Manfaat Sikap Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Sikap Tanggung Jawab

Pada dasarnya setiap orang sepenuhnya bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Hal ini sangatlah wajar mengingat tanggung jawab menjadi prinsip yang harus dipegang penuh, apalagi sikap ini bertujuan untuk merencanakan kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup dan pekerjaan.

Bahkan bagi banyak orang manfaat bersikap tanggung jawab dapat mempengaruhi arti nilai dan makna norma dalam situasi atau hasil lebih baik, terutama di tempat kerja di mana mudah untuk menemukan alasan karena orang-orang saling terkait sangat erat, dan setiap proyek memiliki rantai pelanggan internal yang bergantung pada orang lain dalam rantai tersebut.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab pada hakekatnya berasal dalam Bahasa Inggris Responsibility yang disadur dari bahasa Latin responsus dengan makna “menanggapi”. Meski, sebenarnya ada beberapa definisi kata benda yang berbeda dari tanggung jawab ini.

Akan tetapi yang pasti, tanggung jawab akan menjadi orang lain untuk dapat dipercaya. Dan sikap dapat digunakan untuk menggambarkan kekuatan sosial yang memotivasi untuk mengambil tanggung jawab individu.

Manfaat Tanggung Jawab

Memiliki sikap yang bertanggungjawab dapat memberikan manfaat, antara lain:

  1. Lebih dihargai orang lain

Dengan memiliki sifat tanggung jawab seseorang akan lebih dihargai oleh orang lain, sebab ia tidak akan melalaikan tugasnya dan akan bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan dalam tugasnya. Hal itu membuat orang tidak akan meremehkannya, justru sebaliknya akan lebih menghargainya.

Contoh Tanggung Jawab Menjadi Dihargai

Misalnya saja, kerapkali setiap kegagalan yang dilakukan oleh seseorang akan mencari alasan bahwa mengkambing hitamkan atas kekgagal tersebut untuk menghindari tanggung jawab, akan tetapi sebenarnya orang yang memiliki sikap tanggung jawab tidak akan bertindak demikian, karena dia akan berusaha untuk teliti dan menerima konsekunsi dari semua tindakannya.

Akibatnya jikalau hal ini terus menerus dilakukan maka pandangan orang lain menjadi lebih tinggi terhadap kepribadian yang dimilikinya. Hal ini lantaran berhubungan erat dengan integritas dan profesionalitas.

  1. Memiliki ketelitian tinggi

Orang yang memiliki sikap tanggung jawab akan memiliki sifat teliti yang tinggi sebab akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

Prihal manfaat ini tentusaja berhubungan dengan keadaan dalam lingkungan sekolah, misalnya saja saat diberikan tugas oleh tenaga pendidik biasanya anak yang bertanggung jawab mengerjakannya lebih awal guna menghindari kesalahan.

  1. Akan lebih dipercaya orang lain

Orang yang memiliki sikap tanggung jawab akan lebih dipercaya oleh orang lain, baik oleh masyarakat pada umumnya maupun oleh organisasi tempatnya bergabung atau bahkan di tempat bekerjanya. Kepercayaan tersebut biasanya diperoleh dari upaya yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.

  1. Akan mendorong kesuksesannya

Memiliki sikap tanggung jawab akan menghasilkan kepuasaan bagi diri sendiri maupun orang lain, sebab seseorang yang memiliki sikap ini tidak akan asal-asalan dalam bekerja dan tidak akan pernah lari dalam masalahnya sampai ia menyelesaikan masalahnya.

  1. Mengajarkan bersikap konsisten

Tanggung jawab bukanlah hal yang berat apabila dilakukan terus-menerus. Ini berarti membuat jadwal dan rutinitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tanggung jawab tidak berarti ngebut untuk ujian selama 8 jam, lalu tidak menyentuh buku teks selama sebulan lagi. Orang yang bertanggung jawab akan menghabiskan satu jam atau lebih, memeriksa catatan mereka setiap hari.

  1. Mengajarkan menjadi orang yang tidak banyak mengeluh

Berbicara negatif tentang setiap interaksi dalam hidup kita tidak akan membawa kita melangkah lebih jauh, terutama setelah kita mendapatkan reputasi sebagai orang yang selalu mengeluh tentang bos, cuaca, atau bahkan harga bensin yang konyol.

Hal ini dianggap cara lain orang menyalahkan dunia. Dengan menanamkan sikap tanggung jawab dalam diri kita, tentunya sikap banyak mengeluh tersebut dapat kita kurangi bahkan hilangkan.

  1. Mengajarkan untuk tidak menyalahkan orang lain

Bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan yang telah kita lakukan, dan jangan pernah mengklaim bahwa itu adalah kesalahan orang lain kecuali kesalahan kita sendiri. Dengan melakukan ini, kita sebenarnya memberikan pesan kepada dunia, bahwa kita mengendalikan setiap bagian hidup kita. Bukan kesalahan lalu lintas kita terlambat bekerja, kita hanya tidak meninggalkan rumah cukup awal.

Contoh Sikap Tanggung Jawab

Adapun untuk contoh yang termasuk pengamalan sikap tanggung jawab. Misalnya saja;

  1. Berbangsa dan Bernegara

Misalnya saja berhubungan erat dengan ideologi Pancasila yang memanglah menjadi pondasi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai ladasan dasar tentusaja semua orang yang mengaku sebagai warga negara khususnya bagian NKRI harus bertanggung jawab atas tindakannya agar tidak menyimpang dari ajaran dalam Pancasila.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat adanya penggamalan sikap tanggung jawab dalam keseharian. Semoga memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *