Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional

Diposting pada

Contoh Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional

DosenPPKN.Com– Pentingnya hubungan internasional yang dilakukan oleh banyak bangsa dan Negara di dunia ini tidak akan terlepas dari pernanan yang akan diberikan. Yaitu agar mampu memenuhi kebutuhan serta ikutserta dalam pengambilan kebijakan internasional. Adapun untuk Negara Indonesia sendiri sangat banyak peran dalam hubungan internasional yang dilakukan.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh antar pemerintah Negara dalam upaya penuhan kebutuhan masyarakatnya. Dalam proses terjadinya kerja sama internasional inilah dilakukan karena beberapa pertimbangan, antara lain:

  1. Terdapatnya dua negara ataupun lebih yang berbeda dan menghadapi problem tertentu yang menganggu kepentingan bersama. Contoh dalam fenomena ini misalnya saja Indonesia dengan Malaysia yang terjadi sudah melakukan kerja sama bidang pendidikan dalam bentuk pertukaran pelajar antar Negara.
  2. Adanya usaha kerja sama yang dijalani dalam berbagai organisasi dan lembaga-lembaga internasional. Contoh saja adanya organisasi atau lembaga internasional, seperti Persenikatan Bangsa Bangsa (PBB), Association of South East Asian Nations (ASEAN) organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), dan Asia Pasific Economic Cooperation (APEC).
  3. Terdapatnya prpoganda yang belum dinilai kebenarannya dengan mempergunakan ekspansi teknologi dan perdagangan, sehingga konsisi seperti inilah dimunculkan ketentuan dan peraturan baru yang membantu menangani problem melalui konferensi dan serangkaian pertemuan-pertemuan ad hoc (sementara). Contohnya antara lain konferensi hukum laut internasional, dan penentuan zona ekonomi eksklusif (ZEE).
  4. Dua negara atau lebih yang mempunyai banyak transaksi yang dilakukan terus-menerus akan tetapi tidak perlu organisasi resmi untuk kerja sama.

Atas dasar beragam pertimbangan yang dikemukakan dalam sarana hubungan internasional tentusaja membutuhkan peran yang sangat signifikan dalam proses pelaksanaannya. Hal ini dilakukan mengingat bahwa tidak ada satu Negara manapun yang dapat memenuhi atau mencukupi kebutuhan warga negaranya, maka setiap negara perlu membina hubungan dengan negara lain.

Adapun untuk peran indonesia dalam hubungan internasional sampai saat ini sangatlah banyak ditemukan, baik dalam sektor ekonomi, politik, militer, serta sosial dan budaya dengan berdasarkan pada asas-asas hubungan internasional itu sendiri.

Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional

Berikut inilah penjelasan dan contoh mengenai peranan Indonesia dalam hubungan internasional;

ASEAN

ASEAN adalah organisasi yang menjadi pengayom kesatuan bagi Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Dengan jumlah Negara pada saat ini mencapai 10 Negara yang awalnya sejarnya terbentuknya hanya 5 Negara. Di ASEAN (Association of South East Asian Nations) Indonesia memiliki peran yang sangat penting, bukan hanya pelopor akan tetapi beragam kegiatan kerjasama juga sering dilakukan. Misalnya saja akhir-akhir ini adalah kebijakan mengenai adanya MEA dalam sector ekonomi.

PBB

Peranan lainya dalam proses hubungan internasional yang dilakukan oleh Indonesia bisa terlihat pada organisasi internasional PBB. Indonesia pada faktanya telah mampu masuk dalam Struktur PBB tepatnya menjabat sebagai Dewan Tetap pada saat ini sampai dengan tahun 2020. Hal ini terjadi lantaran Negara kita dinilai memiliki tolerasi yang tinggi serta seringkali ikut andil dalam menjaga perdamaian dunia.

Kerjasama Bilateral dan Multiteral

Peranan Indonesia dalam prosesi terjadinya hubungan internasional yang sampai saat ini tidak bisa dihilangkan adanya terjadinya hubungan bilateral antar Negara dalam bentuk ekonomi, politik,. Ataupun sosial dan budaya. Banyak Negara yang melakukan kerjasama, misalnya saja Rusia, ataupun Asutralia.

Pendidikan

Khusus peranan Indonesia sebagai Negara berkembang dalam upaya pembentukan hubungan internasional yang dilakukan, misalnya saja pada era globalisasi saat ini masyarakat di Indonesia senantiasa di dorong mengikuti perkembangan zaman dengan di utus untuk sekolah di Negara-negara maju.

Tujuan tindakan dalam hubungan internasional, khususnya pendidikan ini sendiri ialah agar kualitas SDM generasi mendatang lebih baik serta bisa memaksimalkan SDA yang ada di Indonesia. Lantaran pada saat ini banyak SDA yang dikuasi oleh Negara-negara lain.

Dari serangkaian penjelasan mengenai peranan Indonesia dalam hubungan internasional tersebut, tentusaja bagi setiap pelaksanaannya  harus bertujuan pada hal-hal sebagai berikut;

  1. Mewujudkan kepentingan nasional, terutama di bidang politik dan hubungan luar negeri di dalam pergauian intenasional
  2. Menjalin persahabatan yang lebih erat antara Indonesia dengan negara lain demi terwuludnya ketertiban, keamanan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan perdamalan abadi
  3. menempatkan perwakilian di Iuar negeri
  4. Mewujdkan kerja sama aktif dan tukar menukan bantuan untuk kepentingan bersama dalam ilmu pengetahuan, administsi di bidang ekonomi, kesehatan, budaya, teknik, dan kenegaraan

Dari penjelasan tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional di atas, dapat dikatkan sampai saat ini upaya dinilai berhasil lantaran dibuktikan dengan segenap pretasi yang diberikan pemerintah dalam pandangan Negara-negara lainnya, baik di dunia ataupun di kawasan Asia Tenggara.

Demikianlah penjelasan tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang mencari refrensi tentang materi “hubungan internasional”. Trimakasih,

4.9 (97.06%) 102 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *