Contoh PERPU (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) di Indonesia

Diposting pada

PERPU Adalah

Peraturan pemerintah yang difungsikan sebagai pengganti Undang-Undang (UU) merupakan salah satu  bentuk Peraturan Perundang-Undangan yang ada di Tingkat Pusat. Dalam hal ini proposi pembagian pengesahan dalam pembentukannya dilakukan oleh antar lembaga legislatif dan lembaga eksekutif di Indonesia. Oleh sebab itulah pada artikel ini menuliskan tentang contoh Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu)

Sejatinya dalam sistem pemerintahan presidensial pembentukan peraturan pemerintah penganti ini dikeluarkan lantaran ada keperluan mendesak, sehingga sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tugas presiden bersama dengan DPR dan MPR mengeluarkan aturan demi menjaga kesatuan, persatuan, serta perdamaian hidup masyarakat.

Contoh Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang

Adapun untuk beragam macam dalam contoh peraturan yang menjadi tugas pemerintah pusat sehingga difungsikan sebagai penganti Undang-Undang di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

Perpu No. 1 Tahun 2004

Pertama yang menjadi salah satu bentuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ialah Perpu No.1 yang mengakomodir tentang Perubahan Atas UU No 4 Tahun 1999. Isi lengkapnya dalam aturan ini ialah tentang Kehutanan, baik dalam fungsi, pemanfaataan, dan lain sebaginya.

Perpu No. 2 Tahun 2004

Pada tahun 2004 yan menduduki sebagai Presiden Indonesia adalah SBY dengan berpasangan wakilnya JK (Jusuf Kalla), dalam tahun ini mengelurakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang yakni Perubahan atas UU No12 Tahun 2003. Isi dalam aturan ini ialah tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Perpu No. 1 Tahun 2005

Selanjutnya yang menjadi salah satu contoh dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ialah tentang tentang penangguhan mulai berlakunya UU No. 2 Tahun 2005 yakni tentang adanya Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Propinsi Nangroe Aceh Darussalam serta Kepulauan Nias yang ada di Propinsi Sumatra Utara.

Perpu No. 3 Tahun 2005

Contoh lain tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang yakni misalnya dalam Perubahan atas UU No 32 Tahun 2004 yang kesemuanya menjelaskan adanya peranan Pemerintahan Daerah, hal ini dikelaurkan lantaran pada saat itulah pemerintah sudah mengeluarkan aturan desentralisasi dalam pengertian daerah otonom.

Nah, demikianlah penjelasan secara lengkap mengenai Contoh Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) yang ada di Indonesia. Semoga melalu hadirnya tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *