Contoh Pemberdayaan di Masyarakat dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Pemberdayaan di Masyarakat

Masyarakat harus diposisikan sebagai subyek pembangunan, bukan hanya sebagai obyek. Sebagai subyek pembangunan, masyarakatlah yang bertindak sebagai agen. Masyarakat sebagai subyek pembangunan adalah masyarakat yang mandiri. Artinya telah terbuka ruang dan kapasitas mengembangkan potensi kreasi.

Selain itu, masyarakat bisa mengontrol lingkungan dan sumber daya sendiri. Meraka juga dapat menyelesaikan masalah secara mandiri dan ikut melaksanakan proses politik di ranah negara. Sebaliknya, ketika masyarakat hanya sebagai obyek pembangunan, maka masyarakat hanyalah sekedar penerima manfaat yang hidup bergantung dari pihak luar seperti sistem pemerintahan atau elemen lain. Konsep yang telah disebutkan adalah makna pemberdayaan yang lazim kita ketahui.

Pemberdayaan

Masyarakat harus dijauhkan dari kemiskinan, mereka harus bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Masyarakat juga harus dijauhkan dari keterbelakangan, artinya meningkatkan produktivitas, meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan kemampuan masyarakat untuk bersaing dengan dunia luar.

Arti pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan oleh banyak elemen seperti pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, pers, partai politik, aktor masyarakat, atau organisasi kemasyarakatan sendiri. Elemen yang sangat strategis adalah elemen pemerintah karena terdapat anggaran sekaligus pihak yang mempunyai kewenangan untuk membuat kebijakan mengenai pemberdayaan dan kelanjutannya.

Strategi Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan dalam masyarakat memiliki beberapa strategi untuk mencapai tujuan, antara lain:

  1. Menciptakan iklim yang memperkuat potensi masyarakat. Masyarakat harus ditekankan bahwa, setiap orang mempunyai potensi masing-masing yang harus dikembangkan. Sehingga, pemerintah atau komponen lain harus menciptakan iklim dan suasana agar masyarakat dapat mengembangkan potensi mereka.
  2. Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat. Untuk memperkuat potensi, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan taraf pendidikan, derajat kesehatan, serta akses kemajuan ekonomi seperti modal, teknologi, informasi, lapangan kerja, dan pasar. Pemberdayaan ini juga termasuk pembangunan sarana dan prasarana dasar fisik seperti irigasi, jalan, listrik, maupun sosial seperti sekolah dan arti fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh masyarakat pada lapisan paling bawah serta ketersediaan lembaga pendanaan dan juga menanamkan budaya modern untuk terus maju.
  3. Memberdayakan atau melindungi. Masyarakat harus dicegah untuk bertambah lemah. Hal ini adalah untuk mencegah terjadinya persaingan yang tidak seimbang serta eksploitasi yang kuat atas yang lemah. Pemberdayaan bukan untuk membuat masyarakat menjadi ketergantungan karena pada dasarnya apa yang dinikmati adalah hasil usaha sendiri.

Contoh Pemberdayaan

Jenis pemberdayaan masyarakat bisa berwujud penyadaran, pelatihan, atau pemberian dana. Adapun contoh-contoh pemberdayaan masyarakat yang sudah pernah dilakukan antara lain sebagai berikut:

Bidang Pendidikan

Contoh pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan antara lain:

  1. Taman Baca

Taman baca adalah salah satu program yang bisa dilakukan di lingkungan masyarakat yang minat baca dan tingkat pendidikan masyarakat rendah. Taman baca bisa dicanangkan oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, mahasiswa atau agen-agen masyarakat yang lain. Taman baca biasanya tersedia buku-buku bacaan yang diusahakan oleh para pendiri atau donatur.

Taman baca memiliki konsep layaknya perpustakaan. Melalui taman baca diharapkan minat baca masyarakat atau khsusunya anak-anak dan remaja meningkat. Sehingga wawasan dan pengetahuan mereka luas dan bisa bersaing dengan dunia luar.

  1. Beasiswa Pendidikan

Beasiswa biasa diberikan oleh pemerintah dalam rangka memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Beasiswa pendidikan diberikan mulai pendidikan dasar hingga tingkat universitas. Tujuannya adalah mencerdaskan generasi penerus bangsa, menuntaskan buta aksara sehingga dapat meningkatkan kualitas manusia. Selain pemerintah, beasiswa pendidikan juga biasa diberikan oleh lembaga-lembaga swasta.

  1. Program Pemberantasan Buta Aksara

Program pemberantasan buta aksara ini meliputi pelatihan membaca bagi lansia atau masyarakat putus sekolah di mana mereka tidak bisa membaca atau tuna aksara. Pemberantasan buta aksara biasa dilakukan oleh pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang melek huruf, tidak mudah dibodohi oleh orang asing.

Bidang Kesehatan

Contoh pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan antara lain:

  1. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu)

Posyandu adalah salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Posyandu ini biasanya beranggotakan wanita-wanita yang berada dalam satu daerah. Kegiatan posyandu berkaitan dengan permasalahan gizi balita, kesehatan ibu dan anak dan semacamnya.

Program-program posyandu antara lain penyuluhan kesehatan bagi masyarakat seperti KB dan kesehatan reproduksi, jenis pelayanan publik kesehatan seperti imunisasi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan diare, serta pelayanan keluarga berencana.

  1. Klinik Bersalin Desa

Klinik atau ponsok bersalin desa adalah tempat yang digunakan sebagai pertolongan pertama untuk persalinan serta untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan yang dilakukan seperti pemeriksaan ibu hamil, imunisasi, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, pembinaan kader masyarakat.

Klinik bersalin desa ini biasanya dioperasionalkan oleh bidan desa. Melalui klinik bersalin ini diharapkan mampu mengurangi arti kesenjangan sosial dalam hal informasi kesehatan untuk masyarakat desa.

  1. Bank Sampah

Bank sampah adalah salah satu program yang diadakan oleh LSM, pemerintah desa atau masyarakat sendiri untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang menghasilkan. Tujuannya adalah untuk membangun kepedulian masyarakat mengenai sampah.

Masyarakat tidak hanya langsung membuang sampah. Namun juga memilah sesuai dengan jenisnya dan memanfaatkannya sehingga bernilai ekonomis. Melalui bank sampah ini, diharapkan lingkungan menjadi terjaga kesehatan dan keindahannya karena masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Bidang Sosial

Contoh pemberdayaan masyarakat bidang sosial antara lain:

  1. Program Desa/Kota Ramah Anak

Program ini program yang bertujuan untuk melindungi anak, menyediakan sarana atau tempat yang nyaman dan aman bagi anak. Mulai dari sarana transportasi, sarana bermain, atau media tempat mengadu ketika terdapat kekerasan terhadap anak. Program ini diharapkan mendukung terciptanya lingkungan yang sehat lahir batin bagi anak.

  1. Program Keluarga Harapan

Program ini berupa bantuan sosial bagi keluarga yang kurang mampu. Syaratnya, penerima adalah ibu hamil/menyusui atau mempunyai anak yang sedang bersekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang kurang mampu. Bantuan ini biasanya dalam bentuk nontunai atau tunai dengan syarat dibelikan wujud barang.

  1. Program Masyarakat Anti Narkoba

Program ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi narkoba di masyarakat. Program ini biasa dilakukan oleh pemerintah kota atau desa, kepolisian dan sekolah-sekolah.

Program ini biasa seperti penyuluhan atau pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya, pemberian slogan anti narkoba dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menghindari narkoba. Harapannya, angka pengguna narkoba bisa berkurang.

Bidang Ekonomi

Contoh pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi antara lain:

  1. Kredit Usaha Rakyat

Kredit usaha rakyat adalah program pemerintah dalam bentuk pinjaman kepada masyarakat yang ingin mendirikan usaha.

Biaya bunga yang kecil memudahkan rakyat untuk mengembangkan usahanya. Program ini sangat menguntungkan bagi masyarakat yang ingin membangun usaha kecil menengah atau UMKM dalam mendirikan usaha yang diinginkannya ketika tidak mempunyai modal.

  1. Pelatihan Ketrampilan Masyarakat

Pelatihan keterampilan bagi masyarakat biasa diberikan oleh pemerintah atau agen-agen penggerak yang lainnya. Pelatihan keterampilan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berada di satu daerah.

Seperti pelatihan budidaya rumput laut bagi masyarakat di daerah sekitar pantai, pelatihan membuat sablon, desain grafis, membuat kerajinan dan sebagainya. Pelatihan ini sekaligus memberikan pelatihan beriwirausaha bagi masyarakat.

  1. Badan Usaha Milik Desa

Badan usaha milik desa adalah usaha-usaha yang didirikan oleh desa untuk kesejahteraan masyarakatnya. Badan ini dikelola oleh desa dan bekerja dengan masyarakat. Usaha-usaha yang dijalankan sesuai dengan potensi desa masing-masing seperti desa wisata, usaha pertanian, perikanan, tambak, dan segala jenis usaha yang dijalankan bersama.

Bidang Pertanian

Contoh pemberdayaan masyarakat bidang pertanian antara lain:

  1. Perkumpulan Tani

Perkumpulan atau kelompok tani adalah perkumpulan masyarakat yang anggotanya adalah para petani. Perkumpulan tani ini sangat bermanfaat bagi petani karena ajang bertemunya para petani untuk mendiskusikan masalah pertanian seperti penyakit tanaman dan obatnya, teknologi baru dalam pertanian, masalah irigasi, penghitungan hasil panen, penjualan hasil tani dan semacamnya.

  1. Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan pertanian biasa dilakukan oleh pemerintah atau lembaga yang berkaitan kepada para petani. Tujuannya adalah mengedukasi masyarakat mengenai sistem pertanian yang benar dan menguntungkan. Seperti adanya metode baru dalam pertanian yang sesuai dengan perkembangan musim serta penyuluhan mengenai penjualan hasil tani agar lebih modern dan menguntungkan.

  1. Bantuan Pertanian

Bantuan pertanian biasa dalam bentuk dana, obat tanaman, pupuk, atau teknologi (alat) pertanian baru yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas petani dan hasil taninya.

Sehingga mereka lebih sejahtera dan mudah mengembangkan usaha pertanian melalui sarana dan prasarana yang diberikan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh pemberdayaan yang ada dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan pertanian yang ada di masyarakat. Semoga bisa memberi edukasi bagi semuanya.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://sikapdaya.kemsos.go.id/uploads/downloadable_file/panduan-pelaksanaan-program-pemberdayaan-sosial-15-des-2017-a5-finalpdf_5a7d43f2408ef.pdf
  • https://www.kemsos.go.id/page/pemberdayaan-sosial
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *