Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

Sistem pemerintahan bisa disebut sebagai salah satu komponen yang sangat penting bagi setiap bentuk negra di dunia. Hal ini tidak terlepas daripada fungsinya yang mampu mengatur asas hubungan internasional, perjanjian internasional, dan kebijakan-kebijakan lainnya. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan membahas tentang pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli.

Sistem Pemerintahan

Secara umum sistem pemerintahan merupakan pengorganisasian kenegaraan yang digunakan untuk sarana kelompok menjalankan roda pemerintahan yang bertujuan untuk menjaga kestabilan negara dalam jangka waktu yang relatif lama. Sistem pemerintahan pada dasarnya adalah untuk menjalankan negara sebagai wakil rakyat.

Terdapat banyak sekali sistem pemerintahan di dunia. Pemilihan sistem pemerintahan suatu negara biasanya berdasarkan kesepakatan bersama dan sesui dengan karateristik negaranya. Sistem pemerintahan yang kokoh akan mendorong suatu negara untuk tetap stabil dan kearah kemajuan.

Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan adalah suatu organisasi pada tingkat kenegaraan yang didalamnya terdapat pembagian tugas dan wewenang yang jelas sehingga antara satu dan yang lainnya memiliki tugas dan wewenang yang berbeda namun aling berkaitan dan saling mengawasi. Baca jugaSistem Pemerintahan: Pengertian, Jenis, Macam, dan Contohnya

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Ahli

Banyak ahli yang mengungkapkan pendapat tentang sistem pemerintahan. Berikut penjelasan beberapa ahli yang mendefinisikan tentang sistem pemerintahan:

David Apter

Menurut David Apter sistem pemerintahan merupakan suatu anggota yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk mempertahankan seluruh kebudayaan yang mencakup kenegaraan pemerintahannya. Pendapat ini menekankan bahwa sistem pemerintahan mempunyai monopoli praktis mengenai kekuasaan paksa.

W.S. Sayre

Menurut Sayre sistem pemerintahan diartikan sebagai sebuah organisasi dalam tingkatan negara dan terdapat pengabian tugas serta peran yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian akan memunculkan pola keterkaitan dan saling mengawasi.

Rosenal

Menurut Rosenal sistem pemerintahan dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang diberi tugas dan wewenang sebagai kajian tentang cara penyelenggaraan kenegaraan, baik ektern maupun intern sehingga memiliki struktur berbeda dalam perspektif global.

Haryanto

Menurut Haryanto sistem pemerintahan merupakan suatu pembagian tugas secara fungsional dalam sebuah organisasi kenegaraan yang mempunyai fungsi dan wewenang yang berbeda namun tetap ada keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Macam-Macam Sistem Pemerintahan

Adapun untuk jenis-jenis sistem pemerintahan dalam bentuk negara di Dunia, antara lain adalah sebagai berikut;

Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial identik dengan kepala negara serta kepala pemerintahan sepenuhnya dipegang penuh oleh Presiden beserta wakilanya. Hal inilah memberikan pendapat bahwa lembaga eksekutif dalam sistem pemerintahan presidensial sangat berperan vital bagi kebijakan-kebijakan negara.

Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem pemerintahan merupakan salah satu bentuk kekuasaan yang banyak dianaut oleh berbagai negara di dunia. Dalam cirinya sistem pemerintahan ini mengedepankan kekuasaan yang sama antara presiden dan perdanamentri. Contoh negara yang mempergunakannya adalah Malaysia.

Sistem Pemerintahan Campuran (Semipresidensial)

Pengertian sistem pemerintahan campuran kerapkali disebut dengan semipresidensial yang identik dengan pengabungan antara presidensial dan parlementer. Dalam proses kekuasaannya ada yang berbeda, terutama menuntukan kepada negara. Baca jugaPerbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Nah, demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkapnya mengenai pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli dan macam-macamnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan kepada pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *