Pengertian RW (Rukun Warga), Tugas, Struktur, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian RW (Rukun Warga), Tugas, Struktur, dan Contohnya

RW Singkatan dari Rukun Warga merupakan salah satu contoh organisasi di lingkungan masyarakat. Hampir setiap daerah memiliki badan ini, yang tujuannya secara tidak langsung ialah mengakomodir segala keperluan di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan mengulas tentang pengertian RW (Rukun Warga), tugas, struktur, dan contohnya.

RW (Rukun Warga)

Rukun Warga dalam sistem pemerintahan Indonesia yang bersifat sebagai sistem pemerintahan presidensial merupakan bagian pembagian di bawah keluarahan/desa/pekon. Dalam setiap penentuan RW dilakukan secara musyawarah mufakat yang antar masyarakat, bisa juga dilakukan dalam pengertian demokrasi, utamanya untuk pemilihan demokratis dilakukan pada wilayah Indonesia yang berada di perkotaan.

Pengertian Rukun Warga (RW)

Pengertian RW adalah pembagian wilayah kerja yang berada tepat dibawah Kelurahan yang secara legalisasinya subtoral pekerjaan ini diakui pemerintah dan dibina oleh Pemerintah Daerah yang kemudian ditetapkan oleh aparatur pemerintah desa, dengan ketuanya adalah kepada desa. Baca jugaPengertian RT (Rukun Tetangga), Tugas, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Pengertian Rukun Warga (RW) Menurut Para Ahli

Adapun definisi Rukun Warga (RW) menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Suparlan

Rukun Warga (RW) adalah organisasi pemerintahan tingkat desa yang ada di lingkungan masyarakat, dengan fungsi utamanya untuk memberikan perintah secara struktural dari kepala desa ke RT (Rukun Tetantangga) yang kemudian printah tersebut dikabarkan kepada masyarakat.

  1. Wikipedia

Definisi Rukun Warga (RW) adalah Lembaga Masyarakat yang legalisasinya diakui serta dibina oleh pemerintah daerah dan menjadi tugas pemerintah pusat untuk melestarikan macam macam norma dalam menjalakan keterampilan hidup masyarakat.

Tugas RW (Rukun Warga)

Berikut ini merupakan beberapa tugas yang menjadi tujuan utama daripada Rukun Warga, antara lain;

  1. Menjadi Pelayan Masyarakat

Tugas utama yang diberikan kepada RW adalah menjalankan dalam setiap sisi pelayanan kepada masyarakat, hal ini sesuai dengan daerah dimana ketua RW tinggal, sehingga dalam koredornya segala bentuk tanggungjawab atas Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinannya. Jika ada urusan desa yang mendesak maka RW juga bertugas dalam melayani masyarakat jika ada permasalahan.

  1. Memelihara Hidup Rukun

Tugas selanjutnya yang menjadi peranan bagi RW adalah memilihara kehidupan yang rukun, dalam hal ini setiap warga dalam pemerintahannya dianjurkan untuk saling toleransi, mentaati norma hukum, serta menjaga integrasi nasional secara menyeluruh.

  1. Menyusun Rencana Pembangunan di Wilayahnya

Peranan yang diberikan kepada RW selanjutnya ialah menyusun dalam setiap rencana serta mengimplementasikan pelaksanakan pembangunan dengan menampung aspirasi masyarakat yang bersifat  swadaya, keadilan, murni (pure). Selain daripada pembantu masyarakat maka RW juga berperan sebagai pemabntu kepala desa dalam membantu membangun desa untuk lebih maju.

Struktur RW (Rukun Warga)

Struktur utama yang ada dalam tingkatan pemerintahan RW (Rukun Warga), yang paling penting adalah sebagai berikut;

  1. Ketua RW (Rukun Warga)
  2. Seketaris RW (Rukun Warga)
  3. Bendahara RW (Rukun Warga)
  4. Seksi-Seksi yang menjadi kebutuhan dari RW (Rukun Warga). Dalam hal ini misalnya saja Seksi Rohani, Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, dan lain sebagainya.

Contoh RW (Rukun Warga)

Adapun untuk contoh dalam peranan RW (Rukun Warga), antara lain sebagai berikut;

Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri menjadi salah satu desa yang memperdayaan masyarakat dengan kampuan Bahasa Inggrisnya. Dalam koredornya setiap RW (Rukun Warga) yang ada di Desa tersebut memberikan mandat kepada setiap lembaga kursus untuk meminta KTP sebagai landasan dasar dalam menjaga ketidaknyamanan pada pendatang.

Maka dalam hal inilah, peranan RW (Rukun Warga) yang kemudian diberikan kepada RT dan berlanjut kepada masyarakat yang mempunyai lembaga kursus atau camp mengakomodir para pendatang untuk menyerakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku di wilayah NKRI.

Nah, demikianlah tadi merupakan bahasan lengkap mengenai pengertian RW (Rukun Warga) menurut para ahli, tugas, struktur, dan contoh fungsinya. Semoga saja melalui bahasan ini memberikan referensi kepada segenap pembaca seklaian. Trimakasih,

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen