Contoh Kerjasama Internasional dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Bentuk Kerjasama Internasional

Setiap bentuk negara yang ada di dunia ini tidak akan pernah bisa memenuhi kepentingan atas kebutuhan setiap warga negaranya. Baik untuk kepentingan individu ataupun kelompok, oleh karena itulah kondisi ini membuat setiap negara melakukan kerjasama sebagai upaya pemenuhan atas kebutuhan warga negaranya. Baik dalam bidang politik, ekonomi, pangan, pertanian, ataupun lingkungan.

Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah kegiatan yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain guna untuk memenuhi kebutuhan rakyat dalam berbagai bidang dan menjalankan ketertiban dunia untuk menciptakan serangkaian bentuk perdamaian.

Kerjasama internasional basanya dilakukan oleh satu negara dengan satu negara lainnya, namun bisa juga dengan beberapa negara dalam bentuk organisasi internasional.

Jenis Kerjasama Internasional

Pembahasan terkait dengan macam-macam kerjasama yang mengakibatkan perjanjian internasional. Antara lain;

Kerjasama Bilateral

Kerjasama bilateral merupakan bentuk Kerjasama yang dilakukan oleh dua negara, dimana bentuk Kerjasama yang dilakukan adalah bidang diplomatik, pendidikan, perdagangan, dan kebudayaan.

Negara Indonesia banyak melakukan Kerjasama dalam bentuk bilateral dengan prinsip saling menghormati, tidak mencampuri urusan negara yang terlibat di dalam Kerjasama, tidak menerima adanya kekerasan, dan melibatkan konsultasi dalam membuat keputusan.

Kerjasama Regional

Kerjasama regional merupakan Kerjasama yang melibatkan beberapa negara dalam satu kawasan yang memiliki keterikatan dengan letak geografis sebuah negara, seperti misalnya dalam satu kawasan Asia Tenggara dan kawasan Asia.

Kerjasama Multilateral

Kerjasama multilateral merupakan Kerjasama yang dilakukan oleh satu negara dengan beberapa negara lainnya. Perbedaannya dengan Kerjasama regional adalah Kerjasama multilateral merupakan Kerjasama satu negara dengan beberapa negara tanpa batas kawasan. Biasanya terbentuk dalam sutu organisasi internasional.

Contoh Kerjasama Internasional

Adapun contoh bentuk kerjasama internasional jika dilihat dari jenis-jenisnya. Antara lain sebabagi berikut;

Bilateral

Kerjasama bilateral yang dilakukan Negara Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Kerjasama Negara Indonesia dengan Singapura

Kedatangan Presiden Singapura Halima Yacob tanggal 4 Februari 2020 telah menghasilkan kesepakatan di antaranya dalam bidang ekonomi melakukan penghindaran pajak berganda yang akan membebani dunia usaha, meningkatkan investasi asing, dan meningktkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Kerjasama Indonesia dan Singapura juga menghasilkan kesepakatan dalam bidang penegakan hukum kepabeanan antara Direktorat Jenderal Bea Cukai dangan Singapore Police Cost Guard. Selanjutnya Indonesia dan Singapura  telah menyepakati realisasi dan penguatan Kerjasama dalam pelatihan industri 4.0  serta membahas investasi dan pengembangan sumber daya manusia.

  1. Kerjasama Negara Indonesia dan Negara Jepang

Jepang merupakan negara investor kedua terbesar di Indonesia setelah Singapura per September 2016 . Banyak Kerjasama antara Jepang dan Indonesia di antaranya yaitu kesepakatan kerjasama antara Menlu dan Menhan kedua negara dalam konteks Two Plus Two (2+2) yang harus dilakukan tahun 2017 lalu, pembukaan jalur penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Los Angeles via Tokyo Jepang.

kemudian dimulainya general review Indonesia-Japan Economis Partnership Agreement pada tahun 2017, Pembangunan KA cepat/semicepat Jakarta-Surabaya.

  1. Kerjasama Negara Indonesia dan Negara Amerika Serikat

Kerjasama yang dilakukan Negara Indonesia dan Amerika Serikat salah satunya adalah dalam bidang pertahanan. Salah satu contohnya adalah Kerjasama dalam bidang industri pertahanan yang dilakukan melalui bidang perdagangan dan pengalihan senjata, kemudian contoh lainnya yaitu mewujudkan stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

  1. Kerjasama Negara Indonesia dan Negara Korea Selatan

Jalinan Kerjasama Indonesia dengan Korea Selatan sudah lama terjalin. Salah satu bentuk kerjas samanya adalah dalam bidang ekonomi dengan meningkatkan dan memperluaas hubungan investasi dan perdagangan termasuk untuk mencapai target perdagangan US$ 30 milyar pada tahun 2022,

Kemudian Indonesia atas nama pemerintah mendukung perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk mengembangkan usahanya di Indonesia dan membantu pengembangan industrialisasi di Indonesia. Kemudian Kerjasama dalam bidang pendidikan dilakukan dalam bentuk pertukaran pengajar dan mahasiswa ataupun siswa.

  1. Kerjasama Negara Indonesia dan Negara Malaysia

Kerjasama Negara Indonesia dengan Negara Malaysia dilakukan dalam berbagai bidang. Seperti contohnya di dalam bidang perbatasan, pertahanan, ekonomi dan sosial budaya. Penekanan Kerjasama antara Negara Indonesia dan Malaysia terletak di dalam bidang perbatasan. Seperti yang kita ketahui pernah terjadi selisih wilayah perbatasan  antara Malaysia dan Indonesia

Seperti itulah contoh Kerjasama bilateral yang dilakukan Negara Indonesia. Sebenarnya masih banyak Kerjasama yang terjalin antara Indonesia dengan negara lain seperti Cina, Thailand, Filipina, dan negara lainnya di dunia.

Regional

Contoh Kerjasama regional yaitu sebagai berikut :

  1. Kerjasama Indonesia di dalam bidang ekonomi dengan negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang terbentuk dalam organisasi ASEAN yang berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967
  2. Kerjasama Negara Republik Indonesia dengan 21 negara yang tergabung di dalam Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) dalam bidang ekonomi.

Seperti itulah sedikit contoh Kerjasama regional yang melibatkan Negara Republik Indonesia. Masih banyak contoh Kerjasama regional antara Indonesia dengan negara-negara lain di kawasan Asia.

Multilateral

Adapun contoh Kerjasama multilateral yang dilakukan Negara Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Kerjasama dengan PBB

United Nation atau Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan organisasi internasional yang berdiri sejak 24 Oktober 1945 dan sampai saat ini terdapat 192 negara yang mengikuti. Dalam sejarahnya PBB merupakan organisasi internasional yang bertujuan untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, mempererat dan mengembangkan hubungan persahabatan antar negara, kemudian mensosialisasikan pembangunan sosial, meningkatkan standar kehidupan yang layak serta menegakkan Hak Asasi Manusia di dalam lingkup dunia.

Negara Indonesia menjadi anggota resmi PBB yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950 dengan disetujui oleh peserta dari negara-negara yang telah menjadi anggota PBB. Peran PBB untuk Indonesia cukup besar, PBB mendukung penuh Indonesia untuk menjadi anggota yang merdeka, berdaulat dan mandiri.

Tak hanya itu, struktur PBB juga memiliki peran yang penting ketika terjadi Agresi Militer Belanda I. Peran PBB terlihat dalam pembentukkan Komisi Tiga Negara yang membawa Indonesia dan Belanda ke meja Perundingan Renville.

Selanjutnya PBB juga berperan ketika terjadi Agresi militer Belanda II dengan membentuk UNCI yang berhasil memepertemukan lagi Indonesia dan Belanda di dalam Perundingan Roem Royen.

  • WTO (World Trade Organization)

World Trade Organization atau dikenal dengan WTO yang merupakan satu-satunya organisasi internasional  yang mengurus perihal perdagangan internasional dan sudah berdiri sejak 1995. WTO berperan untuk Indonesia dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) `yang ke-9 dilaksanakan di Bali tanggal 3-7 Desember 2013 yang menghasilkan Paket Bali sebagai outcome dari KTM ke-9.

Di sini WTO memiliki capaian historis dimana WTO mampu menghasilkan rumusan perjanjian baru. Perjanjian yang telah disepakati bertujuan untuk memperlancar arus ke-luar masuk barang antar negara di pelabuhan dengan diikuti roformasi pada mekanisme pengeluaran dan pemasukan barang.

Tentu saja hal ini akan menguntungkan Indonesia dan dapat mempermudah pemerintah Indonesia dalam mengupayakan peningkatan daya saing perekonomian dan memperluas akses ekspor produk Indonesia ke luar negeri.

  • UN-WTO (World Tourism Organization)

World Tourism Organization (UN-WTO) merupakan organisasi internasional yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan dan membangun pariwisata sebagai salah satu penyumbang pembangunan ekonomi dalam suatu negara.

Organisasi ini sudah membantu negara yang menjadi anggotanya dalam industri pariwisata dunia yang merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan, serta mampu menyediakan insentif bagi pembangunan lingkungan dan warisan sejarah.

Tak hanya itu, UNWTO juga berperan dalam mendukung perdamaian dunia dan mewujudkan saling pengertian antar negara. Mengingat Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi pariwisata yang besar, maka sangatlah penting untuk bergabung dengan UNWTO.

Indonesia dapat melakukan Kerjasama dalam pelatihan, penanaman modal, dan saling berbagai pengalaman. Selain itu, dalam Sidang Umum UNWTO yang ke-19 yang dilaksanakan di Gyeongju Republik Korea pada tanggal 8-14 Oktober 2011, Negara Indonesia terpilih menjadi anggota Executive Council UNWTO selama periode 2011-2013.

Tak hanya itu, Kerjasama juga berlanjut dalam bentuk dukungan proyek pembangunan berkelanjutan yang dinamai Sustainable Tourism through Energy Efficiency with Adaptation and Mitigation Measures in Pangandaran yang memiliki tujuan sebagai model langkah-langkah adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim di daerah-daerah yang memiliki potensi wisata di Indonesia dan negaa di kawasan Asia Tenggara.

Seperti itulah contoh Kerjasama multilateral yang dilakukan oleh Negara Indonesia. Masih banyak organisasi internasional yang diikuti oleh Negara Indonesia seperti WHO atau organisasi yang membahs mengenai kesehatan, kemudian IMF yang membahas mengenai keuangan, kemudian ILO yang mengurusi tentang buruh.

Itulah bahasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada kalian, dimana berhubungan dengan contoh bentuk kerjasama internasional yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara lain dalam bidang politik, ekonomi, budaya, dan pangan.

Gambar Gravatar
Anggita Ayuningtyas,Memiliki Hobi Menulis dan Saat ini Sedang Proses Penyelesaian Studi di Jurusan PPKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *