Tugas Kepala Sekolah

Diposting pada

Tugas Kepala Sekolah

Kepala sekolah adalah jabatan yang ada di tertinggi yang di emban dalam lembaga pendidikan. Mereka merupakan guru biasa yang diberikan tugas lebih untuk mengatur dan mengorganisasikan segala kebutuhan sekolah mulai dari perlengkapan, fasilitas dan yang paling utama adalah peserta didik.

Kepala Sekolah

Kepala sekolah adalah posisi tertinggi dalam struktur organisasi yang terdapat di lembaga pendidikan yang di berikan institusi pemerintahan kepada salah satu guru yang dipercaya memiliki persyaratan kepemimpinan yang baik.

Pengertian Kepala Sekolah

Secara harfiah, kepala sekolah bagian dari istilah principal school dimana kegiatan kesehariannya menjalankan tugas sebagai kepala sekolah pada umumnya atau biasa yang disebut kekepalasekolahan. Kekepalasekolahan ini memiliki arti sebagai semua hal yang memiliki kaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah.

Kepala sekolah merupakan seorang guru yang mendapat tugas tambahan untuk menjadi pemimpin sekolah yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar atau tempat yang terdapat interaksi antara murid dan guru.

Penjelasan untuk istilah kepala sekolah ini sangat dibutuhkan karena terdapat perbedaan dalam penyebutan tugas seorang kepala sekolah antara lain administrasi sekolah (school administrator), school leader (pimpinan sekolah), school manager (manajer sekolah) dan lain-lain. Kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh seberapa baik tipe kepemimpinan seorang kepala sekolah. Seorang kepala sekolah wajib mengetahui tugas yang harus dilaksanakan selama menjabat.

Tugas Kepala Sekolah

Walaupun kriteria dalam memilih kepala sekolah sudah ditetapkan, namun beberapa kepala sekolah yang terpilih tidak mengetahui tugas yang akan mereka jalankan. Hal tersebut dapat memberi dampak terhadap kualitas sekolah. Oleh karena itu, berikut tugas sekolah menurut para ahli.

Wahjosumidjo

Menurutnya, tugas-tugas kepala sekolah adalah bekerja dengan atau melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang kepala sekolah harus bisa bekerja sama dengan tim. Kepala sekolah sebagai seorang manajer bertugas untuk membagi tugas dengan guru-guru lain untuk tujuan bersama yaitu menjadikan sekolah memiliki kualitas yang unggul baik segi fasilitas maupun akademik murid.

Kepala sekolah juga merupakan penghubung antara dinas terkait dengan guru-guru maupun murid. Selain itu, kepala sekolah juga sebagai penengah antara wali murid dengan guru apabila terjadi konflik pada murid.

Dengan mengerti tugas kepala sekolah secara umum, diharapkan calon kepala sekolah dapat mempersiapkan mulai dari hal kecil untuk dapat mencapai tujuan bersama. Sebelum menjadi seorang pemimpin tertinggi di organisasi lembaga pendidikan ini dipastikan dinas pendidikan terkait telah menetapkan beberapa peraturan dan persyaratan tugas pokok dan fungsi seorang kepala sekolah  yang diatur dalam undang-undang.

Tugas Kepala Sekolah Menurut Undang-Undang

Awal peraturan pemerintah yang digunakan untuk menetapkan tugas kepala sekolah mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 pasal 54 ayat 1. Peraturan tersebut di ganti dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2017 yang berbunyi bahwa kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Pada ayat 2 menjelaskan dalam situasi tertentu selain menjadi seorang pemimpin sekolah, tugas lainnya yang dapat dilakukan adalah melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas atau melakukan bimbingan untuk memenuhi tugas seorang guru di satuan pendidikan.

Menurut Permendiknas nomor 19 tahun 2007, tugas seorang kepala sekolah mengenai standar pengelolaan instansi sekolah meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, kepemimpinan dan sistem informasi sekolah.

Tugas dan Wewenang Kepala Sekolah

Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa terdapat 10 tugas kepala sekolah yang dapat kita jelaskan yaitu;

Menjalankan Tugas Manajerial

Tugas manajerial tersebut diantara lain mengatur posisi lain seorang guru sehingga dapat membantu menyelesaikan tugas seorang kepala sekolah. Dalam arti lain, pelaksana program pendidikan adalah seorang tenaga pengajar.

Namun yang mengendalikan adalah seorang kepala sekolah. Seorang kepala sekolah tidak akan mampu melakukan segala aktivitas seorang diri. Perlu adanya pembagian tugas dengan guru lain. Diantaranya pembagian tugas sebagai sekertaris, bendahara, wakil kepala sekolah dan sebagainya seperti organisasi pada umumnya.

Pengembangan Kegiatan Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Organisasi yang dimaksud adalah dalam lingkup sekolah. Kepala sekolah mengatur kegiatan biaya pendaftaran dan pengelolaan dana yang digunakan untuk operasional sekolah. Dengan adanya pengembangan kewirausahaan diharapkan seluruh lapisan tenaga pengajar memiliki jiwa wirausaha sehingga tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Pengawasan Kepada Guru Dan Tenaga Pendidik

Untuk melaksanakan pengawasan kepada guru dan tenaga pendidik tersebut seorang kepala sekolah harus memiliki siasat untuk menjadikan guru sebagai tenaga pengajar yang kompeten.

Diantara lain dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan yang pematerinya didatangkan dari dinas pemerintahan maupun yang terkait. Selain itu, kepala sekolah juga perlu bersikap disiplin terhadap guru-guru. Hal tersebut diterapkan untuk melatih guru agar dapat menjadi contoh bagi muridnya.

Melaksanakan Pembelajaran Untuk Kebutuhan Guru

Pembelajaran untuk kebutuhan guru merupakan hal yang paling utama karena seorang guru pasti memiliki kebutuhannya masing-masing sesuai dengan pelajaran yang di ampu. Peran kepala sekolah disini adalah membua aturan untuk guru tentang teknis mengajar dan kompetensi seorang guru sehingga setiap guru memiliki kompetensi yang sama untuk mencerdaskan tunas bangsa.

Menjadi Contoh

Sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, seorang kepala sekolah harus menjadi contoh dan panutan bagi setiap guru. Baik dari segi intelektual, religius maupun etika. Tugas ini diharapkan mampu mengubah keseluruhan lapisan dalam sekolah termasuk murid menjadi lebih baik sebelumnya.

Penampilan juga dibutuhkan untuk menujang kewibawaan seorang kepala sekolah. Sehaingga, seorang kepala sekolah dihormati sebagai pimpinan tertinggi di lingkungan sekolah.

Menjalin Hubungan Diplomatik Dengan Sekolah Lain

Komunikasi antar sekolah sangat dibutuhkan untuk menunjang kompetensi bagi sekolah maupun murid. Tugas untuk menjalin hubungan dengan sekolah lain diawali dengan kepala sekolah. Sebagaimana tugas masing-masing sekolah apabila terdapat masalah yang sama dapat diselesaikan dengan musyawarah bersama.

Hubungan diplomatik sangat berguna untuk membentuk sportifitas yang tinggi antar sekolah. Dalam hal ini, antar sekolah memiliki persaingan yang positif untuk menghasilkan siswa siswi yang berprestasi.

Mengesahkan Pengeluaran

Dalam hal ini adalah tugas seorang bendahara sekolah untuk mencatat segala keperluan sekolah. Namun, segala keperluan sekolah yang akan dipenuhi tidak akan berlaku apabila surat yang akan digunakan tidak melalui persetujuan seorang kepala sekolah.

Dalam hal ini kepala sekolah harus mampu untuk melihat secara rinci segala keperluan sekolah guna menghindari kehilangan dana yang tak terduga. Dan untuk meminimalisir pengeluaran yang dibutuhkan sehingga dana dapat digunakan secara maksimal.

Mengatur dan Mengawasi Murid

Tugas mengawasi murid adalah wajib bagi setiap tenaga pengajar. Pada penjelasan awal telah disampaikan bahwa seorang kepala sekolah juga dapat merangkap sebagai guru kelas dimana berinteraksi secara langsung dengan muridnya.

Pada pengawasan ini juga menjadi tugas kepala sekolah untuk memberikan arahan di setiap kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah sehingga siswa dapat memaksimumkan kemampuan mereka. Dengan adanya peran langsung dari kepala sekolah, siswa dapat terhindar dari berbagai kegiatan menyimpang seperti kenakalan remaja, narkoba, dan lain-lain.

Mengikuti Pelatihan Ke Berbagai Daerah

Salah satu program kerja dinas pendidikan dibeberapa daerah menetapkan bahwa kepala sekolah harus mengikuti minimal satu kali perjalanan ke luar kota untuk melihat dan belajar kepada sekolah lain. Program tersebut penting karena kunjungan ke sekolah atau instansi sebagai perbandingan untuk menjadikan sekolah asal lebih baik.

Mengatur Fasilitas Sekolah

Seorang kepala sekolah bertugas dalam segi pengawasan infrastruktur terutama fasilitas seperti gedung belajar. Apabila terdapat kekurangan dalam gedung tersebut, kepala sekolah harus mengusulkan untuk perbaikan gedung ke pemerintah. Saat di perbaiki, kepala sekolah mengawasi setiap pembangunan dan melaporkan kegiatan perbaikan tersebut sebagai bukti penggunaan dana.

Demikianlah uraian tentang tugas kepala sekolah yang umumnya dilakukan pada setiap lembaga pendidikan. Semoga bermanfaat dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca, sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *