Pengertian Fasilitas, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Fasilitas Adalah

Fasilitas merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab hampir seluruh sendi kehidupan memerlukan fasilitas. Semua bentuk negara di dunia tanpa terkecuali memberikan fasilitas bagi setiap warga negaranya. Sehingga fasilitas ini dapat memberikan kemudahan untuk menyelsaikan beberapa usaha baik fisik, maupun non fisik.

Disisi lainnya, fasilitas yang diberikan pada dasarnya untuk memudahkan segala urusan manusia. Namun tak jarang fasilitas tersebut malah disalahgunakan atau bahkan dirusak. Oleh sebab itu penting untuk menjaga dan merawat fasilitas yang ada.

Fasilitas

Fasilitas bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang dapat memudahkan dan melanjarkan pelaksanaan suatu usaha. Di era modern seperti saat ini fasilitas merupakan hal yang sangat penting. Baik itu fasilitas yang disediakan oleh sistem pemerintahan maupun swasta.

Banyak arti negara berkembang dan makna negara maju berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas yang terbaik untuk menarik para investor. Tak jarang bila fasilitas menjadi tolok ukur pembangunan. Artinya semakin maju negara tesebut maka semakin lengkap fasilitas yang disediakan.

Pengertian Fasilitas

Fasilitas adalah alat yang digunakan untuk mempermudah dan melancarkan suatu usaha atau pekerjaan. Fasilitas dapat pula diartikan segala hal yang dapat melancarkan maupun memudahkan pelaksanaan suatu usaha. Pendapat lain mengatakan bahwa fasilitas adalah sesuatu yang memudahkan dan melancarkan suatu usaha tersebut biasanya berupa benda-benda atau uang.

Dilihat darisudut pandang yang lain fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsinya. Arti bahwa fasilitas  adalah kemudahan. Fasilitas adalah segala sesuatu yang berupa benda maupun uang yang digunakan untuk memudahkan dan  memperlancar suatu usaha yang dilakukan.

Pengertian Fasilitas Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang mengungkapkan makna fasilitas, berikut beberapa diantaranya :

  1. Prof. Dr. Hj Zakiah Daradjat, Fasilitas adalah semua hal  yang dapat  mempermudah upaya serta memperlancar kerja dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Pendapat ini menekankan pada adanya tujuan yang akan dicapai dengan memanfaatkan fasilitas.
  2. Suharsimi Arikunto, Definisi fasilitas ialah segala sesuatu yang digunakan untuk  memudahkan dan memperlancar pelaksanaan segala sesuatu usaha. Tidak jauh berbeda dengan pendapat yang sebelumnya bahwa fasilitas untuk memberikan kemudahan dan kelancaran usaha.
  3. Suryo Subroto, Arti fasilitas merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan  dan memperlancar pelaksanaan suatu usaha yang dapat berupa benda maupun uang. Pendapat Suryo memperjelas bahwa fasilits dapat berbentuk uang maupun barang yang dapat dimanfaatkan.
  4. The Liang Gie, Pengertian fasilitas merupakan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dalam suatu usaha kerja sama manusia. Sedikit berbeda dari pndapat sebelumnya, pendapat Liang Gie merujuk pada kebutuhan dalam kerja sama manusia agar pekerjaan yang dilakukan dapat diselesaikan.
  5. Suyanto, Definisi fasilitas merupakan  segala sesuatu hal  yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan suatu usaha, fasilitas tersebut  dapat berupa benda-benda maupun uang. Mulyarto dalam artikelnya juga  menerangkan bahwa dengan adanya perlengkapan yang memadai akan sangat membantu kelancaran belajar dan sekaligus akan mendorong siswa agar lebih rajin dan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.

Macam Fasilitas

Dalam kehidupan sehari banyak sekali fasilitas yang kita jumpai, berikut adalah macam-macam fasilitas dan contohnya:

  1. Fisik

Fasilitas fisik dapat diartikan  segala sesuatu yang berupa benda atau yang dapat dibendakan, yang memiliki peranan dapat memudahkan dan melancarkan suatu usaha. Seringkali fasilitas fisik disebut juga dengan fasilitas materiil. Fasilitas dapat memberi kemudahan dan kelancaran bagi suatu usaha dan umumnya diperlukan sebelum suatu kegiatan berlangsung maka dapat pula disebut sebagai saran materiil. Banyak benda disekitar kita yang merupakan fasilitas fisik.

Contohnya

Misalnya saja gedung sekolah. Dimana gedung sekolah merupakan fasilitas untuk menjalankan proses belajar mengajar. Tanpa ruang kelas yang baik belajar akan berjalan kurang kondusif dan sehingga tujuan pendidikan kurang tercapai.

  1. Umum

Fasilitas umu ialah  sarana yang telah disediakan untuk kepentingan umum atau bersama. Fasilitas yang disedikan ini merupakan sarana yang memberikan kemudahan sehingga harus dipelihara dengan baik.

Contohnya

Contohnya seperti trasportasi umum yang telah disediakan seperti BST, Trans Jakarta, Dll. Fasilitas tersebut disediakan untuk memudahkan masyarakatdalam berpergian. Maka fasisilitas tersebut perlu dijaga dengan tidak merusak halte maupun menerobos jalur.

  1. Sosial

Fasilitas sosial ialah fasilitas yang telah disedikan oleh pemerintah maupun swasta untuk masyarakat. Fasilitas sosial diharapkan mampu memudahkan masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya.

Contohnya

Misalnya saja pukesmas, dimana puskesmas merupakanunit kesehatan yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk memudahkan masyarakat dalam hal kesehatan. Hampis disetiap daerah terdapat puskesma tujuanya adalah fasilitas sosial ini dapat menjangkau seluruh masyarakat.

  1. Kantor

Fasilitas kantor yaitu segala sesuatu yang menjadi sarana pendukung pada berbagai aktifitas yang dilakukan perusahaan yang berupa fasilitas fisik dan dapat dipergunakan dalam kegiatan normal perusahaan. Fasilitas kantor ini memiliki manfaat hingga di masa depan serta memiliki  umur atau masa manfaatnya relatif permanen. 

Contohnya

Geduung perkantoran, dimana gedung merupakan tempat aktivitas utama perusahaan dilakukan. Tanpa adanya gedung maka aktifitas kantor tidak dapat berjalan. Masa gedung sendiri relatif lama sehingga tetap akan bermanfaat dimasa depan.

  1. Olahraga

Fasilitas olahraga merupakan segala sesuatu yang berbentuk yang permanen, yang mendukung aktifitas olahraga. Fasilitas ini dapat digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Contohnya

Misalnya saja kolam renang dan lapangan basket. Fasilitas tersebut ada yang buka untuk umum ada pula yang milik terbatas. Kolam renang dan lapangan basket dapat memudahkan siapapun untuk berolahraga.

  1. Pendidikan

Fasilitas pendidikan merupakan  semua sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran. Fasilitas pendidikan sangat penting, tanpa fasilitas yang baik kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan secara optimal. Maka pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan fasilitas pendidikan.

Contohnya

Misalnya fasilitas pendidikan adalah gedung sekolah, buku pelajaran, perpustakaan, dan lain-lain. Tanpa fasilitas tersebut guru tidak dapat menyampaikan ilmu secara maksimal. Gedung menjadi tempat utama untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku menjadi dasar atau  pegangan bagi siswa maupun guru untuk belajaran.

  1. Kesehatan

Fasilitas kesehatan ialah  fasilitas untuk pelayanan kesehatan yang dapat dipergunakan dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik secara promotif, preventif kuratif maupun rehabiltatif yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat pada umumnya. Sehingga masyarakat memiliki hak untuk hidup sehat dan pemerintah wajib menyelenggarakanya.

Contohnya

Contoh layanan kesehatan yang diberikan pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Program BPJS Kesehatan merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi hak masyarakat. Meski demikian selama keberjalanan program tersebut perlu banyak hal yang divaluasi dan diperbaiki.

Contoh Fasilitas

Adapun untuk berbagai contoh fasilitas yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. WC Umum

Fasilitas WC Umum
Fasilitas WC Umum

Keberadaan WC umum menjadi sangat penting dalam kenyamanan setiap manusia. WC umum ini menjadi fasilitas yang disedikan oleh perusahaan, lembaga pemerintahan, ataupun pihak-pihak lain yang kosen terhadap kebersihan di lingkungan. Maka tak khayal atas kondisi inilah kerapkali dalam kehidupan sehari-hari ketika melewati Jalan Tol, masuk ke dalam rumah sakit, SPBU, kampus, dan lainnya senantiasa disedikan WC umum.

  1. Tempat Ibadah

Fasilitas Tempat Ibadah
Fasilitas Tempat Ibadah

Tempat ibadah bagi negara bergama seperti Indonesia senantiasa memperhatikan fasilitas dalam menunjang seseorang untuk menjalankan perintah kepada Tuhannya. Fasilitas ini bahkan masuk dalam pengamalan Sila 1 Pancasila. Adapun wujudnya seperti penyediaan kebradaan Masjid atau Mushola, kebradaan Gereja, dan lain sebagainya. Bahkan di berbagai perguruan tinggi semua tempat Ibadah juga disedikan.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa fasilitas adalah segala sesuatu yang dapat membantu untuk memperlancar pekerjaan atau usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu berupa barang maupun uang yang dilakukan oleh masyarakat.

Nah, itulah saja serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai materi pengertian fasilitas menurut para ahli, jenis, dan contohnya, semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta edukasi mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *