Fungsi Norma dalam Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Kegunaan Norma

Berbagai macam norma amat sangatlah penting keberadaannya di masyarakat, hal ini lantaran setiap norma memiliki peran yang sangat urgen. Dengan adanya norma maka dapat memberi kehidupan di masyarakat menjadi lebih aman dan tertib.

Selain itu juga dapat mencegah bagaimana terjadinya benturan diantara banyak kepentingan yang ada di masyarakat serta akan senantiasanya memberi petunjuk dan pedoman bagi setiap individu dalam melakukan kehidupan di masyarakat. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tentang fungsi norma dalam masyarakat.

Norma

Secara etimologi, norma berasal dari Bahasa Belanda yaitu Norm yang memiliki arti yaitu patokan, pokok kaidah serta pedoman. Akan tetapi beberapa orang mengatakan istilah dari norma ini berasal dari bahasa latin yaitu Mos yang memiliki arti kebiasaan, tata kelakuan serta adat istiadat.

Biasanya norma ini berlaku pada suatu lingkungan masyarakat tertentu. Contoh saja yaitu etnis atau negara tertentu. Namun norma juga terdapat yang memiliki sifat universal dan berlaku untuk seluruh umat manusia.

Sedangkan menurut ahli yaitu E Ultrecht memberikan arti bahwa norma adalah petunjuk hidup yang memberikan aturan tata tertib dalam masyarakat atau bangsa yang peraturannya wajib untuk ditaati pada setiap masyarakat, apabila ada yang melanggar, maka akan ada tindakan dari pemerintah secara langsung.

Atas penjelasan diatas, maka pengertian norma adalah aturan untuk berperilaku di dalam kehidupan masyarakat. Bagi individu atau kelompok yang terdapat di masyarakat yang melakukan pelanggaran norma yang berlaku di masyarakat, maka akan diberikan sanksi yang tegas.

Fungsi Norma

Pada umumnya fungsi serta peran norma di dalam masyarakat yaitu sebagai pedoman untuk masyarakat dalam melakukan sesuatu perilaku atau tindakan di tengah masyarakat. Selanjutnya, berikut adalah fungsi norma di masyarakat dan contohnya, antara lain;

Sebagai Pedoman

Norma yang ada di dalam kehidupan masyarakat akan senantiasanya dijadikan sebagai pedoman atau patokan serta aturan dalam menjadi setiap sisi kehidupan. Hal ini sebagimana misalnya di dalam Ideologi Pancasila terutama dalam sila 1 Pancasila yang menegaskan bahwa setiap masyarakat Indonesia haruslah memiliki Agama (Kayakinan), maka atas konsekuensi yang demikian setiap WNI haruslah memiliki kepercayaan tersebut.

Menjaga Keteraturan dan Stabbilitas

Keteratutan sosial yang di dalam kehidupan masyarakat akan berjalan dengan sangat baik jikalau ada fungsi norma yang belaku disini. Hal ini sebagimana dalam kehidupan bersosial kita, selalu memegang teguh Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai jalan dalam menjalani setiap sisi kehidupan. Selengkapnya, bacaContoh Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam UUD 1945

Sebagai Dasar Pemberikan Sanksi

Fungsi lainnya dari norma adalah menjadi sebuah dasar dalam memberikan arti sanksi atau hukuman pada anggota masyarakat yang melakukan pelanggaran-pelanggaran sehingga dianggap akan menganggu ketertiban sosial.

Contoh prilaku ini misalnya saja telah dalam membayar pajak pusat atau pajak daerah maka setiap seseorang/penguasa yang terlambat akan diberikan sanksi/hukuman, baik dalam bentuk denda sampai pencabutan izin untuk usahanya. Baca jugaNorma Hukum: Pengertian, Ciri, Jenis,Tujuan, dan Contohnya

Menciptakan Ketertiban

Fungsi norma dalam masyarakat lainnya yaitu untuk dapat menciptakan tertib dan adil dalam lingkungan kehidupan. Kondisi ini sangatlah penting, mengingat ketertiban menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupan yang damai, sejahtera, dan penuh keteraman.

Contohnya dalam kasus ini ialah seseorang yang menjalani kehidupan melakukan pencurian ataupun permapasan. Maka sudah sangat sewarjanya lah ia mendapatkan hukuman dari pihak-pihak yang memiliki wewenang, yaitu Polisi.

Mencipatakan Keadilan

Pengertian adil adalah memberikan sesuai sesuai dengan porsinya, maka dengan definisi inilah keadilan dalam kehidupan masyarakat akan bisa terciptakan jikalau ada norma di dalamnya. Misalnya saja saja untuk kasus nyata dalam segi hukum di Indonesia, selalu ada penyetaraan, tidak membela yang kaya, ataupun yang punya kekuasaan. Semua masyarakat memiliki hal yang sama.

Membantu Mencapai Tujuan

Peranan norma yang lainnya ialah membentu masyarakat dalam mencapai target atau tujuan bersama-sama. Hal ini menjadi fungsi terkahir daripada norma, maka sudah sepantasnya jika setiap orang/ masyarakat selalu memiliki dasar-dasar hukum untuk menjalankannya.

Itulah tadi materi yang daoat dituliskan terkait dengan fungsi norma di masyarakat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *