Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia [Pengertian, Fungsi, dan Contohnya]

Diposting pada

Contoh Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Pancasila senantiasanya dijadikan sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia. Hal ini mutlak harus dilakukan, alasannya selain memiliki landasan hukum, Pancasila juga mempunyai sejarah kelahiran yang dianggap sakral bagi segenap sistem pemerintahan.

Pancasila: Ideologi Negara

Pengertian ideologi adalah serangkaian keyakinan yang terbentuk dari konsensus bersama  antara masyarakat dan pemerintahan guna melengkapi terbentuknya aturan yang fundamental. Keyakinan ini senantisanya mengakar dalam setiap perbuatan segenap masyarakat, lantaran memiliki alasan-alasan filosofis yang harus diatati secara universal.

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia mengandung pengertian bahwa sejarah Pancasila akan senantiasa dijadikan sebagai cita-cita negara atau impian yang menjadi tujuan atas basis bagi teori serta sistem kenegaraan bagi segenap element rakyat dan bangsa Indonesia.

Selain itu makna Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia mengandung pengertian bahwa menjadi cita-cita atas tujuan hidup bernegara Indonesia akan selalu dituangkan secara penuh pada identitas nasional terhadap hak dan kewajiban Warga Negara.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Proses perumusan pancasila tidak akan terlepas daripada kebutuhan setiap bangsa berdaulat yang harus memiliki dasar negara yang kuat, sehingga dijadikan sebagai pedoman dalam penentuan aturan-aturan yang kemudian akan dijalankan panduan oleh masyarakat.

Keadaan ini memunculkan spekulasi bahwa setiap negara termasuk Indonesia menyepakai nama Pancasila sebagai panduan umum untuk menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan kenegaraan dan kehidupan. Dalam kesimpulan inipulah setiap kanduangan pancasila memiliki fungsi dan peranan masing-masing. Yang keduamua dirangkup secara jelas, dalam sila-sila Pancasila;

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Pengertian Pancasila sebagai ideologi negara adalah serangkain rumusan yang dijadikan sebagai keyakinan dalam menjatidirikan masyarakat untuk bersatu serta menghindari konflik yang menjadi corak pengamalan dari prosedur pembentukan pancasila secara langsung dan tidak langsung.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli, tentang makna Pancasila sebagai ideologi negara ini antara lain adalah sebagai berikut;

Adnan Buyung Nasution (1995)

Pengertian mengemukakan Pancasila sebagai ideologi negara adalah identitas nasional yang dijadikan sebagai sumbul keyakinan dalam menuntaskan beragam persoalan-persoalan yang terjadi dalam dinamika kepenududukan di Indonesia.

Soekarno

Definisi Pancasila sebagai ideologi negara adalah konsesus kehidupan yang dijalankan masyarakat Indonesia sebagai sumbul atas prilaku kehidupan yang dijalani. Arti ini lebih mengindikasikan pada pentingnya nilai Pancasila dalam persatuan dan kesatuan.

Notonegoro

Arti Pancasila sebagai ideologi negara adalah kajian umum tentang kenagaraan yang dijadikan sebagai kayakinan hidup masyarakat untuk bergerak secara masif dalam internalisasi semua dimensi kehidupan yang dilakukanannya. Baik secara individual ataupun kelompok.

Dari pengertian Pancasila sebagai ideologi negara diatas, dapatlah dikatakan bahwa Pancasila telah mampu menjadi pedoman dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karenaitu, segala tindakan bangsa Indonesia harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Dalam kegiatan ini Anda diminta menunjukkan perilaku masyarakat Indonesia yang mencerminkan kedudukan dan fungsi Pancasila.

Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Bebarapa fungsi yang bisa disebutkan dari makna Pancasila sebagai ideologi negara, antara lain adalah sebagai berikut;

Kesatuan dan Persatuan

Pertama yang mendasari pada pemaknaan Pancasila sebagai ideologi negara ialah dijadikan alat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, apalagi melihat dari sejarah terbentunya bangsa ini yang terdiri dari beragam suku, agama, dan kebudayaan yang berbeda. Tentusaja harus ada konsensus kebersamaan yang mendasarinya.

Perwujutan atas Cita-Cita

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara lainnya ialah dijadikan sebagai dasar atas implementasi cita-cita segenap bangsa Indonesia. Mulai dari proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara sampai pada penyelenggaraan sistem pemerintahan presidensial yang melakat sebagai karakteristik pembeda antara Indonesia dan negara lainnya.

Contoh Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Contoh penerapan (impelemntasi) atas Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari , misalnya saja adalah kasus-kasus seperti berikut;

Mengikuti organisasi politik yang berlandaskan Pancasila

Organisasi menjadi pengamalan serta pengalaman kehidupan manusia, baik organisasi internasional ataupun politik kesemuanya haruslah mencerminkan dasar-dasar Pancasila. Tidak boleh ada penyelewengan yang terjadi, oleh karena demikian secara tegas prilaku seseorang akan senantiasanya paham atas ideologi ini.

Menentang paham yang bertentangan dengan Pancasila

Paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila sudah banyak bermunculan, baik pada masa kini ataupun sebelum kemerdekaan. Semua paham tersebut haruslah ditentang oleh masyarakat secara keseluruhan, misalnya saja tentang PKI yang ingin merubah Indonesia sebagai negara komunis ataupun HTI yang ingin mendrikan negara kekhilafahan bukan pada asas demokrasi yang selama ini sudah diterapkan.

Itulah uraian mengenai Pancasila Sebagai Ideologi Negara dalam tata kehidupan bangsa Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian, yang mencari materi “Pancasila”. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *