah, antara lain;

  1. Rajin belajar untuk mewujudkan cita-cita

Dengan rajin belajar, maka siswa akan menjadi pintar dan mampu mewujudkan cita-citanya. Dengan begitu, siswa sedikit meringankan beban negara dari pengangguran dan akan dapat mengharumkan nama bangsa.

  1. Membaca buku yang bertemakan sejarah perjuangan bangsa, biografi pahlawan dan lain-lain.

Dengan membaca buku yang bertema yang disebutkan di atas, maka siswa akan tahu bagaimana perjuangan orang-orang terdahulu dalam memerdekakan Negara Indonesia.

Memang membaca buku bertemakan sejarah bagi yang belum terbiasa akan sangat membosankan, tetapi seiring berkembangnya zaman, telah dikembangkan novel yang bertajuk biografi pahlawan dan sejarah perjuangan bangsa, seperti Novel Tan, Max Havelar, Hatta, Soekarno dan lain sebagainya yang tentunya akan lebih menarik jika dibaca.

  1. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mengajarkan siswa untuk rela berkorban seperti PMR.

Dengan ekstrakurikuler PMR kita sudah mewujudkan sikap patriotisme untuk membiasakan diri dalam menolong orang lain.

  1. Memiliki rasa empati untuk membantu dan menolong teman yang kesusahan. Dengan memposisikan diri kita sebagai orang yang kesusahan, maka kita akan timbul rasa iba dan ikhlas menolong orang yang keusahan.
  2. Pendidik harus mampu mencotohkan ke peserta didik bagaimana cara sikap patriotisme di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik seharusnya menyisipkan himbauan atau nasihat-nasihat kepada peserta didik untuk memiliki jiwa patriotisme, berlaku untuk semua guru terutama guru Pendidikan Kewarganegaraan.

  1. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Untuk membentuk Pancasila puluhan tahun lalu bukanlah satu hal yang mudah. Butuh waktu, ide, dan perdebatan-perdebatan anatar pahlawan. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari berarti sudah menunjukkan sikap patriotisme dikarenakan menghargai jasa-jasa pahlawan serta merawat arti ideologi bangsa.

  1. Mengikuti upacara bendera setiap hari senin di sekolah dengan rasa ikhlas

Upacara yang dilakukan di setiap sekolah setiap hari senin merupakan salah satu hal kecil untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan Negara Indonesia.

Seperti itulah contoh sikap patriotisme di sekolah yang harus ditiru. Sebenarnya masih banyak lagi yang harus kita lakukan untuk mewujudkan sikap patriotisme.

Patriotisme di Keluarga

Adapun untuk perwujuatan dalam pengamalan untuk sikap patriotisme di lingkungan keluarga, antara lain sebagai berikut;

  1. Mengutamakan kepentingan keluarga dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri atau kepentingan orang lain.

Bagaimanpun keluarga adalah rumah untuk kita pulang, sehingga kepentingan keluarga harus diutamakan.

  1. Untuk suami atau ayah, harus rajin untuk mencari nafkah demi keluarga

Mencari nafkah berarti mengorbankan tenaga, waktu dan pikiran demi keluarga, hal terssebut juga termasuk dalam sikap patriotisme karena rela berkorban demi keluarga. Contoh pengorbanan ayah dalam mencari nafkah ini merupakan perwujudan kecil dari perwujudan sikap patriotisme yang diawali dari keluarga.

  1. Menjaga nama baik keluarga dengan senantiasa berkelakuan baik di masyarakat umum.

Berkelakuan baik juga merupakan sifat terpuji dan trmasuk sikap patriotisme. Bayangkan saja jika masyarakat banyak yang berkelakuan jahat, bagaimana nasib negara ini ? Kemungkinan yang terjadi adalah nama baik Negara Indonesia akan tercoreng.

  1. Menanamkan kepada anak sejak dini tentang sikap rela berkorban

Penanaman sikap patriotisme harus dilakukan sejak dini, agar anak terbiasa untuk bersikap jujur dan rela berkorban. Yang paling berperan dalam hal ini adalah orang tua terutama ibu dalam mendidik anak-anaknya. Sebelum diajari di sekolah, sudah selayaknya anak untuk diajari di keluarga terlebih dahulu.

  1. Untuk anak, seharusnya menghargai pengorbanan ibu yang telah melahirkan dan menghargai perjuangan seorang ayah yang telah memperjuangkan nafkah lahir dan batin untuk keluarga. Menghargai sikap rela berkorban dari orang lain juga termasuk menunjukkan sikap patriotisme.
  2. Untuk kedua orang tua, seharusnya mampu menghargai potensi, prestasi dan pencapaian anak. Tidak hanya anak yang harus menghargai orang tua, tetapi sebaliknya orang tua juga harus menghargai usaha sang anak di dalam mencapai prestasinya.

Seperti itulah contoh-contoh sikap patriotisme yang harus dilakukan di dalam keluarga. Meskipun tidak secara langsung berpengaruh terhadap negara, tetapi penanaman sikap patriotisme yang dilakukan di keluarga kelak akan berdampak positif bagi Negara Indonesia.

Patriotisme di Masyarakat

Terakhir untuk contoh lingkungan masyarakat dalam sikap patriotisme, antara lain;

  1. Ikut barpartisipasi dalam gotong royong di lingkungan masyarakat

Dengan ikut berpartisipasi bergotong royong, kita telah mengorbankan tenaga dan waktu kita untuk kehidupan bermasyarakat.

  1. Ikut berpartisipasi dalam membangun desa.

Bersama-sama dalam membangun desa berarti kita telah menyumbangkan dana, pikiran, tenaga dan waktu untuk desa. Sikap ini yang harus terus dikembangkan dan harus dihimbaukan terus kepada masyarakat. Karena perjuangan pembangunan Negara Indonesia diawali dengan pembangunan desa.

  1. Menolong dan membatu anggota masyarakat lain yang kesusahan.

Rela berkorban demi kepentingan orang lain tanpa pamrih merupakan sikap patriotisme yang harus dimiliki setiap orang di negara ini. Dengan menunjukkan sikap rela berkorban dari hal-hal kecil akan memberikan dampak positif untuk banyak orang.

  1. Senantiasa menjaga kerukunan antar anggota masyarakat. Dengan terciptanya kerukunan dalam masyarakat maka akan membentuk rasa persatuan yang kuat di antara anggota masyarakat. Dengan persatuan yang kuat rasa rela berkorban akan muncul dengan sendirinya di dalam diri kita
  2. Senantiasa mematuhi peraturan norma hukum masyarakat yang berlaku. Adanya peraturan hukum dan norma yang diciptakan di tengah masyarakat berguna untuk mengatur tata kelakuan kehidupan masyarakat. Dengan mentaati peraturan hukum dan norma maka akan tercipta ketertiban yang mana dengan ketertiban tersebut akan berdampak pada nama baik Negara Indonesia.
  3. Tidak mengganggu kenyamanan dan ketertiban di masyarakat

Hal tersebut juga sudah menunjukkan sikap patriotisme di masyarakat. Dengan menghormati hak dan ketenangangan serta kenyamanan orang lain kita sudah mewujudkan lingkungan yang damai dan aman. Jika senantiasa diterapkan, maka alangkah damainya negara Indonesia ini.

  1. Tidak mengeksploitasi alam Indonesia dan tidak menggunakan sumber daya alam di Indonesia dengan berlebihan

Dengan merawat alam Indonesia berarti kita telah merawat dan menjaga Negara Indonesia. Banyak sekali kasus mengenai sumber daya alam yang dieksploitasi di Indonesia, hal tersebut berarti bahwa sikap patriotisme masyarakat sudah berkurang. Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita ikut menjaga darn merawat alam Indonesia guna persediaan kelak untuk anak cucu kita.

Seperti itulah contoh sikap patriotisme yang seharusnya terus diamalkan oleh rakyat Indonesia. Hal-hal kecil yang penuh kebaikan sebenarnya sudah merupakan sikap patriotisme untuk Bangsa Indonesia.

Kesimpulan Sikap Patriotisme

Pembahasan mengenai perwujudan sikap patriotisme sebenarnya masih panjang. Memang menunjukkan konsistensi dalam bersikap patriotisme tidaklah mudah. Tetapi sebaiknya kita harus terus mencoba dan melakukannya.

Perjuangan pahlawan puluhan tahun yang lalu bukanlah cerita fiktif atau khayalan, melainkan kisah nyata yang harus kita kenang, hormati dan harus kita contoh nilai-nilainya. Dalam mewujudkan sikap patriotisme kita tidak harus berperang, tetapi kita harus memiliki pikiran yang terbuka dan selalu berbuat baik.

Demikiankah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh pengamalan sikap patriotisme di sekolah, keluarga, masyarakat, dan kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *