Sarana Hubungan Internasional

Diposting pada

Macam Sarana Hubungan Internasional

DosenPPKN.Com– Beragam kebutuhan yang dimiliki masyarakat dalam setiap bangsa mengindikasikan bahwa tidak ada Negara yang bisa hidup secara mendiri. Kesemuanya memerlukan kerjasama yang dilakukan melalui serangkaian hubungan internasional. Tujuannya sangatlah jelas, selain dapat memenuhi keinginan masyarakat juga dapat menjadikan landasan menjaga kedamaian dunia. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan menuliskan tentang macam sarana  hubungan internasional.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah bentuk kerjasama yang dilakukan setiap Negara dengan Negara lain dengan ciri khas kompleksitas tinggi. Hal ini lantaran dalam asas hubungan internasional senantiasa terdapat kesepatakan berbagai bidang yang diperlukan mekanisasi tersendiri untuk kepentingan bersama.

Pengertian Hubungan Internasional

Definisi mengenai hubungan inetrnasional ini secara langsung juga dikemukakan oleh banyak ahli, antara lain;

  1. Tulus Warsito, menurutnya definisi hubungan internasional adalah ilmu pengetahuan berkaitan dengan interaksi ekonomi, politik, budaya yang dilakukan suatu bangsa dengan bangsa yang berbeda, baik dengan jumlah banyak ataupun sedikit.
  2. Para Tradisionalis, menurutnya pengertian hubungan internasional adalah upaya diplomasi antar Negara dengan sistem strategi untuk mendiptakan kedamaian.
  3. Trygive Mathisen, arti hubungan internasional kompleksifitas kerjasama yang dilakukan masyarakat dalam menjalani kehidupan untuk seluruh umat manusia yang berbeda Negara atau bangsa.

Dari pengertian hubungan internasional menurut para ahli diatas, dapatlah dikatakan bahwa sejatinya kerjasama yang dilakukan oleh beda Negara dengan jumlah lebih dari 2 merupakan bagian hubungan internasional dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakatnya dan menciptakan kedamaian.

Adapun untuk pendapat tersendiri, dalam kaitannya hubungan internasional ini dijelaskan pula oleh J. Frankel yang mengungkap bahwa ada beberapa sarana yang dapat senantiasa untuk dipergunakan oleh Negara-negara di dunia dalam hubungan internasional.

Sarana Hubungan Internasional

Beragam macam-macam sarana dalam hubungan internasional yang bisa dilakukan, antara lain;

Diplomasi

Diplomasi adalah sarana hubungan internasional yang menjadi bagian bentuk kegiatan untuk menentukan tujuan dengan menggunan kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut, menyesuai kepentingan nasional dengan negara lain, menyelaras tujuan nasional agar berjalan dengan kepentingan bangsa atau negara lain, serta menggunaa sarana dan kesempatan sebaik-baiknya.

Peranan diplomasi yang dilakukan oleh departemen luar negeri yang biasanya berkedudukan di setiap Ibukota Negara dilakukan dengan proses pengiriman dan perwakilan diplomatik yang berkedudukan di ibukota negara penerima Petugas yang mewakili negara di perwalcilan diplomatik disebut diplomat.

Propaganda

Propaganda dalam sarana hubungan internasional  adalah usaha sistematis yang digunakan untuk memengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum, bukan kepada Pemerintahannya.

Informasi apapun dapat dijadikan bahan propaganda, tanpa ada batasan media yang pada saat ini sangatlah terbuka. Hal ini bisa mudah dilakukan lantaran adanya peran globalisasi yang sedang terjadi di setiap Negara-negara dunia.

Ekonomi

Sarana ekonomi dalam hubungan internasional digunakan oleh setiap perwakilan diplomatik secara luas, baik di masa damai maupun dilakukan pada masa perang. Dalam masa damai bisa sarana ekonomi ini terjadi dalam bentuk perdagangan atau bantuan internasional. Adapun khusus untuk masa perang bisa dalam tindakan perang ekonomi

Sosial

Bidang sosial dalam proses terjadinya hubungan internasional ini bisa terjadi beragam bentuknya. Misalnya pengiriman bantaun takalan suatu Negara terkena bencana alam, seperti halnya Indonesia pada tahun 2004 terjadi tsunami.

Pada masa itulah beberapa Negara yang menjalin kerjasama melalui hubungan internasional memberikan sejumlah bantau kemanusian dengan tanpa pinjaman. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh Asutralia, Japang, Amerika Serikat, dan lain sebaginya.

Budaya

Sarana hubungan internasional  dalam budaya dapat dipastikan dapat menjadi pendukung bidang ekonomi sekaligus sarana untuk mempererat hubungan internasional yang ada di setiap Negara. Budaya ini bisa dilakukan proses kerjasama dengan pementasan music klasik ataupun music tradisional.

Kekuatan militer

Sarana militer atau angkatan dalam hubungan internasional diaharapkan mampu memberikan kepercayaan diri suatu bangsa untuk menghadapi berbagai tekanan dan ancaman yang mungkin dilancarkan oleh negara lain. Bahkan kerapkali diperlukan latihan bersama dengan tujuan agar dapat diperhitungkan oleh negara lain.

Keadaan seperti itulah diharapakan akan menjadi kekuataan yang diperhitungkan sehingga membuat Negara-negara terasa berkesan dengan jumlah angkatan tentara serta keahliannya untuk bisa survaif takalan terjadi perang yang menakutkan.

Contoh Sarana Hubungan Internasional

Contoh yang dikemukakan dalam proses terjadinya hubungan internasional, khususnya di Indonesia ini misalnya saja tindakan pengamanan militer yang dilakukan Indonesia untuk daerah-daerah konflik. Hal ini terjadi sebagai pertsipasi dalam sikap kesosialan.

Contoh lainnya, kasus dalam hubungan internasional bisa dilihat pada masyarakat Indonesia yang mengemukakan tentang kemerdekaan Rakyat Palestina di akui oleh PBB. Kondisi seperti ini senantiasa menjadikan dalam hubungan diplomatik Indonesia selalu menyerukan kemerdekaan Palestina, khususnya untuk beragam Negara yang terjalin hubungan internasional dengan Indonesia.

Demikianlah serangkaian penjelasan mengenai macam sarana dalam hubungan internasional serta contohnya. Semoga melalui uraian ini bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetauan bagi segenap pembaca yang memerlukan literasi tentang “hubungan internasional”. Trimakasih,

2 (40%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *