Pengertian Tata Tertib, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Tata Tertib, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Tata tertib akan menciptakan sesuatu hal yang penting dalam tatanan kehidupan. Tata tertib hampir terdapat pada setiap sendi kehidupan. Baik di dalam lingkungan keluarga, contoh lingkungan sekolah, masyarakat, maupun berbangsa dan bernegara. Tata tertib hampir sama seperti norma hukum, yang mengatur segala tingkah laku, perbuatan manusia dalam lingkungannya.

Tata tertib antara tempat satu dengan tempat yang lain berbeda. Tata tertib dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Tata tertib yang berjalan baik tentu akan menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam hidup bersama. Tata tertib juga dapat menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara satu dengan yang lainnya.

Tata Tertib

Tata tertib sejatinya ialah peraturan yang hidup dalam kehidupan masyarakat. Tata tertib ini bisa dikatakan hasil kesepakatan bersama. Sehingga semau masyarakat wajib untuk mematuhi tata tertib yang telah dibuat. Tata tertib mengatur setiap perilaku dan tindakan masyarakat agar tidak menyimpang dari norma yang ada.

Bahkan dengan adanya tata tertib diharapkan masyarakat dapat  hidup rukun dan harmonis. Tata tertib dibuat agar masyarakat dapat saling menghargai dan mengormati antara satu dengan yang lainnya. Sehingga tata tertib memiliki peran penting dalam menjaga ketenangan di dalam masyarakat.

Pengertian Tata Tertib

Tata tertib adalah peraturan-peraturan yang telah disepakati oleh suatu lembaga yang harus ditaati oleh masyarakat, apabila dilanggar akan diberikan sanksi. Tata tertib memiliki sifat memaksa, sehingga wajib bagi masyarakat untuk menjalankan tata tertib yang telah disepakati bersama. Sama halnya dengan hukum, tata tertib juga memiliki sanksi bagi siapa saja yang melanggar.

Perbedaan mendasar tata tertib dan hukum adalah ruang lingkup dari aturan itu sendiri. Peraturan atau tata tertib yang berlaku secara luas, di taati, diterima, dan mengikat masyarakat pada umumnya disebut hukum. Hukum di buat oleh lembaga sistem pemerintahan dengan tujuan memberikan ketentraman dan rasa nyaman pada seluruh masyarakat. Sedangkan tata tertib berlaku terbatas, artinya bahwa tata tertib hanya berlaku pada wilayah atau tempat yang ikut dalam menyepakati tata tertib tersebut.

Pengertian Tata Tertib Menurut Ahli

Banyak ahli yang mengungkapkan pendapat tentang tata tertib, berikut penjelasannya:

  1. Adiwimarta dalam Prayoga (2000)

Tata tertib adalah serangkaian bentuk peraturan-peraturan yang harus ditaati dan patuhi  serta dilaksanakan oleh masyarakat. Pendapat ini menekankan bahwa tata tertib adalah hal yang wajib untuk dijalankan oleh masyarakat tanpa terkecuali.

  1. Meichati (1980)

Tata tertib adalah sebuah peraturan yang bersifat mengikat seseorang atau kelompok, bertujuan untuk  menciptakan keamanan, ketentraman, orang tersebut atau sekelompok orang tersebut. dalam pendapat ini disebutkan pula tujuan dari tata tertib itu sendiri yaitu untuk menjaga keamanan di dalam masyarakat.

  1. Sugono (2003)

Tata tertib ialah suatu petujuk atau pedoman, kaidah dan ketentuan yang dibuat untuk mengatur. Sugono menekanka bahwa tata tertib ada untuk mengatus setiap tingkah laku atau tindakan seseorang di dalam masyarakat. Dengan adanya yang mengatur manusia maka kehidupan manusia akan tertata dan damai.

  1. Kamaruzaman dalam Sujanto Bejo (2001)

Tata tertib menurut Kamaruzaman  ialah suatu hal yang telah disepakati dan mengikat sekelompok orang atau lembaga  dalam upaya  mencapai sebuah tujuan dalam hidup bersama. Tata tertib juga dapat diartikan sebagai suatu tatanan yang mempunyai tujuan  untuk menjadikan teratur secara struktur maupun sistematis dari suatu proses yang di jalani.

Tujuan Tata Tertib

Tujuan tata tertib sebagi suatu aturan dalam masyarakat memiliki tujuan yang penting. Secara umum tata tertib diciptakan memiliki tujuan utama agar semua warga masyarakat mengetahui apa tugas, contoh hak dan kewajiban serta melaksanakan dengan baik sehingga segala perilaku dan tindakan tidak boleh merugikan, menganggu atau bahkan melanggar peraturan yang ada.

Prinsip utama tata tertib sekolah ialah diharuskan, dianjurkan dan ada yang tidak boleh dilakukan dalam pergaulan di dalam contoh lingkungan masyarakat. Setiap warga sekolah harus mentaati adanya tata tertib yang telah dibuat karena jika tidak patuh maka ada sanksinya

Pembentukan tata tertib harus disertai dengan sanksi atau hukuman bagi yang melanggarnya. Memberikan hukuman sebagai jalan keluar terakhir, harus mempertimbangkan  dampak dari pelanggaran yang dilakukan. Sehingga hukuman yang diberikan dapat memberikan efek jera bagi pelakunya.

Tata tertib dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Agar tercipta keamanan, ketentraman dalam lingkungan
  2. Agar individu mengetahui tanggung jawab, hak dan kewajibannya.
  3. Agar individu mengetahui hal-hal yang diperbolehkan dan tidak boleh dilakukan

Manfaat Tata Tertib

Manfaat Tata Tertib
Manfaat Tata Tertib

Berikut adalah manfaat dari tata tertib, antara lain;

  1. Menjaga kenyamanan lingkungan

Tata tertib dilingkungan mana pun tentu akan memberikan manfaat menjaga kenyamanan lingkungan. Dengan adanya tata tertib semua aktivitas individu akan terkontrol. Dengan demikian akan meminimalisir perilaku yang merugikan lingkungan sehingga kenyamana lingkungan akan terjaga.

  1. Menghilangkan kecemburuan sosial

Tata tertib merupakan aturan yang mengatur perilaku setiap individu. Tata tertib juga menjamin kesamaan hak dan kewajiban antara individu satu dengan individu yang lain. tanpa kita sadari tata tertib juga memiliki manfaat untuk menggilangkan kecemburuan sosial.

Dihadapan hukum, aturan, tata tertib setiap individu memiliki kedudukan yang sama sehingga tidak ada perlakuan khusus yang akan menimbulkan kecemburuan sosial. Semua yang telah mengerti tentang tata tertib harus mentaati satu orang pun tidak boleh melanggar dengan peraturan yang sudah ada.

  1. Meningkatkan rasa kebersamaan

Tata tertib bauk dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat akan meningkatkan rasa kebersamaan. Apabila itu adalah tata tertib dalam masyarakat maka akan meningkatkan rasa kebersamaan antar anggota masyarakat, begitu pula di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Adanya  kegiatan yang memiliki peraturan sama bagi setiap individu, maka akan tumbuh sebuah rasa kebersamaan didalam dirinya. Dengan demikian, akan mucul ikatan yang erat, rasa saling menolong dan gotong royong.

Contoh Tata Tertib

Banyak contoh tata tertib yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari baik itu dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, berikut contohnya:

  1. Lingkungan keluarga

Tata tertib dalam peraturan keluarga;

  1. Setelah belajar meja dan buku harus dikembalikan seperti semula
  2. Setelah makan piring harus dicuci sendiri
  3. Pukul 18.30-21.00 waktu untuk belajar

Di atas adalah beberapa peraturan atau tata tertib yang ada di dalam contoh lingkungan keluarga, maka semua anggota keluarga harus mematuhinya. Tujuanya agar rumah terlihat rapi dan bersih serta semua aktifitas di rumah dapat terkontrol.

  1. Lingkungan sekolah

Tata tertib yang ada di dalam sekolah, khususnya kelas. Seperti;

  1. Setelah tanda bel masuk dibunyikan semua siswa harus sudah berada di kelas;
  2. Siswa/siswi diharuskan berdo’a sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas;
  3. menit setelah bel masuk, guru belum berada di kelas, ketua kelas segera menghubungi guru piket;
  4. Murid-murid yang terlambat harus memperlihatkan surat izin dari guru piket sebelum memasuki kelas;
  5. Anak yang datang terlambat tanpa alasan yang tepat tidak diperkenankan mengikuti pelajaran jam pertama dan hari berikutnya harus membawa surat keterangan dari orang tua. 

Di atas adalah peraturan dalam suatu kelas, maka peraturan tersebut berlaku untuk semua anggota kelas tanpa terkecuali. Setiap siswa yang melanggar tata tertib yang ada di lingkungan sekolah tersebut akan mendapatkan hukuman sesuai yang telah disepakati. Manfaat lingkungan sekolah adalah salah satunya membentuk karakter peserta didik, dengan adanya tata tertib maka terdapat batasan-batasan perilaku yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan.

  1. Lingkungan masyarakat

Tata tertib yang ada di dalam masyarakat, khususnya pedesaan;

  1. Setiap hari minggu diadakan kerja bakti, apa bila ada yang tidak berangkat harus membayar denda
  2. Setiap tanggal 1 akan diadakan rapat desa
  3. Diwajibkan untuk semua warga menjaga lingkungan disekililingnya dengan tidak membuang sampah di sungai

Di atas adalah tata tertib dalam lingkungan masyarakat. maka setiap anggota masyarakat wajib untuk mematuhi dan menjalankannya. Contoh lingkungan masyarakat adalah hidup secara damai dengan warga lainnya itu adalah salah satu tujuan mengapa perlunya tata tertib agar semuanya dapat hidup berdampingan.

Nah, demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkapnya mengenai pengertian tata tertib menurut para ahli, tujuan, manfaat, dan contohnya di masyarakat, keluarga, dan sekolah. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca sekalian.

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen