Pengertian Kecerdasan Spiritual, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kecerdasan SpiritualKecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang derajatnya paling tinggi diantara kecerdasan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kecerdasan spiritual lah yang mempengaruhi kecerdasan intelegensi dan kecerdasan emosional. Kecerdasan spiritual membuat seseorang mampu mencapai kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki. Bukan hanya berorientasi pada dunia, orang dengan kecerdasan ini mampu menempatkan akhirat sebagai tujuan akhirnya dan dunia sebagai jalannya.

Setiap masalah dalam hidup akan terasa mudah jika manusia memiliki kecerdasan ini. Oleh karena topik ini sangat menarik untuk dibahas, maka pada artikel ini akan disajikan pengertian, ciri, manfaat dan contoh kecerdasan spiritual agar kita juga bisa memilikinya.

Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang digunakan dalam menghadapi permasalahan kehidupan, makna nilai, dan keutuhan diri. Kecerdasan spiritual menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks yang lebih luas. Seseorang dapat menemukan makna hidup dari belajar dan bekerja serta menghadapi permasalahan hidup melalui kecerdasan spiritual.

Pengertian Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang di mana kemampuan tersebut mampu menyadarkan dan menentukan makna, nilai, moral, serta cinta terhadap kekuatan yang lebih besar maupun sesama makhluk. Pada prosesnya, manusia dapat menempatkan diri dan hidupnya lebih bermakna dengan diliputi oleh kebijaksanaan diri, kedamaian hati, dan kebahagiaan yang hakiki.

Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Ahli

Berdasarkan dari beberapa pendapat ahli, definisi dari kecerdasan spiritual adalah sebagai berikut:

  • Zohar dan Marshall

Makna dari kecerdasan spiritual adalah fondasi yang diperlukan dalam memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Kecerdasan spiritual ini bisa memungkinkan seseorang untuk menemukan sifat orang lain pada dirinya.

  • Khalil A Khavari

Definisi dari kecerdasan spiritual yaitu fakultas dimensi non material kita atau jiwa manusia. Kecerdasan spiritual dapat disebut sebagai intan yang belum terasah dan dimiliki oleh setiap insan. Manusia harus mengenali kecerdasan ini, menggosoknya hingga mengkilap dengan tekat yang besar. Kecerdasan ini harus digunakan dalam menuju kearifan serta kebahagiaan yang abadi.

  • Stephen R. Covey

Arti kecerdasan spiritual yaitu pusat yang paling mendasar daripada kecerdasan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kecerdasan spiritual menjadi sumber bimbingan bagi kecerdasan lainnya. Kecerdasan spiritual mewakili kerinduan akan makna dan hubungan yang tidak terbatas.

  • Tony Buzan

Hakikat kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berkaitan dengan bagian dari rancangan segala sesuatu yang lebih besar yakni melihat gambaran permasalahan secara menyeluruh.

Ciri Kecerdasan Spiritual

Karakteristik seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual antara lain sebagai berikut:

  • Kemampuan bersikap flesibel

Seseorang yang mempunyai kecerdasan spiritual memiliki sikap yang fleksibel dan luwes dalam menghadapi segala permasalahan hidup. Orang tersebut lebih mudah menyesuaikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi. Mereka juga tidak mau memaksakan kehendak kepada orang lain. Sehingga bisa dikatakan bahwa orang dengan kecerdasan spiritual yang tinggi bisa menerima kenyataan dengan hati yang lapang.

  • Mencari jawaban yang mendasar dalam melihat permasalahan

Sesorang yang memiliki kecerdasan spiritual mampu melihat keterkaitan dalam berbagai hal. Mereka bisa mempertimbangkan keputusan agar menghasilkan kebaikan dalam menghadapi permasalahan. Mereka memiliki pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana jika” untuk mencari jawaban yang mendasar.

Masalah dapat dipahai dengan baik, bukan hanya secara parsial. Sehingga mereka akan menghasilkan keputusan yang baik pula. Pertanyaan ini juga digunakan agar seseorang tidak terjebak dalam masalah. Mereka bisa menemukan jaan keluar dan merencanakan tujuan baik demi keberhasilan.

  • Memiliki kesadaran tinggi dalam hidup

Seseorang akan mengenal dengan baik dirinya sendiri apabila memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi. Mereka tahu siapa dirinya dan lebih mudah untuk mengendalikan diri dari berbagai keadaan, khususnya dalam mengendalikan emosinya. Sehingga mereka tidak mudah putus asa dalam menjalani hidupnya.

  • Ikhlas menghadapi masalah

Seseorang yang mempunyai kecerdasan spiritual yang baik akan mempunyai kemampuan dalam menghadapi masalah dengan baik. Mereka sadar bahwa setiap permasalahan yang dihadapi merupakan jalan untuk membangun dirinya agar menjadi manusia yang lebih baik dan kuat. Mereka menyadari bahwa masih banyak orang yang mempunyai penderitaan dan masalah yang lebih besar. Sehingga mereka memiliki kemampuan untuk menemukan makna hidup mengapa mereka diberikan masalah dan penderitaan.

  • Kemampuan menghadapi rasa takut

Manusia sering mengalami rasa takut dalam hidupnya seperti kahwatir akan kemiskinan, khawatir akan status sosialnya. Manusia sering berlebihan dalam menyikapinya.

Sehingga mereka menggunakan cara tertentu yang tidak sesuai dengan sistem hukum dan nilai atau bisa dikatakan mereka menghalalkan segala cara untuk mengatasi permasalahan, bisa dengan menipu, mencuri, korupsi dan sebagainya.

Sementara itu, orang dengan tingkat kecerdasan spiritual yang tinggi tidak akan mengalami ketakutan dan kekhawatiran yang berlebih dalam mengadapi segala sesuatu. Mereka tahu bahwa semua hal yang terjadi dalam hidup sudah diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta.

Mereka bersandar kepada-Nya dan yakin akan dirinya sendiri. Mereka memiliki keberanian dan bisa mengelola rasa takut ketika dihadapkan dalam menghadapi penderitaan.

  • Memiliki prinsip dan visi yang kuat

Salah satu ciri seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yaitu memiliki hidup yang berkualitas berdasarkan visi dan nilai. Ketika orang tidak memiliki visi dan nilai yang dipegang kuat, maka mereka akan mudah terkena godaan atau bujuk rayu dari segala hal yang kurang bermanfaat.

Visi dan nilai ini didasarkan dari keyakinan Tuhan dan bisa juga didasarkan atas pengalaman hidup yang sudah dialaminya. Visi dan nilai bisa membuat hidup seseorang terarah, dan tidak mudah putus asa dalam mengadapi cobaan. Sehingga mereka menjadi lebih mudah dalam meraih kebahagiaan.

  • Enggan menyebabkan kerugian

Ciri kecerdasan spiritual yang sangat tampak adalah mereka senang berbuat baik dan tidak mau merugikan orang lain. Mereka lebih berpikir selektif dalam mempertimbangkan berbagai hal. Hal ini sangat penting dalam kehidupan sesorang karena mereka mempertimbangkan segala langkah dengan kekayaan jiwa. Sikap ini tidak serta merta langsung dimiliki oleh setiap orang. Kecerdasan ini bisa ditanamkan sejak dini baik oleh orang tua maupun diri sendiri.

Manfaat Kecerdasan Spiritual

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita memiliki kecerdasan spiritual antara lain:

  • Dapat digunakan dalam menghadapi masalah eksistensial, ketika seseorang sudah merasa terpuruk menhadapi penderitaan, terjebak dalam kebiasaan yang tidak baik, memiliki kekhawatiran yang tinggi akan sesuatu dan masalah akibat penyakit.
  • Menjadikan seseorang menyadari bahwa mereka memiliki masalah eksistensial sehingga mereka mampu mengatasinya. Hal ini dikarenakan kecerdasan spiritual menyangkut perjuangan hidup seseorang.
  • Menjadikan seseorang memahami siapa dirinya dan apa hikmah dari segala sesuatu yang dihadapi serta bagaimana mereka harus memaknainya sehingga juga bisa memberikan makna kepada lain.
  • Menjadi landasan bagi setiap orang dalam memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Kecerdasan spiritual ini merupakan puncak kecerdasan manusia.
  • Bisa digunakan untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks dan makna yang lebih luas. Manusia menjadi kreatif, fleksibel, berwawasan luas, berani, dan optimis. Sehingga manusia akan lebih mudah dalam menghadapi masalah eksistensial dalam kehidupan.
  • Memberikan perasaan moral, kemampuan menyesuaikan aturan yang tidak dinamis atas berbagai batasannya. Kecerdasan spiritual memungkinkan manusia apakah mereka berada dalam situasi yang seperti itu atau tidak. Dengan kata lain, dapat digunakan dalam mengarahkan situasi.
  • Menjadikan seseorang lebih cerdas secara spiritual dalam beragama. Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual akan mempunyai sifat yang toleransi, dan jauh dari prasangka.

Contoh Kecerdasan Spiritual

Berikut adalah contoh-contoh perilaku seseorang yang sudah memiliki kecerdasan spiritual, antara lain:

  • Suka menolong orang lain

Menolong orang lain dalam arti toleransi, memiliki kepuasan tersendiri bagi orang yang memiliki kecerdasan spiritual. Menolong bisa memberikan barang ketika teman membutuhkan sesuatu. Menolong orang lain dengan bantuan tenaga seperti membantu mengangkat barang.

Memberikan makanan bagi orang yang kelaparan, membelikan obat, meminjamkan uang bagi tetangga yang hendak berobat. Bahkan menolong dengan kata-kata atau nasihat kepada orang lain yang sedang dalam keadaan terpuruk.

  • Rajin beribadah

Selalu rajin beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Tidak melewatkan waktu ibadah hanya untuk kepentingan dunia. Memperdalam ajaran agama yang dianutnya. Tidak hanya berorientai pada dunia, namun tidak melalaikannya.

  • Mudah memaafkan orang lain

Ketika teman memiliki kesalahan, maka mudah untuk memaafkannya. Sebaliknya ketika salah akan meminta maaf terlebih dahulu. Misalnya, ketika teman menghilangkan pensil yang dipinjamnya kita tidak boleh langsung memarahinya. Kita harus menanyakan kenapa pensilnya bisa hilang, terakhir di mana dia meletakkannya dan mencari solusi masalah bersama.

  • Jujur

Salah satu contoh orang yang memiliki kecerdasan spiritual adalah bersikap jujur. Ketika diamanahi menjadi bendahara kelas, tidak mengambil uang untuk membeli jajan. Ketika disuruh membeli barang oleh orang tua, uang kembaliannya meski hanya sedikit harus dikembalikan. Ketika diamanahi menjadi pejabat pemerintah menggunakan anggaran sesuai dengan prosedur dan tidak mau menerima suap.

  • Menyukai kegiatan yang menambah ilmu

Menuntut ilmu di sekolah dengan giat, disiplin mengerjakan tugas, selalu mendengarkan guru, dan menaati aturan sekolah. Hal ini dikarenakan mereka bersekolah bukan hanya untuk menunaikan kewajian, tetapi karena mereka tahu apa tujuan bersekolah. Contoh lainnya yaitu suka menghadiri kajian, belajar ilmu-ilmu agama melalui internet atau buku.

Itulah tadi penjelasan dan ulasan sebagai bahan bacaan pembaca sekalian yang berkaitan dengan materi pengertian kecerdasan spiritual menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi, trimakasih.

Datar Pustaka
  • https://www.etheses.uin-malang.ac.id
  • https://www.repo.iain-tulungagung.ac.id
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *