Propaganda: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

pengertian propaganda

Propaganda merupakan istilah yang dipergunakan dalam sarana hubungan internasional. Peristilahan ini tidak terpeas dari persepsi publik yang mengenal dalam bentuk kegiatakan keseharian, baik dalam politik, keluarga, negara, atupun dalam bermasyarakat. Oleh sebab itulah pada artikel ini menjelaskan tentang pengertian propaganda, jenis, dan contohnya.

Propaganda

Kata propaganda secara tirmonologi berasal dari Bahasa Latin “Propagare/Propagate” yang bermakna sebagai perlakukan yang dilakuka individu atau kelompok dalam pemberikan pengaruh pada golongan lainnya (masyarakat) atau negara.

Pengertian Propaganda

Propaganda adalah usaha yang dilakukan seseorang/kelompok secara sistematis untuk memberikan pengaruhi kepada pihak tertentu, baik secara pikiran, emosi, dan tindakan demi terwujudukan kepentingan hdiupan masyarakat.

Dari pengertian tersebut dalam kosepnya secara garis besar, propaganda memiliki 2 arti. Antara lain;

Mengembangkan

Propaganda artinya adalah mengembangkan permasalahan-permasalahan kehidupan, kemudian dilakukan proses penyebarluasan secara menyeluruh. Upaya seperti ini dilakukan sebagai bentuk konsepsi keterbukaan dalam pencarian solusinya.

Memekarkan

Propaganda adalah usaha memekarkan adanya hubungan internasional yang dilakukan seseorang untuk memisahkan diri dari legalitas yang dibentuk. Kondisi ini dimunculkan biasa lebih condong pada kelompok yang melakukan pemberontakan pada pemerintah sah.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Adapun definisi propaganda menurut pandapat ahli, antara lain;

Lasswell

Pengertian propaganda adalah cara yang dilakukan dengan sisitematik dalam upaya memberikan pengaruh pada kegiatan manusia dengan teknik berbica secara langsung untuk upaya menyuarakan serangkaian pendapat atas keinginannya.

Ralph D. Casey

Definisi propaganda adalah teknik seseorang yang komitmenkan pada usaha sengaja dan sadar agar dapat berpengaruh pada keputusan seseorang untuk mengikuti keinginan yang diharapkannya. Maka arti ini lebih condong pada bentuk komunikasi.

Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Arti propaganda adalah upaya penyebaran pesan yang diberikan oleh seseorang dengan terencana agar mampu memiliki pengaruh keputusan orang lain. Maka makna ini lebih jelas jika informasi apapun dapat dijadikan bahan propaganda, tanpa ada batasan media.

Prof. Onong Uchyna Efendi

Propaganda adalah upaya seseorang dalam memberikan pengaruh pada pihak lain dengan teknik komunikasi terencana, sistematis dan dilakukan berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu, sehingga melakat pada kondisi tujuan orang lainnya.

Dari pendapat ahli tentang arti propaganda diatas, dapatlah disimpulkan bahwa propaganda menjadi usaha yang dilakukan seseorang berdasarkan pada kemampuan psikologis komunikasi agar keinginan-keinginannya tercapai dalam mempengaruhi pihak lain.

Jenis Propaganda

Adapun untuk macam-macam propaganda yang ada dalam lingkungan masyarakat, antara lain;

Propaganda Terang

Jenis pertama dalam kaitannya dengan propaganda ini dalam segemen penyelenggaraannya yang dilakukan secara terang-terangan untuk memberikan paradigm kepada publik. Teknik ini dilakukan dengan bentuk legalitas yang jelas, sehingga tidak bisa diupayakan proses penyelelesainnya.

Tersembunyi

Jenis kedua dalam propaganda ialah tersembunyi, atau seringkali disebut dengan “black propaganda”. Aturan perlakukan dalam sistem ini diselenggarakan dengan ranga penyebaran yang illegal sehingga dikhawatiran merusak citra baik yang dibentuknya.

Propaganda Informasi

Macam selanjutnya dalam propaganda ini ialah (grey propaganda) yang dilakukan dengan penyebaran informasi-informasi dari masyarakat kepada pemerintah atau sebaliknya. Proses prilaku ini sangat mengkhawatirkan dalam penyelenggaraan negara.

Propaganda Positif

Ratio Propaganda adalah macam sifat penyebaran informasi yang bernilai postif. Proses prilakuan ini dilakukan sebagai bentuk memberikan promise kepada tokoh politik untuk bisa duduk dalam sisitem pemerintahan. Dengan kondisi seperti inilah ratio penyebaran informasi dilakukan.

Fungsi Propaganda

Adapun manfaat dilakukan dalam upaya propaganda dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut;

  1. Memberikan citra baik kepada seseorang dengan cara merusak pihak lainnya
  2. Memberikan paradigma positif tentang keputusan yang dilakukan instasi pemerintahan dengan adanya penyebarluaskan informasi baik dalam masyarakat
  3. Memberikan pengaruh pihak lain
  4. Propaganda dapat berdampak pada bertambahnya dukungan yang diperoleh seseorang

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian propaganda menurut para ahli, jenis, dan fungsinya diatas dapatlah dikatkan bahwa makna ini mengindikasikan pada bentuk usaha sistematis yang digunakan untuk memengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum, bukan kepada pemerintahannya. Adapun untuk informasi yang digunakan bisa dengan lisan ataupun digital.

Contoh Propaganda

Beragam contoh kegiatan propaganda yang pernah dilakukan, antara lain;

Indonesia

Paling nyata kasus dalam propaganda di Indonesia terlihat dengan adanya upaya menjatuhkan Preisden Jokowi pada Tahun 2014. Pada masa itu Jokowi melalui Majalah Obor diisukan sebagai seorang PKI yang tidak akan pernah berpihak untuk kepentingan masyarakat.

Atas kejadian inilah tujuan propaganda dilakukan untuk memberikan dampak negative pesta demokrasi di Indonesia, terutama untuk menumbangkan pemilih Jokowi pada Tahun 2014 silam. Akan tetapi kejadian ini gagal, akhirnya membuat Jokowi terpilih untuk mengemaban tugas Presiden ke-7 di Indonesia.

Dunia

Contoh lain, dalam ruang lingkup propaganda yang pernah terjadi di dunia, misalnya saja adanya kasus yang dilakukan secara legal oleh Korea Utara dengan membrikan pandang baik kepada Kim Jong Un. Masyarakat disana terus menrus diserbarkan informasi bahwa penguasa Korut itu adalah titisan tuhan, sehingga gegala kebijakannya akan senantiasanya diterima masyarakat Korea Utara tanpa adanya perlawanan.

Baca Juga;

  1. Pengertian Hubungan Internasional, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya
  2. Kerjasama Internasional: Pengertian, Bentuk, Tujuan, dan Contohnya

Demikianlah tulisan mengenai penjelasan lengkap tentang pengertian propaganda menurut para ahli, jenis, fungsi, dan contohnya di Indonesia dan Dunia. Semoga  melalui rangkaian tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

2 thoughts on “Propaganda: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

  1. Trimakasi buat penjelasan Terkait propaganda, saya akhirnya mengerti ap arti propaganda, dan tujuan propaganda Tersebut…. Ini sangat Membantu dan bermanfaat.. Trimakasih..

    1. Oke kak, sama-sama. Trimakasih juga telah berkunjung di website kami, semoga bisa memahamkan untuk semuanya ya kak. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *