Contoh Peraturan Presiden (Perpres) di Indonesia dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Peraturan Presiden (Perpres) di Indonesia

Tugas Presiden sangalah tinggi dalam lembaga eksekutif di Indonesia, apalagi seorang Presiden menjadi cerminan untuk dapat menjaga kesetabilan negara dan masyarakat. Baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, ataupun dalam bidang pertahanan. Dengan demiakinlah dalam memberikan jaminan kerapkali seorang Presiden diberikan kekuasaan untuk mengelurakan Perpres (Peraturan Presiden). Oleh sebab itu dalam tulisan ini menjelaskan tentang contoh-contoh peraturan Presiden yang mudah ditemukan dalam keseraian.

Peraturan Presiden

Peraturan Presiden kerapkali disebut sebagai Perpres yang dikeluarkan ketika ada kebutuhan-kebutuhan mendesak. Tentusaja dalam prosesnya pengesahannya tidaklah sesulit dengan Undang-Undang lantaran dalam hal ini seseorang kepada pemerintah dalam sistem pemerintahan presidensial memiliki wewenang disetiap hubungan, baik di dalam atuapun di luar negri.

Contoh Peraturan Presiden

Adapun untuk contoh-contoh tentang Perpres yang selama ini sudah dikeluarga oleh pemerintah, antara lain sebagai berikut;

Perpres No. 7 Tahun 2005

Isi yang termuat dalam peraturan presiden ini adalah tentang Rencana Pembangunan berkaiatan dengan Jangka Panjang Menengah Nasional yang berlaku pada Tahun 2004 sampai dengan tahun 2009. Pada kala itu kekuasaan lembaga eksekutif diemban oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang notabene menjadi Presiden Ke-6 Indonesia.

Perpres No. 13 Tahun 2005

Adalah peraturan presiden yang berisi tentang Sekretariat Makamah Agung yang menjadi salah satu terbentuknya badan dalam lembaga yudikatif. Dalam hal ini Perpres dileuarkan secara mutlak oleh SBY yang pada kala itu berpadangan dengan JK (Jusuf Kalla) sebagai wakilnya.

Perpres No. 28 Tahun 2005

Adapun tentang contoh lainnya dalam peraturan presiden Nomor 28 Tahun 2005 ini berisi tentang Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah yang secara khusus memberikan mandate untuk pengertian daerah otonom dalam setiap pembangunan yang dijalankan.

Perpres No. 54 Tahun 2005

Terkhir tentang peraturan presiden pada nomor 54 ini mengenai Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang diupayakan untuk bisa diselesaikan secara mutlak, sebagai tangung jawab sepenuhnya tugas pemerintah pusat yang dibantu oleh pemerintah daerah.

Nah, demikianlahlah serangkaian tulisan yang menjelaskan tentang contoh-contoh peraturan presiden (perpres) di Indonesia yang pernah dikeluarkan. Semoga melalui artikel singkat ini memberikan bahasan secara mendalam kepada pembaca. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *