Contoh Identitas Nasional Indonesia dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Identitas Nasional Indonesia

Identitas nasional Indonesia menjadi salah satu karakteristik yang membagakan bagi segenap masyarakat. Alasan ini diungkapkan lantaran kehidupan pada saat ini seringkali warga negara kurang merasa pe-de (minder) dalam peragulan internasonal dan mengakui dirinya sebagai Indonesia. Padahal sungguh menjadi WNI adalah kemulyaan harus dijaga dalam setiap sisi kehidupan. Oleh sebab itulah artikel ini akan mengulas tentang beragam contoh kembanggan Indonesia yang bisa menjadi identitasnya.

Identitas Nasional Indonesia

Identitas Nasional secara tirminologi berasal dari Bahasa Inggris “National Identity” yang menjadi bagian kebanggaan dalam proses pembentukan karakter setiap warga negara, untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan dan ikutserta dalam menjaga kehazanahan budaya.

Pengertian Identitas Nasional Indonesia

Pengertian identitas nasional Indonesia adalah ciri khas yang menjadi dasar setiap warga negara secara universal untuk berpikir, bertindak, dan bersikap dalam serangkaian tahapan keseharian yang dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Pelaksanaan identitas nasional yang dilakukan oleh warga negara mencangkup berbagai aspek kehidupan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Politik

Bidang politik menjadi salah satu identitas nasional yang tidak bisadilewatkan bagi segenap masyarakat. Implementasi ini misalnya saja dalam mengatasi permasalahan masyarakat, setiap warga negara yang baik setidaknya bisa mengutamakan asas demokrasi serta musyawarah yang menjadi karakteristik dari Indonesia.

Ekonomi

Impelemtasi identitas nasional dalam bidang ekonomi menjadi salah satu simbul sebagai masyarakat untuk dapat menjalankan kegiatan perdangan yang sesuai dengan nilai Indonesia. Misalnya saja menghindari proses penipuan, barang-barang yang illegal, dan lain sebaginya

Sosial Budaya

Indonesia sebagai negara luas dengan jumlah Pulau lebih dari 1 Juta pula memiliki beragam budaya yang dilestariakan. Kebudayaan ini menjadi simbul kehidupan rukun Indonesia yang menjadi daya tark bagi warga negara lainnya. Oleh karena itulah identitas nasional budaya ini senantiasanya dipertahankan.

Keamanan

Bentuk keamanan menjadi prioritas identitas nasional Indonesia yang wajib dipertahankan masyarakat pada umumnya. Pertahanan dalam sisi keamanan bisa dilakukan dengan cara melaporkan tindakan criminal kepada pihak yang berwajib serta menanamakan jiwa nasionalisme untuk menjaga marwah Indonesia.

Contoh Identitas Nasional Indonesia

Beragam contoh mengenai identitas nasional Bangsa Indonesia yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain adalah sebagai berikut;

Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Indonesia

Pancasila menjadi segmen terpenting dalam penanaman identitas nasional Indonesia. Dalam setiap aturan dan kehidupan menjalankan pancasila merukan sikap yang membedakan antar Indonesia dengan negara lainnya. Selain sebagai sikap bentuk aturan kehidupan yang dijalankan harus berpedoman pada nilai dasar Pancasila.

merupakan satu kesatuan sehingga berfungsi sebagai cita-cita atau ide yang menjadi tujuan utama bersama sebagai landasan dasar Negara.

UUD 1945 Sebagai Konstitusi Negara

Contoh identitas nasional Indonesia yang membedakan dengan negara lain ialah Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sebagai dasar negara dan tata kelola konstitusi hukum masyarakat. Segala bentuk peraturan dan penyimpangan dalam kehidupan diatur secara jelas dalam UU ini.

NKRI Sebagai Bentuk Negara Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan salah satu contoh identitas nasional yang harus dipertahankan bagi segenap masyarakat. Melalui NKRI inilah nama “Indonesia” akan selalu melakat pada masyarakat, baik dari sabang sampai meroke.

Pemerintahan Republik

Menjadi identitas nasional Indonesia yang selanjutnya ialah berhubungan dengan sistem pemerintahan yang menganut asas Republik dengan dipimpin oleh Presiden dan diawasi berdasarkan Hak DPR serta dilakukan juga oleh Lembaga Yudikatif.

Wawasan Nusantara Sebagai Konsepsi Utama

Identitas nasional yang dapat menjadi pembentuk karakter setiap warga negara adalah wawasan Nusatara yang mengedepakan asas-asas kebersamaan dan gotong royong dalam menjalankan setiap sisi kehidupan masyarakat. Oleh karena itulah keberadaannya harus dijaga.

Kebudayaan Nasional Sebagai Wawasan dan Kebanggaan

Menjadi salah satu bentuk identitas nasional Indonesia yang menjadi kebangaan adalah sisitem budaya yang ada. Dengan adanya kebudayaan ini masyarakat melakat pada kehidupan adat dengan berbeda akan tetapi bersatu padu untuk tetap mengedepankan asas-asas kemanusiaan.

Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan

Dalam kehiduan sehari-hari untuk berhubungan dengan masyarakat lain, terutama berda wilayah dan suku masyarakat mempergunakan Bahasa Indonesia sebagai bentuk bahasa persatuan. Atas dasar inilah setidaknya menjadi salah satu pembeda Indonesia dengan negara lainnya.

Merah Putih sebagai Bendera Indonesia

Menjadi bentuk identitas nasional Indonesia yang selanjutnya adalah Bendera Merah Putih yang pertamakali dijahit oleh Famawati dengan “Sang Saka Merah Putih”. Merah artinya berani dan putih artinya suci, arti sederhannya benda ini adalah keberanian melakukan tindakan-tindakan yang baik dalam masyarakat.

Indonesia Raya Sebagai Lagu Kebangsaan

Contoh lainnya yang bisa menjadi identitas nasional Warga Negara Idonesia adalah Lagu kebangsaan yang telah dibentuk dan disahkan secara UU sebangai lagu skaral yang harus disenandungkan dalam kegiatan-kegiatan di Indonesia.

Burung Garuda sebagai Lambang Negara

Keberadaan Burung Garuda merupakan salah satu identitas nasional Indonesia yang senantiasa harus dipertahankan keberadaannya. Bagi masyarakat yang menguki bagian Indonesia harus memberikan pemahaman untuk para generasi penerus bangsa.

Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semoboyan Negara

Bhinneka Tunggal Ika menjadi salah satu identitas nasional Indonesia yang mampu membentuk karakter kebersaam bagi masyarakat. Hal inilah setidaknya memiliki nilai lebih dari pendiri bangsa untuk mencintai kebersamaan dalam rangka mewujudkan kehidupan yang damai.

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian dan contoh identitas nasional Indonesia diatas, penting dipahami bahwa setiap manusia yang ditakdirkan menjadi WNI senantiasanya memiliki keeratan dan bertanggungjawab dalam menjalankan identitas ini. Sehingga dengan demikian bisa diteruskan pada generasi lainnya.

Adapun untuk unsur yang menjadi dasar terbentuknya identitas nasional Indonesia, antara lain;

  • Sejarah, memiliki sejarah dengan latarbelakang yang sama akan mendorong setiap manusia memiliki identitas yang dapat menjadi hubungan diantarnya.
  • Kebudayaan, budaya menjadi simbul kebanggan yang bisadimiliki setiap individi sejak ia lahir.
  • Agama, perdamian manusia yang semakin tidak terbatas agama yang dimiliki seseorang mampu mendorong karakter yang lebih baik sehingga tatakehidupannya akan sesuai.
  • Bahasa, penggunaan bahasa akan meningkatkan keeratan hubungan masyrakat satu dengan yang lainnya sehingga akan menjadikan masyarakat lebih baik lagi.

Demikianlah tulisan mengenai contoh identitas nasional Indonesia beserta dengan latarbelakangnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang memahai arti “identitas nasional”. Trimakasih,

1.3
03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *